Indo Blog Net

kesehatan

Ini Lho Jenis Bahan Masker Kain Terbaik & Tips Memakainya dengan Benar

jenis bahan masker kain terbaik

Dengan diwajibkannya menggunakan masker di masa pandemi virus Corona ini tentu tak mungkin jika kita terus menerus menggunakan masker medis yang hanya sekali pakai. Sebab penggunaan masker tersebut lebih diutamakan untuk para tenaga medis. Akhirnya masyarakat umum beralih menggunakan jenis masker kain yang dapat dicuci dan dipakai lagi.

Tapi tahukah Anda jenis-jenis bahan masker kain apa saja yang ada di pasaran dan paling baik untuk melindungi kita dari virus? Dan yang tak kalah penting bagaimana tips memakai masker kain dengan benar? Mari simak ulasan menarik di bawah ini.

3 Jenis Bahan Masker Kain Terbaik

Ada beberapa jenis bahan masker kain yang biasa digunakan dalam pembuatan masker. Jenis bahan masker kain yang terbaik tentunya bukan hanya dapat melindungi Anda dari serangan virus saja, tapi juga harus nyaman dikenakan bukan?

Baca juga: Berbagai Inspirasi Masker Hijab Kain yang Bikin Anda Tetap Modis

Mengingat pemakaian masker ini bisa mencapai waktu berjam-jam lamanya.

Berikut jenis bahan masker kain terbaik yang bisa Anda pilih.

1. Jenis bahan masker kain katun tebal 

Pastinya Anda sudah tak asing lagi dengan jenis bahan masker kain yang satu ini. Ya, bahan katun menjadi bahan baju favorit yang biasa kita pakai sehari-hari.

Baju berbahan katun terkenal paling nyaman digunakan karena mudah menyerap keringat dan tidak panas. Dan bahan katun ini juga termasuk jenis bahan masker kain terbaik untuk melindungi Anda dari virus Corona.

Berbeda dengan pakaian yang semakin tipis bahan katunnya maka semakin nyaman digunakan khususnya untuk pakaian rumah.

Sedangkan bahan katun untuk masker sebaiknya pilihlah jenis katun yang tebal. Sebab, masker kain katun tebal ini memiliki lebih banyak serat-serat kecil sehingga lebih efektif dalam memblokir partikel virus. 

Selain itu, pilih juga masker kain katun yang terbuat dari dua lapis kain katun 100 persen. Masker kain katun dua lapis akan lebih efektif dibanding masker kain katun yang hanya satu lapisan saja. 

Kelebihan dari masker kain bahan katun ini adalah lebih nyaman saat dipakai sebab bahan ini memungkinkan pemakainya untuk lebih mudah bernapas.

Harganya pun bervariasi, dari yang murah hingga yang mahal. Anda dapat membeli sesuai kebutuhan dan budget

2. Jenis bahan masker kain nilon

Nilon juga merupakan salah satu jenis bahan masker kain terbaik yang bisa Anda gunakan di masa pandemi virus Corona ini.

Masker bahan kain nilon 70D dinilai cukup efektif untuk memblokir 77% partikel besar dan 12% partikel kecil. Saat menggunakan masker kain bahan nilon ini Anda juga cukup mudah untuk bernapas. 

Sebenarnya kain nilon 40D merupakan jenis kain nilon yang sangat efektif untuk menyaring partikel, namun sayangnya kain nilon ini membuat pemakainya lebih sulit untuk bernapas. Sehingga kain nilon jenis ini tidak cocok dijadikan masker karena tidak nyaman dikenakan.

Keunggulan dari jenis masker kain bahan nilon ini adalah sifatnya yang ringan dan elastis sehingga lebih nyaman dikenakan dalam waktu yang lama.

Masker kain bahan nilon juga mudah kering saat terkena keringat, jadi bagi Anda yang mudah berkeringat akan tetap nyaman memakai masker ini. 

3. Jenis bahan masker kain katun kombinasi

Nah, jenis bahan masker kain yang terbaik berikutnya yaitu katun kombinasi. Kain katun ini bisa dikombinasikan dengan beberapa macam jenis bahan kain lainnya seperti sifon, flanel maupun sutera. 

Satu lapis kain katun tebal bisa digabungkan dengan 2 lapis kain sifon, atau 2 lapis sutera, ataupun 1 lapis kain flanel.

Berdasarkan penelitian, menggabungkan kain katun dengan bahan lainnya ini dapat meningkatkan efektivitas masker.

Baca juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

Jenis bahan kain non katun tersebut bersifat elektrostatik yang bisa menghasilkan muatan untuk memblokir virus. Masker kain katun yang dikombinasikan dengan 2 lapisan sifon mampu menyaring partikel aerosol sekitar 80-99% tergantung ukuran partikelnya. Kemampuan ini hampir mendekati efektivitas masker N95, lho.

Jika lapisan bahan sifon ini diganti dengan bahan sutera ataupun flanel juga akan menghasilkan efektivitas yang sama. 

Namun, penggunaan jenis bahan masker kain yang terbaik ini ternyata belum cukup sebagai proteksi terhadap serangan virus Corona.

Anda juga wajib tahu mengenai tips memakai masker kain dengan benar agar perlindungan terhadap virus lebih optimal. Sayang bukan jika Anda selalu mengenakan maskerefek tapi ternyata keefektivitasannya tidak optimal.

Tips Memakai Masker Kain dengan Benar

Sudah benarkah cara Anda memakai masker kain selama ini?

Cara pemakaian masker kain yang tepat dapat memengaruhi keefektivitasan masker. Itu sebabnya sebelum Anda memakai masker perhatikan tips-tips memakai masker kain berikut ini:

Tips Memilih Masker Kain

  1. Pilih masker yang terbuat dari ketiga jenis bahan masker kain terbaik yang telah dibahas sebelumnya.
  2. Pilih masker kain yang minimal terdiri dari dua atau tiga lapisan bahan. Masker yang terdiri dari dua atau tiga lapisan ini akan lebih efektif dibanding masker yang hanya satu lapis.
  3. Pastikan ukuran masker sesuai dengan ukuran wajah Anda dimana bagian hidung dan mulut benar-benar tertutupi dengan baik.
  4. Pilih masker yang membuat Anda tetap dapat bernapas dengan mudah dan nyaman.

Tips Perawatan Masker Kain

  1. Cuci masker kain sesudah dipakai. Anda bisa mencucinya dengan sabun mandi cair berwangi lembut agar saat digunakan lebih nyaman karena tidak ada bau deterjen.
  2. Setelah dicuci dan dijemur, simpan masker kain pada tempat yang bersih dan jauhkan dari kamper atau pewangi lemari yang berbau menyengat. 

Tips Aman Memakai Masker Kain

  1. Cuci tangan sebelum memakai masker agar masker benar-benar bersih saat hendak dipakai.
  2. Sesuaikan posisi masker pada wajah agar tidak ada celah pada bagian samping. Pastikan masker dapat menutup hidung, mulut dan dagu dengan baik. Lalu hindari menyentuh masker saat dipakai. 
  3. Ganti masker kain setelah 4 jam penggunaan atau saat masker basah maupun terasa lembab. Begitupun saat kondisi masker sudah rusak (misal berlubang atau talinya kendur) gantilah dengan yang baru.
  4. Saat melepas masker, tarik bagian tali dan langsung simpan ke kantong tertutup atau langsung cuci jika telah selesai digunakan. Hindari melepas masker di dekat orang lain yang berjarak kurang dari satu meter untuk mencegah partikel virus mengenai orang lain.
  5. Hindari menggunakan masker dengan cara yang salah, misalnya menggunakannya di bagian bawah hidung. Hal ini tidak akan memberikan perlindungan optimal terhadap virus.

Dengan mengikuti beberapa tips memakai masker kain di atas diharapkan Anda memperoleh perlindungan yang lebih maksimal.

Jangan lupa bahwa memakai masker ini hanya salah satu cara untuk terlindung dari virus Corona. Selain itu Anda juga perlu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran agar kekebalan tubuh selalu kuat. Semoga bermanfaat! 

Credit photo: lifestyle.okezone.com

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top