Indo Blog Net

Kesehatan

Bingung Cari Tanaman Hias Indoor ? 10 Jenis Sanseviera Mini Ini Bisa Jadi Inspirasimu

sanseviera mini

Tanaman hias Sanseviera kini tengah naik daun. Selain memiliki manfaat sebagai penyaring udara kotor dan menyerap zat beracun , bentuknya yang unik bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang sedang mencari tanaman hias indoor.

Sanseviera masih merupakan satu keluarga dengan sukulen.   Tanaman yang populer dengan lidah mertua ini berasal  dari daratan Afrika, Madagaskar, dan Asia Selatan. Ia ditemukan oleh Pietro Antonio Sanseverino, makanya namanya menjadi Sanseviera atau Sansevieria.

Di Indonesia tanaman  yang dipercayai membawa keberuntungan ini banyak ditemui di pekarangan rumah, bahkan tumbuh liar  di kebun dan lahan tak bertuan. Di Jepang, Sanseviera digunakan untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari perabotan rumah. Masyarakat Cina umumnya menanam Sanseviera di dekat pintu masuk di dalam rumah yang diyakini membawa kebajikan. Sedangkan di Afrika, Sanseviera digunakan untuk sebagai obat, dan dipercayai juga dapat melindungi dari bahaya sihir

Ada lebih dari 70 spesies Sanseviera.  Namun dari segi ukuran, lidah mertua terbagi menjadi dua macam. Pertama, Sansievera mini yang memiliki daun yang pendek setinggi 8 cm. Sanseviera mini cocok diletakkan di meja tamu, meja kerja, rak di ruang kerja atau hiasan di dekat jendela.  Kedua, Sanseviera yang tumbuh memanjang ke atas setinggi 50 – 75 sentimeter. Biasanya diletakkan di sudut ruangan, pembatas dalam ruang atau pemanis di serambi. Keduanya bisa digunakan sebagai tanaman hias dalam ruang.

Baca juga : 5 Jenis Tanaman Hias yang Paling Mudah Perawatannya

Namun kalau ruangan kamu tidak begitu luas, Sanseviera mini bisa menjadi pilihan  tepat. Kenali dulu yuk apa aja jenis Sanseviera mini sebelum kamu beli di toko tanaman hias atau kamu yang berdomisili di wilayah Cibubur dan Cileungsi bisa mampir ke Toko Tanaman Hias Cibubur – KaktusQulucu di Cluster Pesona Orlando, Blok RA4 No.17, Kota Wisata, Gunung Putri  yang juga menjual aneka senis Sanseviera selain kaktus dengan pot lucu untuk souvenir unik go green.

Jenis Sanseviera mini

Keindahan Sanseviera dilihat dari daunya yang tidak terputus atau patah diujungnya.

  1. Sanseviera Trifasciata Golden Hahnii
sansevieria golden hahnii

Sanseviera Golden Hahnii. Sumber :IG @plantgazing

Memiliki bentuk yang khas berwarna kuning dipinggir daunnya. Tinggi daun antara 5-10 cm. Tanaman ini mudah beradaptasi dengan suhu, sebaiknya diletakkan dalam suhu ruang 15 sd 35 derajat celcius, di dekat jendela atau dibalik tirai tipis yang memungkinkan sinar matahari mengenai daunnya. Intensitas cahaya semakin menentukan warna kuning yang terbentuk di sekeliling tepinya.

 

 

 

 

 

 

2.  Sanseviera Trifasciata Green Hahnii

sansevieria green hahnii

Sanseviera Green Hahnii terlihat elegan dipadankan dengan pot natural tanah liat. Sumber : koleksi @kaktusQulucu

Dinamakan green karena tanaman ini didominasi warna hijau gelap dan mengkilap jika terawat dengan baik. Tanaman ini meski tergolong mini, tetapi bisa mencapai tinggi maksimal 30 cm. Agar pertumbuhannya sehat, letakkan Sanseviera Green Hahnii di ruangan dengan pencahayaan cukup.

 


 

 

 

 

 

3. Sanseviera Dwarf Samurai

sanseviera samurai dwarf Disebut juga Sanseviera Ehrenbergii, berasal dari Afrika. Ia termasuk Sanseviera yang lumayan langka ditemui. Memiliki bentuk yang unik menyerupai huruf V dengan sedikit warna merah tua pada ujung daun. Ukuran rata-rata bisa mencapai 15 cm dengan bentuk yang berlapis-lapis.

 

 

 

 

 

 

4. Sanseviera Moonshine – Manolin Silver

sanseviera moonshineDikenal juga dengan nama Sanseviera Craigii, Sanseviera Jacquinii, dan Sanseviera Laurentii Superba. Tanaman yang berasal dari Afrika Barat ini dibandingkan jenis Sanseviera yang lain memiliki daun yang lebih terang seperti warna silver


 

 

 

 

 

Baca juga : Cegah Corona, Coba Tanam 8 Jenis Tanaman Pembersih Udara Ini

5. Sanseviera Jade Pagoda

sanseviera pagoda jade

Sumber : IG @botanee_plants

Memilki kemiripan dengan Golden Hahnii. Bedanya hanya warna hijau  lebih gelap atau pekat dan mengkilap. Bentuknya betingkat menyerupai pagoda. Terlihat manis jika diletakan dalam ruang.

 

 

 

 

 

 

 

6. Sanseviera Twisted Sister

sanseviera twister

salah satu koleksi sanseviera @kaktusqulucu

Jenis ini juga mirim dengan Golden Hahnii, bedanya yang paling kentara adalah pada liukan daunnya yang berseni. Karena liukan daunnya ini pula harga Sanseviera Twisted relatif lebih tinggi dibanding jenis lain.

 

 

 

 

 

 

 

sanseviera twister tsunami

Koleksi sanseviera IG @kusriniayudyah

 

Ini juga salah satu jenis sanseviera twisted,  tsunami namanua.

 

 

 

 

 

 

 

7. Sanseviera Golden Wendy

sanseviera gold flameJika Sanseviera Golden Hahnii di tepinya bercorak kuning, jenis Golden Wendy memiliki çorak kuning dominan. Semakin kuningnya mendominasi, konon harganya makin tinggi. Dan, sanseviera jenis ini tergolong langka. Jadi beruntunglah jika Anda memilikinya.

 

 

 

 

 

 

8. Sanseviera Gold Fame

sanseviera gold flameIa juga memiliki warna kuning dominan, hanya saja coraknya berada menyelimuti area pinggir daun.

 

 

 

 

 

 

 

9. Sanseviera Boncel

sanseviera boncel Sanseviera ini yang paling unik bentuknya sekaligus langka dibandingkan jenis lain. Tak salah karena kelangkaannya, ia diburu oleh para kolektor tanaman hias. Soal harga, konon bisa mencapai jutaan rupiah per tanamannya.

 

 

 

 

 

10. Sanseviera Hybrid Cleopatra

sanseviera Cleopatra

Sumber : Fabelio

 

Cleopatra salah satu jenis Sanseviera yang banyak  dicari kolektor tanaman hias. Ia memiliki tekstur daun yang rumit dengan warna merah mengitasi tepian daun.

 

 

 

 

 

 

11. Sanseviera Siebert Varigata

sanseviera Siebert variegate

Sumber : koleksi sanseviera dari IG @kusriniayudyah

Secara visual  sanseviera bagaikan pinang dibelah dua dengan Green Hahnii. Yang membedakannya adalah corak kuning di bagian tengah daun.

 

 

 

 

 

 

 

 

12. Sanseviera Hahnii Philipine

sanseviera hahnii philipine

Sepintas Sanseviera Hahnii Philipine mirip dengan Golden Hahnii, hanya saja ia memiliki daun yang lebih kecil oval.

 

 

 

 

 

 

 

Tanaman hias indoor jenis Sanseviera Mini bisa menjadi inspirasi kamu. Dalam perawatannya, semua jenis Sanseviera menyukai pencahayaan yang cukup, diletakan dalam suhu ruang antara 15 sd 35 derajat celcius. Jangan terlalu sering   disiram. Pastikan saat menyiram, permukaan tanah benar-benar dalam keadaan kering. Untuk pemupukannya, sebaiknya gunakan pupuk daun, dan berikan cukup 1x sebulan saja.

Jika kamu tertarik merawat Sansevieria lebih dalam lagi dan mengenal seluk beluk tanaman ini, bisa bergabung dengan komunitas pehobi Sanseviera di Komunitas Sansevieria Indonesia.

Selamat bersahabat dengan Sanseviera, rumah sehat dan bikin happy.

 

kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top