Indo Blog Net

Tanaman

9+ Inspirasi Rak Tanaman Hias yang Bikin Rumah Makin Cantik

rak tanaman susun

Anda pasti sudah tahu dong ya bahwa keberadaan tanaman hias dalam sebuah rumah sangatlah penting. Tanaman hias bukan hanya bermanfaat untuk membersihkan udara tapi juga dapat menjadi elemen dekoratif yang membuat rumah jadi lebih cantik.

Nah, agar kecantikan tanaman hias ini jadi lebih sempurna, Anda memerlukan rak tanaman untuk menyimpan koleksi tanaman hias Anda. 

Tips Memilih Rak Tanaman Hias yang Tepat

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa saja tips memilih rak tanaman hias untuk rumah Anda. Sebab salah memilih rak tanaman hias bisa membuat dekorasi rumah Anda menjadi kurang menarik, lho. Inilah beberapa tips memilih rak tanaman hias yang tepat.

  • Sesuaikan rak tanaman hias dengan tema ruangan

Apakah Anda akan meletakkan rak tanaman hias di luar rumah atau di dalam rumah? Tentunya Anda membutuhkan model rak tanaman hias yang berbeda untuk interior atau eksterior. 

Kemudian sesuaikan model rak tanaman hias dengan tema/desain ruangan. Sebab di pasaran Anda akan menemukan banyak sekali model rak tanaman hias.

Baca juga: 9 Cara Unik Menghias Ruangan dengan Dekorasi Kaktus

Selain menyesuaikan model, Anda juga perlu menyesuaikan warnanya. Sesuaikan warna rak tanaman hias dengan warna ruangan akan membuat tampilan yang lebih serasi, atau Anda bisa pilih warna netral seperti putih atau hitam. 

  • Sesuaikan ukuran rak tanaman hias dengan luas ruangan

Anda bisa gunakan rak berukuran besar untuk ruangan yang luas, sehingga Anda juga dapat meletakkan lebih banyak tanaman hias. 

Namun, untuk ruangan yang kecil atau sempit, sebaiknya pilih rak tanaman hias yang berukuran tidak terlalu besar agar ruangan tidak terlihat penuh dan semakin sempit. 

Jika ingin meletakkan banyak pot tanaman di ruangan yang kecil, Anda dapat memilih rak tanaman hias model vertikal atau bertingkat. Selain itu pilih rak tanaman hias dengan desain minimalis dan warna yang lembut agar ruangan terlihat lebih lapang.

  • Pilih rak tanaman hias dengan material yang kuat

Tips ketiga dalam memilih rak tanaman hias yaitu pilih rak dengan material yang kuat. Umumnya rak tanaman hias di pasaran terbuat dari kayu, bambu, besi, ataupun baja ringan. Masing-masing material tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Namun, apapun material yang Anda pilih selalu utamakan kualitasnya.

Misalnya jika ingin menggunakan rak tanaman hias dari kayu dan bambu, pilihlah bahan baku yang memiliki daya tahan kuat. Dengan begitu rak tanaman hias akan awet digunakan dalam waktu yang lama. Tentunya Anda bisa lebih berhemat jika tidak harus bolak-balik mengganti rak tanaman hias di rumah karena rak yang mudah rusak. 

  • Sesuaikan harga dengan anggaran yang Anda miliki

Tips terakhir dalam memilih rak tanaman hias adalah sesuaikan harganya dengan anggaran yang Anda miliki. Sebab di pasaran harga rak tanaman hias sangat bervariasi, mulai dari yang murah hingga yang mahal. 

Rak tanaman dengan harga yang mahal umumnya memiliki kualitas dan desain yang lebih bagus. Tapi bukan berarti rak yang berharga murah tidak menarik, lho. Jika anggaran yang Anda miliki terbatas, rak tanaman dengan harga terjangkau juga bisa kok jadi pilihan tepat.

Baca juga: Keunggulan Dekorasi Anyaman & Tips Menggunakannya Sebagai Dekorasi Rumah

Itulah beberapa tips memilih rak tanaman hias yang bisa Anda jadikan panduan sebelum membeli. Rak tanaman hias pastinya akan membuat tata letak tanaman hias Anda jadi lebih rapi dan cantik. Anda butuh inspirasi rak tanaman hias untuk mempercantik interior rumah? Di bawah ini kami ulas berbagai inspirasi rak tanaman hias yang menarik untuk digunakan.

10 Inspirasi Rak Tanaman Hias yang Bikin Rumah Anda Makin Cantik

Anda bisa menyesuaikan rak tanaman hias dengan tema interior rumah agar tampilannya lebih serasi dan enak dilihat. Jika ingin desain yang lebih personal atau customized Anda juga bisa lho memesan rak tanaman hias pada pengrajin furniture.

Yuk, langsung saja kita simak berbagai inspirasi rak tanaman hias berikut ini.

1. Rak tanaman hias bersusun

rak tanaman susun

Credit: today.line.me

Rak tanaman hias model susun seperti ini tentunya akan membuat koleksi tanaman hias Anda jadi lebih rapi. Model seperti ini juga tidak akan menghabiskan banyak tempat, sehingga cocok bagi Anda yang memiliki rumah mungil. 

2. Rak tanaman hias model roda

rak tanaman hias model roda

Credit: tokopedia.com

Inspirasi rak tanaman hias berikut ini pastinya cocok bagi Anda yang sering mengatur ulang ruangan secara berkala agar tidak bosan. Rak tanaman hias model roda ini dapat Anda pindah-pindahkan dengan sangat mudah. 

3. Rak tanaman hias model tangga

rak tanaman hias model tangga

Credit: aliexpress.com

Anda memiliki banyak koleksi tanaman hias? Nah inspirasi rak tanaman hias model tangga seperti ini bisa jadi pilihan tepat. Sebab Anda dapat meletakkan lebih banyak tanaman hias dalam satu rak. 

4. Rak tanaman hias model mini

rak tanaman hias mini

Credit: shopee.co.id

Inspirasi rak tanaman hias yang satu ini memang memiliki ukuran yang mungil, namun justru itulah kelebihannya. Dengan begitu Anda dapat meletakkannya di atas meja kerja atau meja belajar anak agar suasana jadi lebih segar. 

5. Rak tanaman hias dari besi

rak tanaman hias besi

Credit: bp-guide.id

Inspirasi rak tanaman hias dari besi juga tak kalah menarik, lho. Anda bisa memilih cat yang sesuai dengan tema ruangan sehingga rak tampil serasi dengan rumah Anda. 

6. Rak tanaman hias model gantung

rak tanaman hias gantung

Credit: amazon.com

Ingin tampilan ruangan jadi lebih segar dengan tanaman hias namun tidak menghabiskan banyak tempat? Anda bisa pilih inspirasi rak tanaman hias model gantung seperti berikut ini. Pilihlah rak tanaman hias dengan material yang kokoh jika ingin menggunakan rak tanaman model gantung seperti ini. 

7. Rak tanaman hias dari kayu

tanaman hias kayu

Credit: amazon.com

Inspirasi rak tanaman hias yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang mengusung tema natural dalam hunian. Rak tanaman hias dengan unsur kayu akan membuat ruangan terlihat lebih cantik alami. Sebaiknya pilih jenis kayu yang kuat agar lebih awet terutama jika ditempatkan di ruangan yang agak lembab.

8. Rak tanaman hias desain minimalis

tanaman hias minimalis

Credit: shopee.co.id

Inspirasi rak tanaman hias selanjutnya yaitu rak tanaman minimalis. Rak dengan desain minimalis memiliki nuansa yang simpel namun tetap terlihat menarik. Anda pemilik hunian bergaya minimalis? Rak tanaman hias model seperti ini merupakan pilihan tepat. 

9. Rak tanaman hias untuk sudut ruangan

tanaman hias untuk ruangan

Credit: aliexpress.com

Tanaman hias juga bisa jadi pemanis sudut ruangan Anda, lho. Inspirasi rak tanaman hias berikut ini bisa membuat sudut ruangan tampil lebih cantik. 

10. Rak tanaman hias multifungsi 

tanaman hias multifungi

Credit: tokopedia.com

Inspirasi rak tanaman hias yang terakhir adalah rak tanaman dengan desain multifungsi. Rak ini tidak hanya untuk meletakkan tanaman hias saja, tapi juga bisa untuk meletakkan berbagai barang elemen dekoratif lainnya, seperti pajangan, buku, hingga foto. 

Demikianlah berbagai inspirasi rak tanaman hias yang menarik untuk dijadikan dekorasi rumah Anda. Semoga bermanfaat 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top