Kesehatan

Inilah Cara Meningkatkan Trombosit Darah

Beberapa minggu yang lalu saya harus menjalani perawatan kesehatan di sebuah rumah sakit di kota Jombang, Jawa Timur. Ini atas anjuran seorang tenaga paramedis setelah membaca hasil pemeriksaan darah saya. Dari hasil pemeriksaan darah diketahui bahwa trombosit darah saya kurang dari jumlah minimal yang diharuskan. Selama ini saya hanya cek darah untuk mengetahui kadar kolesterol, asam urat, dan gula darah saja. Nah, sekarang ketahuan jika trombosit darah saya hanya 79.000, sementara batas normalnya antara 150.000 sampai 450.000.

Semua diawali dengan rasa demam. Seperti biasa, saya mencoba mengobati sendiri dengan minum obat untuk demam. Saya memang selalu menyediakan aneka obat di tas. Paling banyak memang obat untuk influenza, diare, batuk, dan pilek. Termasuk di dalamnya obat herbal dan vitamin. Karena tak kunjung sembuh maka saya berobat ke klinik yang lokasinya tak jauh dari rumah saya. Selain diberi suntikan saya juga dibekali obat. Alhamdulillah demam hilang.

Tetapi dua hari berikutnya demam tersebut datang menyerang lagi. Lalu saya ingat sebuah status yang ditulis di Facebook oleh seorang sahabat. Intinya, penderita biasanya tak merasa atau menyadari bahwa dirinya terserang demam berdarah. Berdasarkan status sahabat tersebut saya langsung kembali ke klinik dekat rumah sambil mengutarakan kekhawatiran saya. “Kalau begitu bagaimana jika kita cek darah, “kata pak Yudi yang memeriksa saya. Saya menyetujuinya. Dari hasil pemeriksaan darah itulah diketahui bahwa trombosit darah saya di bawah nilai normal. Pak Yudi menganjurkan saya untuk dirawat di rumah sakit karena dikhawatirkan terserang demam berdarah atau tyfus.

Selain mendapat perawatan yang intensif dari dokter dan perawat rumah sakit, beberapa family yang mengunjungi saya juga membawa aneka buah tangan. Begitu mendengar bahwa saya dirawat karena trombosit darah saya di bawah nilai normal mereka ada yang datang kembali dengan membawa jus buah jambu batu. Konon jus buah jambu batu itu bisa meningkatkan jumlah trombosit darah. Saya akhirnya menikmati jus jambu batu (bahasa Jawa: jamu klutuk)

Selain jus jambu batu (yang bijinya berwarna merah), seorang perawat yang saya tanya memberitahu bahwa susu cair merk Bear Brand juga bagus untuk meningkatkan trombosit (maaf ini bukan pesan sponsor atau promosi) Lagi-lagi, sepupu saya berbaik hati membelikan beberapa kaleng susu cair tersebut. Ada pula yang membawa sari kurma. Untuk menurunkan demam saya juga dianjurkan minum air putih yang banyak, makan cukup, dan mengurangi aktivitas.

Setelah dirawat di rumah sakit selama 5 hari saya diijinkan pulang dan melakukan kontrol pada hari yang ditentukan. ย Hasil pemeriksan darah saat akan pulang tercatat 238.000. Alhamdulillah sudah di atas batas minimal. Selain minum obat, saya juga meneruskan minum jus jambu batu dan susu cair agar trombosit darah terus meningkat.

Di grup WA yang saya ikuti ada juga teman yang menyarankan agar saya minum Angkak. Bentuknya mirip beras merah dan dijual di mini market dan di pasar tradisional. ย Manfaat Angkak antara lain untuk mengobati demam berdarah. Sayangnya hingga saat ini saya belum berhasil mendapatkannya.

Teman yang berkunjung ke rumah menambah referensi lagi. “Minum air rebusan daun ubi jalar juga bagus untuk meningkatkan trombosit darah,”katanya. Saya sudah mencoba mengikuti sarannya. Dua gelas air rebusan daun ubi jalar sudah saya minum dan akan saya lanjutkan lagi. Rasanya memang agak sedikit sepet tapi demi trombosit maka saya ikuti saja saran sahabat tadi. Minum air rebusan daun ubi jalar ini juga disarankan oleh Sandy anak saya.

Dari beberapa saran di atas, jika saya kumpulkan maka ada beberapa cara untuk meningkatkan trombosit darah agar sesuai dengan nilai normal.

1. Minum jus jambu batu yang isinya berwarna merah.

2. Minum susu cair merk Bear Brand.

3. Mengonsumsi Angkak.

4. Minum air rebusan daun ubi jalar.

5. Sari kurma.

6. Untuk mengurangi demam, minum air putih yang banyak.

Selain itu mungkin masih banyak makanan, minuman yang bisa meningkatkan trombosit darah. Saya juga belum memeriksakan lagi berapa trombosit darah saya sekarang.Semoga semakin naik lagi.

Beberapa saran di atas perlu dikonfirmasi lagi dengan mencari artikel di internet sebagai referensi. Namun demikian tentu lebih bagus jika konsultasi kepada dokter agar mendapatkan advis yang tepat.

Semoga bermanfaat.

Image source: pixabay.com

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Happy weekend, sahabat Indoblognet ๐Ÿ˜ Punya rencana jalan-jalan kemana sih, kalian? Kasih tau dong *kepo nih ๐Ÿ˜„
Btw, cara jualan zaman sekarang tuh udah jauh lebih edukatif dibanding dulu lho, guys. Gak usah jauh-jauh deh, ceki-ceki aja olshop di IG-mu ๐Ÿ˜€ Banyak olshop yang menjual produknya dengan disertai ulasan bermanfaat yang berkaitan dengan produk mereka. Intinya, zaman sekarang ini penjual harus pintar mengedukasi konsumen, bukan hanya pintar "mengoceh" mempromosikan produk, yaaa ๐Ÿ˜
.
#indoblognet #mbcommunication #sales #marketing #onlineshop #ecommerce #selling #viral #trendingpost

Follow Me

Copyright ยฉ 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top