Agama

Jadilah Suami Cerdas

Suami sebagai kepala rumah tangga

Abu Hurairah Radiyallahu ‘anhu mengemukakan, Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Orang mukmin yang sempurna imannnya ialah orang yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-baik pribadi ialah orang yang paling baik terhadap istrinya.” [HR. Achmad dan At-Tirmidzi]

Pada saat melaksanakan ijab-qabul atau akad nikah, petugas dari Kantor Urusan Agama yang memimpin acara tersebut biasanya memberikan nasihat kepada pasangan pengantin baru. Petugas juga mengingatkan agar mereka membaca hak dan kewajiban suami dan istri. Nasihat umum yang tertera pada bagian depan Buku Nikah berbunyi.

“Ketahuilah bahwa untuk membina rumah tangga bahagia, kedua belah pihak harus menjunjung tinggi hak dan kewajiban masing-masing, saling hormat-menghormati, sopan-santun, saling bantu membantu, lapang dada, nasihat menasihati, dapat memberi dan menerima dan tidak mau menang sendiri, akan tetapi penuh pengertian dan cinta kasih dipayungi ridha Tuhan yang Pengasih.”

Sementara pada bagian belakang tercantum Undang-Undang Perkawinan nomor 1 Tahun 1974. Bab VI dari Undang-undang Perkawinan tersebut mengatur hak dan kewajiban suami istri. Pada pasal 31 disebutkan:

  • Hak dan kedudukan istri adalah seimbang dengan hak dan kedudukan suami dalam kehidupan rumah tangga dan pergaulan hidup bersama dalam masyarakat.
  • Masing-masing pihak berhak untuk melakukan perbuatan hukum.
  • Suami adalah kepala keluarga dan istri ibu rumah tangga.

Pada pasal 33 disebutkan kewajiban secara umum yang berbunyi: Suami istri wajib saling mencintai hormat menghormati, setia dan memberi bantuan lahir batin yang satu kepada yang lain. Sedangkan pada pasal 34 kewajiban tersebut diatur lebih rinci.

  • Suami wajib melindungi istrinya dan memberikan sesuatu keperluan hidup berumah tangga sesuai dengan kemampuannya.
  • Istri wajib mengatur urusan rumah tangga sebaik-baiknya.
  • Jika suami atau istri melalaikan kewajibannya masing-masig dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan

Dalam kehidupan rumah tangga tentu hak dan kewajiban suami istri akan dijabarkan secara lebih rinci oleh kedua belah pihak.

Selain menaati Undang-Undang Perkawinan, suami istri juga memerhatikan segala petunjuk yang ada dalam Al Qur’an dan As Sunnah. Petunjuk tersebut menyangkut ucapan, sikap, dan perilaku suami istri dalam menjalankan bahtera rumah tangga.

Kewajiban suami dan istri bukan hanya menyangkut kehidupan di dunia tetapi juga kehidupan di akhirat kelak. Seorang suami wajib memperlakukan istrinya dengan baik. Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Perlakukan wanita dengan baik karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk yang paling bengkok. Tulung rusuk yang paling bengkok adalah yang teratas. Jika kamu berusaha meluruskannya, dia akan patah. Dan jika kamu meninggalkannya, maka dia akan tetap bengkok. Maka perlakukanlah mereka dengan sebaik-baiknya.” [HR. Al-Hafidz Al-Iraqi, dan dishahihkan olehnya]

Melihat uraian di atas sungguh sangat mengherankan jika masih ada KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga)  Seorang suami yang galak dan sering menganiaya istrinya sungguh tidak sejalan dengan perintah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dalam menjalankan kewajiban tersebut suami dan istri wajib saling hormat-menghormati, menghargai, menyayangi, dan saling mengerti satu sama lain. Dalam sebuah pernikahan tentu ada saja masalah yang dihadapi. Namanya saja dua orang yang berbeda hidup dalam satu atap tentu memerlukan waktu untuk saling menyesuaikan. Itulah sebabnya komunikasi antara suami istri harus dilaksanakan secara intensif. Seorang ustadz memberikan nasihat. “Jika terjadi perselisihan antara suami dan istri jangan saling marah tetapi selesaikan di atas sajadah.”

Untuk memenuhi kebutuhan keluarganya maka seorang suami harus bekerja keras untuk mencari nafkah namun tetap berada di jalan Allah. Laki-laki bisa mendapatkan nafkah dari hasil perniagaan atau jual beli, bekerja di kantor, di pabrik, bercocok tanam, dan lain sebagainya. Dengan pekerjaannya itu maka dia akan mendapatkan uang atau barang. Seberapapun nafkah yang diberikan untuk isteri dan anak-anaknya akan mendapat balasan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Selain sebagai kepala rumah tangga, laki-laki juga sebagai pemimpin, imam, dan pencari nafkah. Salah seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaii wa sallam. ”Ya, Rasulullah, apakah hak istri yang mesti kita pikul?” Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda: ”Jika engkau makan berilah ia makan. Jika engkau berpakaian, berilah ia pakaian. Jangan pukul wajahnya. Jangan engkau jelek-jelekkan dia. Dan jangan engkau berpisah, kecuali di dalam rumah.” [HR. Achmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah yang mengatakan hadits ini Hasan]

Berkaitan dengan keutamaan memberi nafkah kepada keluarga ini Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Dinar yang engkau infakkan di jalan Allah, dinar yang engkau infakkan untuk membebaskan budak, dinar yang engkau sedekahkan kepada orang miskin, dan dinar yang engkau nafkahkan kepada keluargamu, pahala yang paling besar adalah dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu.” [HR Muslim, Ahmad dan Baihaqi.]  Berdasarkan hadits ini maka seorang suami pastilah memahami bahwa menafkahi keluarga pahalanya paling besar.

Suami cerdas bukan hanya mengetahui haknya tetapi juga menjalankan kewajibannya dengan ikhlas dan benar.

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat 💪🏃
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho 😄
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya 😂 Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget 😅
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts 😉
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top