Indo Blog Net

kesehatan

8 Jenis Rempah di Indonesia yang Membuat Masakan Lebih Sehat & Sedap

jenis rempah indonesia

Menjaga kesehatan fisik di masa pandemi virus Corona ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat sehari-hari. Tapi tahukah Anda bahwa ada cara mudah dan enak n enak yang dapat membuatmu lebih sehat, yaitu dengan menggunakan rempah-rempah dalam masakan sehari-hari. Rempah bukan hanya memperkaya nutrisi masakan saja lho, tapi juga bisa membuat masakan terasa lebih ‘nendang’ alias sedap.

Bersyukurlah kita yang dikaruniai berbagai jenis rempah khas Indonesia yang sangat mudah kita peroleh serta dengan harga yang terjangkau. Jenis rempah Indonesia bisa dibilang sangatlah banyak, namun ada beberapa yang pastinya lebih familiar Anda temui dalam dunia kuliner Indonesia. Bisa tebak jenis rempah apa sajakah itu?

8 Jenis Rempah yang Membuat Masakan Anda Lebih Sehat dan Sedap

Anda hanya perlu menyertakan berbagai jenis rempah khas Indonesia berikut ini ke dalam masakan sehari-hari untuk memperoleh khasiatnya. Jika Anda tidak ingin repot atau memang tidak memiliki banyak waktu untuk mengolah rempah-rempah segar, Anda juga bisa menggunakan jenis rempah khas Indonesia ini yang sudah dikemas dalam bentuk bubuk (powder). 

1. Kunyit 

kunyit bubuk

Credit: softpowermag.com

Bisa dibilang ini ratunya rempah jika dilihat dari khasiatnya yang super. Rempah yang satu ini memang menawarkan sejumlah khasiat menakjubkan, salah satunya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Wah, sangat pas untuk dikonsumsi di masa pandemi virus Corona ini, bukan?

Penelitian juga menyatakan jika kunyit mampu membunuh sel kanker dalam tubuh. Tentunya diperlukan juga faktor pendukung lainnya untuk memperoleh khasiat ini, misalnya mengonsumsi makanan sehat, meminimalisir stress, olahraga, dan lain-lain. 

Warna kuning dari kunyit ini sering dijadikan bahan pewarna alami yang membuat tampilan masakan jadi lebih menggugah selera. Kunyit memiliki rasa dan aroma khas yang dapat membuat masakan jadi lebih sedap. Aroma kunyit dapat membuat masakan jadi lebih enak aromanya dan bebas dari bau amis. 

2. Jahe

jenis rempah indonesia

Credit: thejakartapost.com

Serupa dengan kunyit, rempah yang satu ini juga mampu menghilangkan bau amis atau bau tak sedap pada bahan masakan. Tak hanya jadi lebih sedap aromanya, masakan yang diberi jahe juga jadi lebih nikmat. Apalagi ada sensasi rasa hangat dari jahe yang membuat perut terasa lebih nyaman. 

Jahe termasuk salah satu jenis rempah Indonesia yang diperkaya berbagai khasiat, diantaranya mengatasi nyeri pada tubuh, mengobati sakit tenggorokan, batuk, pilek, mual, dan juga membantu mengatasi masalah pada usus. Ada dua jenis jahe di Indonesia, jahe putih dan jahe merah. Namun untuk masakan umumnya digunakan jenis jahe putih. 

3. Kayu manis

jenis rempah indonesia

Credit: vanillareview.com

Kayu manis juga termasuk salah satu jenis rempah Indonesia yang sering dijumpai dalam berbagai resep masakan. Meski memiliki nama kayu manis bukan berarti rempah yang satu ini memiliki rasa manis seperti gula. Rempah yang satu ini dapat membuat masakan Anda jadi lebih beraroma dan sedap. 

Selain kunyit dan jahe, jenis rempah Indonesia yang memiliki khasiat super adalah kayu manis. Ketiga rempah ini tak hanya populer di Indonesia lho, tapi juga di dunia.

Beberapa penelitian menobatkan kayu manis sebagai salah satu rempah yang sangat baik dalam mencegah risiko kanker. Selain itu kayu manis juga membantu menurunkan risiko diabetes, mencegah penyakit jantung, dan hipertensi. 

4. Kencur

jenis rempah indonesia

Credit: hellosehat.com

Rempah yang satu ini populer digunakan pada masakan berkuah bening, seperti sayur bayam, sayur daun katuk, ataupun kangkung yang diberi sedikit kuah. Kencur dapat membuat masakan lebih harum dan sedap. Masakan tanpa kuah juga bisa ditambahkan kencur untuk meningkatkan cita rasa dan aromanya. Seperti sayur tumis, bumbu pecel, urap sayur, seblak, hingga sambal. 

Jenis rempah Indonesia yang satu ini juga tentunya mempunyai manfaat bagi kesehatan. Sebab kencur mengandung minyak atsiri, zat sitotoksik, serta anti bakteri yang dapat membantu mengatasi batuk, diare, hingga membantu menghilangkan stress.

5. Kemiri

jenis rempah indonesia

Credit: tigaraksa.com

Kemiri merupakan salah satu jenis rempah Indonesia yang mampu membuat masakan jadi lebih gurih dan sedap. Kemiri banyak digunakan pada masakan bersantan. Sebab menyandingkan kemiri dengan santan akan membuat masakan menjadi lebih kental dan kuah santan tidak pecah saat dipanaskan. Tentunya masakan juga jadi lebih harum, sedap dan lebih gurih. 

Jangan lupa untuk menyangrai terlebih dahulu biji kemiri sebelum digunakan pada masakan. Jenis rempah Indonesia ini akan mengeluarkan minyak yang beraroma sedap saat disangrai yang akan membuat masakan jadi lebih sedap. 

Bagaimana, mengetahui hal di atas Anda kagum dengan jenis rempah yang satu ini? Eh, tunggu dulu, tidak hanya sampai di situ lho manfaat kemiri dalam masakan.

Kemiri juga punya segudang manfaat bagi kesehatan Anda. Mulai dari meningkatkan sistem pencernaan, meringankan infeksi yang disebabkan oleh jamur, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga menyehatkan tulang dan sendi.

6. Biji pala

jenis rempah indonesia

Credit: bobsmarket.com

Pala ini dapat memberi aroma harum yang sedap sekaligus meningkatkan cita rasa masakan. Umumnya pala digunakan dalam masakan kari, semur daging, atau gulai untuk memberi sensasi hangat dengan sedikit rasa pedas khas pala. Pala juga mampu menghilangkan aroma tak sedap dari bahan masakan. 

Pala mengandung minyak esensial yang mempunyai manfaat untuk sistem pencernaan, khususnya bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit, kembung, serta diare. Pala akan membuat pencernaan Anda terasa lebih nyaman. 

7. Lada putih 

jenis rempah indonesia

Credit: manaberita.com

Bagi Anda penggemar masakan dengan cita rasa pedas pastinya sudah akrab dengan jenis rempah Indonesia berikut ini. Lada putih atau yang biasa juga disebut merica memang memiliki cita rasa yang pedas dan hangat. Banyak sekali masakan yang menggunakan lada putih sebagai penggugah cita rasa, diantaranya aneka sop, bakso, mie goreng, serta berbagai menu tumisan.

Kurang lengkap rasanya jika masakan tidak menyertakan lada putih di dalamnya. Jenis rempah yang satu ini juga diperkaya dengan antioksidan yang sangat baik manfaatknya bagi kesehatan tubuh Anda. Antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas agar sel-sel dalam tubuh tetap sehat. 

8. Ketumbar

jenis rempah indonesia

Credit: klikdokter.com

Anda suka menggunakan rempah yang satu ini? Pasti masakan Anda jadi lebih sedap, bukan? Ya, ketumbar memang membuat aroma masakan dan cita rasanya jadi lebih enak. Aroma ketumbar yang cukup kuat membuat bahan masakan yang amis seperti daging atau ikan jadi bebas dari bau tak sedap yang mengurangi selera makan.

Sama halnya dengan jenis rempah Indonesia lainnya, ketumbar juga mempunyai berbagai manfaat kesehatan, khususnya untuk mengurangi gangguan pencernaan. Sebab ketumbar ini mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan. 

Nah, itulah berbagai jenis rempah Indonesia yang sayang sekali jika tidak Anda manfaatkan untuk masakan sehari-hari. Masakan bukan hanya harus enak tapi juga sehat. Dan trik mudah membuat masakan sedap dan sehat adalah dengan menambahkan berbagai jenis rempah Indonesia ke dalam masakan Anda. Selamat masak 🙂 

Credit photo: thejakartapost.com

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top