Branding

Inilah Pemenang Kampanye Sosial Media Lifebuoy Shower Gel Konsentrat

promosi soft selling lifebouy clini-shilel10

Alhamdulillahirobbi’alamin, selama kurang lebih sebulan terhitung sejak tanggal 1 hingga 25 Februari 2016, kampanye promosi produk Lifebuoy terbaru, Lifebuoy Clini-shiled10 Shoer Gel Konsentra via sosial media berjalan dengan lancar. Terima kasih atas partisipasi sebanyak lebih dari 52 blogger terpilih. Sebagai penyelenggara, MB Communication – Indoblognet  bekerja sama dengan agensi dari Unilever sangat mengapresiasi atas dukungan, komitmen dan konsistensi rekan-rekan blogger terhadap kampanye ini.

Tentu saja, ini menjadi peluang sekaligus catatan bagi kami juga Unilever melihat potensi yang besar dari para netizen dalam berkarya. Semoga kami bisa mengapresiasi lebih baik atas effort maksimal dari rekan-rekan sehingga menjadi pertimbangan kami untuk proyek-proyek serupa di masa mendatang. Dan, pastinya Tuhan akan memberikan rejeki dan keberkahan melimpah kepada rekan-rekan yang tulus berkarya. Karena, effort rekan-rekan menjadi portofolio yang sangat berguna sebagai referensi jika brand ingin bekerja sama.

Kampanye atau promosi soft selling

Kampanye soft selling menjadi acuan dalam penilain kami. Memang, diakui butuh kreativitas tinggi dalam membuat materi kampanye soft selling. Makanya, ada copy writing khusus, plus dukungan kreatif mumpuni yang menerjemahkan isi pesan yang akan ditampilkan. Jam terbang copy writing periklanan…begitu pula jam kerja mereka dalam mencari inspirasi jangan ditanya ya heheh, super ekstra. Karena kreativititas promosi itu memang tidak mudah.

Kami share tentang promosi soft selling sekedar berbagi pengetahuan saja. Atau menguatkan pemahaman yang telah rekan-rekan kuasai. Atau bisa jadi kita saling berdiskusi untuk  sama-sama belajar dengan hati dan pikiran terbuka.

Menurut kami, yang paling mudah melihat contoh  promosi soft selling, adalah pada  iklan rokok. Bagaimana agensi mengemas produk rokok secara elegan, menarik dan berasa keren. Sementara di satu sisi, kita tahu, pemerintah melarang iklan rokok secara frontal dan kasat mata.  Copywriting periklanan harus jeli dan piawai memotret realitas, menemukan insight dan merenyahkannya dalam pesan-pesan yang ingin diinternalisasikan ke dalam masyarakat. Ini semata bertujuan mengaburkan dampak buruk rokok bagi kesehatan. Slogan-slogannya, rekan-rekan bisa perhatikan deh :

  1. A mild : bukan basa-basi, Go Ahead, Tanya Kenapa,
  2. Sampoerna Hijau : Nggak Ada Lo Nggak Rame, Asyiknya Rame-rame
  3. Class Mild : Talk Less Do More
  4. Gudang Garam International : Pria Punya Selera
  5. Sejati : Emang Bikin Bangga
  6. X Mild : Ekspresikan Aksimu
  7. Djarum Super : My Life, My Adventure
  8. Surya 12 : Selera Pemberani
  9. LA Lights : Enjoy Aja
  10. U Mild : Lebih Berasa, Berasa Lebih
  11. Gudang Garam Merah : Buktikan Merahmu
  12. Star Mild : Bikin Hidup Lebih Hidup

Slogan-slogan ini diterjemahkan dalam tampilan kreasi video dan banner iklan yang memang tak terlihat itu rokok. Kita baru tahu  rokok ketika melihat brandnya atau tertera keterangan ” rokok membahayakan kesehatan” ditambah foto-foto menyeramkan lainnya sebagai dampak buruk dari merokok.

Nah lantas bagaimana dengan promosi soft selling bagi netizen dan blogger ? Promosi soft selling oleh netizen dan blogger tentu berbeda ya dengan yang dilakukan oleh copywriting advertising. Tetapi, secara garis umum sama, yaitu sebuah strategi promosi yang dilakukan secara halus (soft) tidak terlihat “menjual”, melainkan lebih pada menawarkan pengalaman ‘user experience’ untuk menciptakan sebuah atmosfer yang mendukung produk tersebut.  Pengalaman berbagi kesukaan atau kebiasaan netizen secara alami yang siap membuka terhadap komentar baik atau buruk dari yang melihat isi pesan.

Netizen dan blogger itu sekalipun mereka “disetting” untuk beriklan di instrumen media (sosial media dan blog), tetapi sejatinya, mereka adalah konsumen yang berhak juga untuk menilai baik atau buruk  suatu produk. Brand yang open minded tentu harus bisa menerima kenyataan apapun yang dinilai  konsumen. Segala masukan konsumen menjadi bahan kajian untuk memperbaiki mutu produk, kemasan dan bisa jadi   bahan materi untuk pengembangan iklan mereka selanjutnya (menemukan “insight”).

Ini sekaligus “tes pasar” untuk melihat seberapa dalam produk mereka bisa diterima oleh konsumen. Diterima tak harus membeli ya, tetapi juga konsumen setuju dengan pesan-pesan dan maksud yang terkandung dalam esensi produk tersebut. Soal membeli atau tidak, disesuaikan kembali dengan target market. Semisal, untuk produk Lifebuoy Clini-Shield10 ini harganya Rp 21 ribuan, memang ditujukan untuk segmen menengah dan yang tahu tentang kesehatan lebih, tidak ingin repot karena kerentanan tumpah, praktis, dan nambah prestise juga.

Beberapa poin pokok dalam promosi soft selling :

  1. Isi pesan tidak seperti sales yang jualan produk, tetapi posisikan diri sebagai konsumen yang menggunakan produk tersebut (user experience). Sampaikan pesan dengan gayamu dan karaktermu biasa dikenal.
  2. Hindari kata-kata provokatif, dan nyata untuk ajakan membeli seperti : ayo beli, dapatkan segera produk ini, dan sebagainya.
  3. Tekankan isi pesan yang sifatnya edukatif, dengan menonjolkan pada keunggulan dan manfaat produk tersebut untuk mendukung peningkatan kualitas hidup yang maju, sehat, dan bahagia.
  4. Bangun bahasa pesan yang bersahabat, setara dengan target sasaran produk, dan hindari terkesan lebih pintar atau lebih tahu banyak.
  5. Alangkah bagusnya jika dalam pesan (content) yang kita sampaikan bisa terbangun diskusi yang progresif.  Jika ada komentar negatif terhadap produk yang kita posting, tidak perlu direspon emosional. Tetap tenang, santun dan hargai pendapat orang lain. Karena media sosial adalah ruang bebas dan terbuka bagi orang lain untuk mengemukakan pendapat.
  6. Hindari pesan yang berbau nyinyiran terhadap produk lain. Jangan juga menyebut produk kita terbagus, terbaik, dan ter- ter lainnya. Tetap rendah hati…meski ternyata produk kita bagus.
  7. Tanamkan di dalam hati, promosi soft selling yang akan dilakukan semata untuk menumbuhkan kesadaran, membangun kepercayaan dan hubungan yang baik dan jangka panjang dengan konsumen. Ya, karena memang tujuan dari promosi soft selling untuk memelihara hubungan yang awet karena rasa saling percaya. Jadi, jangan sampai ya, gegara rekan-rekan menerima job promosi soft selling, berdampak rusaknya hubungan antar teman  di media sosial 🙂

Mempromosikan suatu produk secara soft selling merupakan seni tersendiri. Seni untuk mengenal diri secara lebih dalam untuk menjadi orang yang bijaksana melihat perbedaan. Promosi soft selling sekali lagi efeknya jangka panjang. Jika berhasil, akan menciptakan loyalitas, dan kebanggaan konsumen terhadap brand. Makanya, untuk sejumlah brand, mereka sangat selektif memilih netizen, buzzer atau blogger yang akan diajak kerja sama untuk promosi soft selling ini. Personality mereka sangat menjadi perhatian. Kematangan mengelola emosi, termasuk kreativitasnya mengemas pesan. Menulis dari hati, memang jawabannya.

Hard selling dan soft selling, keduanya adalah strategi yang dilakukan brand. Keduanya bisa digunakan maksimal sesuai dengan media kampanye yang dipilih serta target sasaran.

Inilah Dia Pemenangnya :

Lomba Caption Promo IG : 5 caption promo  berhadiah @Rp 300.000
Penilaian : terkreatif dan inspiratif dalam promo, bukan dari like dan komen. Akan menjadi nilai tambah jika jumlah like dan komentar banyak dan berkualitas.

  1. Evrina Budiastuti

promosi soft selling lifebouy clini-shield10

 

2.  Chela Ribut Firmawatipromosi soft selling lifebouy clini-shield10

 

3. Winda Krisnadevapromosi soft selling lifebouy cilinishield10

4. Okti Lipromosi soft selling lifebouy cilinishield10

 

5.  Arifah Wulansaripromosi soft selling lifebouy cilinishield10

 

Selamat ya kepada lima blogger  terbaik dalam promosi soft selling. Semoga barokah.

Kategori Lomba Tweet: 5 promo via Twitter berhadiah @Rp 200.000
Penilaian : twitt terbaik dan inspiratif, retweet terbanyak, twit terbanyak, twitt terkreatif.

  1. Dyah Prameswari

 

promosi soft selling lifebouy cilinishield10

2. Rahmi Aziza
promosi soft selling lifebouy cilinishield10

3.  Okti Lipromosi soft selling lifebouy cilinishield10

4. Nia Haryanto
promosi soft selling lifebouy cilinishield10

5. Muna Sungkar
promosi soft selling lifebouy cilinishield10

Data perkembangan promosi soft selling produk Lifebouy Clini-shield10 selama Februari 2016

data promosi soft selling

Selamat ya kepada rekan-rekan yang terpilih. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh partisipan. Untuk nomor rekening, bisa diimel ke : [email protected] Subyek : pemenang promosi sosmed Lifebouy Clini-Shield10. Ditunggu selambat-lambatnya dalam 10 hari setelah pengumuman ini untuk penansferannya.

Bagi yang belum berkesempatan, masih ada lomba blognya selama Maret untuk periode posting 1 – 25 Maret 2016 (batas akhir postingan di blog tanggal 25 Maret 2016, pukul 24:00 wib).

Semoga terpilih ya. Sampai ketemu di event promo berikutnya.

 

 

 

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Assalamu'alaikum sahabat Indoblognet 😀
.
Selamat tahun baru Islam, 1 Muharram 1439 H ❤❤❤
.
Semoga di tahun ini kita bisa menjadi manusia yang lebih baik, lebih banyak memperoleh keberkahan, dan kesuksesan, Aamiin Ya Allah Ya Rabbal'alamin
.
#indoblognet #mbcommunication #islamicnewyear #muharram1439 #menjadibaik

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top