Kesehatan

Jangan Konsumsi Pakis Sebelum Tahu Manfaatnya !

sayur pakis

Pakis ? Ada yang sudah tahu tanaman ini ? Selama ini tanaman berjenis paku-pakuan ini banyak menghiasi pekarangan rumah, atau menggelantung di hutan-hutan. Memiliki tubuh yang berumbai-umbai dan berakar merayap, pakis memang menarik sebagai tanaman peneduh dan dekorasi taman.  Ia juga termasuk tanaman yang tidak rewel. Mudah hidup di berbagai jenis media tanam : tanah, gambut, pasir, bahkan kerikil sekalipun. Tetapi siapa sangka, kalo ternyata Pakis menyibak khasiat yang besar bagi kesehatan.

Dalam keluarga sayuran, memang pakis kalah populer dengan sawi, bayam, wortel, brokoli, dan lainnya. Di pasar-pasar tradisional juga sulit ditemui pakis. Karena mungkin, tak banyak orang yang tahu pakis bisa dikonsumsi dan banyak kandungan gizinya. Jika tahu, saya yakin pasti masyarakat akan beralih ke pakis sebagai menu sayur mayurnya.

Apa saja manfaat pakis itu ?

Kaya vitamin C, A dan B

Pakis memiliki kandungan vitamin C sebesar 26,6 mg/100 g atau 44% dari kebutuhan kita sehari-hari. Vitamin C bermanfaat selain untuk  mencegah sariawan juga menguatkan struktur kolagen, membantu penyerapan zat besi, meningkatkan kinerja otak, dan anti oksidan yang mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh manusia.

Kandungan vitamin A nya juga makjleb banget. Dalam 100 gram pucuk pakis segar terkandung vitamin A sebesar 3617 IU atau 120,5% dari kebutuhan kita sehari-hari. Vitamin A berfungsi tak hanya sebagai antioksidan alami, sekaligus juga mampu mencegah rabun dan kebutaan dan melindungi tubuh dari serangan bakteri patogen.

tanaman pakis

Warna hijau tua yang terdapat pada daun-daun muda pakis rupanya  tanda bahwa pakis kaya akan senyawa flavonoid seperti α dan β karoten. Karoten inilah yang kelak akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Pakis juga ramah bagi penderita hipertensi. Karena memiliki kandungan potasium yang tinggi untuk menurunkan tekanan darah. Dalam 100 pakis segar kandungan potasiumnya lebih tinggi dibanding sodium. Bila kadar potasium mencapai 370mg, sodium-nya hanya 1mg. Jadi bagi anda yang memiliki hipertensi tak perlu khawatir mengonsumsinya.

Lebih jauh lagi, pakis mengandung vitamin B komplek antara lain thiamin, riboflavin, serta niacin. Thiamin (vitamin B1) yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk kelancaran sistem syaraf dan kerja otot. Tanda tubuh kekurangan vitamin  vitamin B1 seperti sering merasa nyeri otot, gangguan pencernaan, perasaan lemah, serta kurang nafsu makan.

Riboflavin, koenzim dalam B2 sangat diperlukan untuk   berbagai proses metabolisme energi tubuh. Kekurangan vitamin B2  akan menghambat proses pemecahan karbohidrat, lemak dan protein. Tak heran orang yang kekurangan vitamin B2  kerap mengalami  bibir pecah-pecah dan sakit pada tenggorikan. Bila tidak segera ditangani, penderita bisa mengalami anemia, pembengkakan lidah, serta gangguan syaraf.

Sementara Niacin pada vitamin B3 diperlukan untuk mencegah penyakit pellagra yang gejalanya meliputi diare, demensia, dan dermatitis. Vitamin B3 juga dapat mengurangi  kadar kolesterol jahat dan serangan jantung.

 Tak semua jenis pakis bisa dikonsumsi.

Sayangnya dari sekian banyak manfaat pakis, tak semua jenis pakis bisa dikonsumsi.  Menurut de Winter lan Amoroso, pakis yang umum dikonsumsi ing Asia Tenggara ada dua yaitu pakis hijau dan pakis merah. Pakis hijauobiasanya dari spesies Diplazium esculentum (Retz.). Sedangkan pakis merah terdiri dari dua macam yaitu Stenochlaena palustris (Burm. f.) Bedd atau Pleocnemia irregularis (C. Presl).

Pakis yang bisa dikonsumsi, cara memasaknya juga harus diperhatikan agar kandungan gizinya tak hilang, seperti

1. Dicuci sebelum disiangi. Karena kandungan vitamin dan mineralnya mudah larut dalam air, sebaiknya cuci batang-batang pakis dalam air mengalir terlebih dulu sebelum disiangi.

2. Jangan dimasak lama-lama, dapat menyebabkan hilangnya kandungan beta karoten, baik pada saat pengukusan atau penumisan. Menurut penelitan Bambang Prijadi, Titis Kusuma Sari, lan Anniversary Sabathani, kandungan beta karoten dalam pakis akan hilang bila dikukus atau ditumis terlalu lama. Semakin tinggi suhu, beta karoten semakin hilang, begitu juga dengan kandungan vitamin C nya.

Bagaimana mengolah pakis menjadi makanan enak ?

Pakis termasuk sayuran yang mudah diolah menjadi santapan yang enak. Diantaranya, bisa diolah menjadi gulai, ditumis, direndang dan dijadikan bubur. Lengkapnya olahan pakis bisa dilihat di berbagai menu olahan pakis. Atau kamu mau share resep olahan pakis, boleh banget yuk dibagi-bagi rahasianya.

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • @Regrann from @scoty_and -  Alhamdulillah dapat cashback 1 juta dari @cgv.id
@ifisinema
Dan @mygenerationfilm salah satu dari 50 orang loh. --------.
Memang salut dengan mbak @upirocks sebagai sutradara, semua pandangan negatif orang - orang mulai dari cover hingga trailer film terbantahkan dengan menonton langsung @mygenerationfilm
.
Film besutan @ifisinema dan ditayangkan @CGV.ID Transmart Pekanbaru ini memang layak ditonton. Semua yg diungkapkan melalui film ini..
nyata. Potret kehidupan, tingkah laku anak muda zaman now memang berbeda dari zaman saya dulu. Lebih kompleks lebih hati - hati.
.
Selain itu film ini juga mengajarkan orang tua untuk lebih memperhatikan anak anaknya. Orang tua yang terlalu sibuk bekerja, terlalu memaksakan kehendak pada anak hingga kecurigaan yg tak ada habisnya. Semua di rangkum dalam film ini.

Bahkan di film ini, sisi persahabatannya lebih erat. Lebih lekat..
Pesan moral yg tentu saja sangat baik. Semua ada sebab dan akibat.
.
Walau saya belum memiliki momongan, namun film ini mampu memberikan pencerahan dalam menyingkapi membesarkan dan mendidik anak nanti. Sehingga bisa lebih baik dan lebih bahagia. Yap.. mencegah lebih baik dari pada mengobati.
.
Jadi saya sarankan kamu nonton film #mygenerationfilm ini agar setidaknya kamu bisa paham bahwa seorang anak juga ingin didengar pendapatnya. Btw film ini ada bagian lucunya jg haha, dan yg lebih lucu.. saya sendiri kayanya yg berumur diatas 30 di studio tadi. Lainnya anak muda semua.

#MyGenerationCGV50juta #SeruBarengCGV #yuknontonsatusekolah #cgvtransmartpekanbaru  #myGeneration #cgvpekanbaru

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top