Inspirasi

Inilah Alasan Kenapa Pelajar di Finlandia Jauh Lebih Pintar

Apakah anda tahu negara mana yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia? Yup, betul banget. Finlandia merupakan negara yang punya pelajar jauh lebih pintar di banding negara lainnya. Pendidikan memang sangat penting sekali bagi seseorang. Karena dengan ilmu bisa merubah derajat seseorang yang awalnya bukan siapa-siapa, sehingga bisa bisa jadi orang yang luar biasa.

Pendidikan itu luas dan ilmu itu tidak hanya sekedar di sekolah saja. Hal inilah yang mendasari pendidikan di Finlandia. Karena anak-anak suka bermain, maka para pelajar malah lebih banyak waktu bermainnya di bandingkan dengan waktu belajarnya. Buktinya, di sana jam istirahat tiga kali lebih lama jika dibandingkan dengan waktu istirahat di sekolah negara lainnya.

Di Tanah Air Indonesia, ujian nasional masih jadi momok menakutkan. Sehingga ajang seperti ini malah dijadikan lomba menyontek supaya mendapatkan hasil yang baik. Padahal cara tersebut salah besar dan seharusnya pelajar percaya diri dengan kemampuannya. Kalau di Finlandia ujian nasional hanya terjadi sekali seumur hidup, yakni ketika umur 16 tahun. Bandingkan dengan Indonesia yang malah mengadakan ujian nasional di setiap tingkat pendidikan.

Harus diakui bahwa sistem pendidikan di Finlandia memang unik sekali, namun hasilnya luar biasa. Para siswa dan siswi merasa senang dan santai saat belajar. Sehingga nilainya juga sangat bagus dan memuaskan. Untuk itu, kita akan membahas kenapa pelajar di Finlandia jauh lebih pintar dari pada pelajar dari negara lainnya. Simak penjelasannya berikut ini.

Pertama: Anak-anak Boleh Sekolah Setelah Umur 7 Tahun

Masa yang paling bahagia adalah masa ketika masih anak-anak. Karena di saat itulah kita bisa bermain dan bersosialisasi dengan teman sebaya. Hal ini juga yang diterapkan di Finlandia. Di sana, siswa-siswinya baru boleh sekolah setelah memasuki umur 7 tahun. Kalau belum, maka mereka harus sabar menunggu hingga waktunya tiba.

Coba anda bandingkan dengan ibu-ibu di Indonesia yang suka sekali memeras otak anaknya. Padahal anak kecil perlu waktu bermain dan mengobservasi lingkungannya. Buktinya, banyak orang tua yang memaksa anaknya untuk ikut pre school. Padahal umur anaknya masih di bawah 3 tahun. Selain faktor umur, faktor kesiapan anak untuk menerima pelajaran juga belum siap. Sebagai anak kecil yang masih ingin bermain dan ingin tahu segala hal. Secara tidak langsung mereka akan merasa terbebani untuk belajar.

Kedua: Memakai Metode Belajar yang Unik

Salah satu kunci sukses dalam hal pendidikan adalah metode belajar yang cocok untuk anak. Di Finlandia juga mengembangkan cara belajar yang unik. Sehingga para siswanya suka dan senang untuk mengikuti pelajaran. Contohnya adalah metode 45 menit belajar dan 15 menit istirahat. Artinya setelah 45 menit mendapatkan materi pelajaran, siswa mendapatkan kesempatam untuk mengistirahatkan otaknya selama 15 menit.

Kalau otak dipaksa kerja terus, malah diri kita sendiri yang bakal stres. Setiap otak manusia memiliki batas kemampuan untuk berpikir. Kalau terlalu sering digunakan malah tidak bisa produktif. Beda halnya kalau diberikan waktu istirahat. Justru kemampuan otak manusia lebih fokus dibandingkan sebelumnya.

Ketiga: Gratis untuk Sekolah Negeri di Finlandia

Hal lain yang unik di Finlandia adalah memberikan sekolah gratis untuk semua kalangan. Baik itu dari kalangan orang kaya atau kurang mampu tetap saja gratis. Sehingga orang tua di sana tidak khawatir tentang biaya pendidikan anaknya. Karena semua sekolah di sana memakai sistem yang sama dan kualitas semua sekolah juga sama.

Untuk sekolah swasta juga diawasi secara ketat oleh pemerintah. Walaupun tidak mendapatkan sokongan dana dari pemerintah, namun sekolah swasta di sana juga sangat murah sekali. Karena kualitas sekolah negeri yang sangat bagus, sehingga jumlah sekolah swasta hanya beberapa saja.

Keempat: Memiliki Guru Profesional yang Handal

Di Finlandia, guru pengajarnya tidak hanya lulusan sarjana saja. Tapi mereka minimal lulusan magister atau S2. Tidak peduli dalam tingkat SD, SMP, atau SMA, minimal guru harus memiliki pengalaman pendidikan yang tinggi. Dengan begitu, tenaga pengajarnya sangat profesional dalam mendidik para siswanya.

Guru di Finlandia juga sangat mulia sekali. Hal ini dibuktikan oleh pemerintah dengan memberikan gaji tinggi untuk mereka. Bahkan gaji guru di sana dua kali lipat lebih banyak dari pada guru di Amerika Serikat. Yang lebih unik, untuk meraih gelar master bisa mendapatkan beasiswa dari pemerintah. Saat mengajar, satu guru hanya diperbolehkan mangajar maksimal 12 siswa. Dengan begitu sistem pembelajarannya lebih fokus dan mudah difahami oleh siswa.

Kelima: Guru Tidak Pernah Mengadakan Ulangan Harian atau Ujian Setiap Semester

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, guru di Finlandia minimal lulusan S2. Itu artinya mereka punya pengalaman yang lebih dan ilmu yang banyak. Sehingga pemerintah juga percaya kepada tenaga pengajarnya. Setiap guru diberikan hak untuk membuat kurikulum sendiri sesuai dengan karakter siswanya. Sehingga setiap siswa tidak akan merasa terbebani dengan kurikulum dari pemerintah.

Kultur dan karakter siswa yang berbeda jadi alasan utama kenapa guru tidak pernah mengadakan ulangan harian atau ujian setiap semesternya. Di sana ujian nasional juga hanya dilakukan sekali seumur hidup, yakni ketika memasuki umur 16 tahun. Karena mereka tahu kalau setiap siswa punya kelebihan yang berbeda. Jadi tidak bisa disamaratakan dengan hasil ujian semata. Mereka justru fokus mengembangkan apa bakat dan minat siswa supaya lebih berkembang.

Keenam: Siswa di Finlandia Hanya Sekolah 4 Jam Setiap Hari

Ternyata tidak hanya jam istirahatnya yang panjang. Tapi jam pelajaran untuk siswa di Finlandia juga sangat pendek sekali, yakni hanya 4 jam sehari. Jam sekolah di sana jauh lebih pendek jika di bandingkan dengan Indonesia yang harus datang pagi dan pulang sore. Karena pihak pemerintah tidak mau terlalu membebani siswanya dengan pelajaran yang banyak sekali.

Hal lain yang lebih unik adalah saat memasuki tingkat SMP dan SMA adalah sudah memakai sistem pendidikan layaknya perguruan tinggi. Jadi pelajar di sana bisa menentukan sendiri pelajaran apa yang mereka sukai pada awal semester. Selain itu, mereka juga bebas menentukan jam masuk pelajarannya. Sehingga saat masuk kelas mereka akan lebih semangat karena sudah tahu apa yang akan dipelajari dan pelajarannya itu benar-benar mereka sukai.

Ketujuh: Tidak Ada Sistem Rangking di Sekolah

Kualitas sekolah yang baik dan guru profesional yang handal jadi penentu utama siswa akan jadi lebih pintar. Kalau di Finlandia tidak pernah memakai sistem rangking di setiap sekolah. Karena mereka yakin sistem seperti itu hanya akan mendeskriminasi anak sehingga terlihat mana yang pintar dan mana yang bodoh. Ujung-ujungnya siswa malah akan merasa minder dan kemampuannya tidak berkembang.

Pihak pemerintah Finlandia tidak mau ambil pusing dengan rangking dan nilai siswa. Yang paling penting bagi mereka adalah setiap siswa senang saat belajar mata pelajaran yang mereka pilih. Dengan begitu kemampuan anak bisa berkembang. Coba anda bayangkan kalau belajar mata pelajaran yang tidak disukai. Pasti tidak akan paham bukan.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai alasan kenapa pelajar di Finlandia jauh lebih pintar. Dalam hal ini Indonesia tidak mungkin bisa meniru sama persis dengan sistem pendidikan di Finlandia. Bukan bermaksud untuk merendahkan Indonesia, tapi negara ini memiliki penduduk terbanyak no 4 di dunia. Jadi tidak mugkin kalau disamakan persis dengan negara tersebut. Selain itu, faktor budaya juga jadi hal utama yang harus diperhatikan.

Tapi saya lebih suka dengan sistem pembelajaran di negara tersebut. Di sekolah siswa tidak dibebani dengan semua mata pelajaran. Tapi lebih fokus pada materi pelajaran yang disukai. Dengan begitu siswa akan lebih berkembang. Beda halnya dengan orang tua di Indonesia yang mewajibkan anaknya selalu ranking pertama dan dapat nilai bagus setiap pelajaran. Belum lagi setelah pulang sekolah masih harus dibebani dengan les privat hingga malam hari. Tentu siswa malah bosan dan tidak berkembang. Ujung-ujungnya anak akan merasa stres pada pelajaran.

Semoga pendidikan bisa jadi sorotan utama bagi orang tua dan pemerintah Indonesia supaya lebih baik lagi kedepannya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

 

Image source: pixabay.com

 

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet πŸ˜‰ Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen πŸ˜„
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top