Branding

Inilah 4 Video Promosi Smescotrade Terbaik

Hai sobat Indoblognet peserta  Digipreneur Scalle Up, MB Communication – Indoblognet mengucapkan terima kasih sudah berpartisipasi dan berkenan membuat video promosi bertopik Smescotrade. Digipreneur Scale Up merupakan salah satu kegiatan kami untuk merangkul sejumlah kalangan digipreneur untuk berkarya bareng. Mungkin teman-teman ada yang sudah mengetahui event kami yang bertajuk “Smesco Digipreneur Day” ? Ya, Digipreneur Scale Up adalah turunanya.  Maksudnya ? kami mengambil sejumlah peserta yang berprestasi dalam acara Smesco Digipreneur Day untuk dikolaborasikan dengan peserta lainnya dalam “scale up”. Ini merupakan kegiatan perdana kami yang Insya Allah  akan terus kami kembangkan dengan sejumlah brand

Seluruh  peserta dalam “Digipreneur Scale Up” terdiri dari mereka yang telah memiliki kemampuan sesuai dengan grade-nya. Karena, output dari kegiatan ini adalah karya yang menjual. Video promosi, salah satu materi yang diperdalam dalam Digipreneur Scale Up. Ke depannya, akan ada banyak tema sesuai spesiaslisasi di dunia digital promotion. Konsep yang kami usung dalam adalah Digipreneur Scale Up adalah coaching atau refreshment dari sejumlah praktisi.

smescotrade

 

smescotrade

Peserta Smesco Digipreneur Scale Up dan para talent.

Pada kesempatan kali ini, kami menghadirkan coach dari praktisi videografer yang memiliki pengalaman panjang di media dan advertising, yaitu Yosa Tobing dan Bening Kharisma Buwana. Keduanya dipertemukan dalam sebuah pekerjaan di salah satu stasiun TV swasta. Dalam coaching sehari plus praktek tempo hari, Mas Yosa memberikan gambaran umum tentang pembuatan video viral, yang pada intinya adalah kekuatan content atau ide  kreatif.

Soal biaya pembuatan video itu bisa sangat relatif. Karena tidak ada jaminan video berhasil “viral” atau disebar dan menjadi perbicangan di dunia maya, hanya dari ukuran bujet. Mas Yosa mencontohkan sejumlah video yang memiliki engagement,(like dan view) besar, rata-rata bermodal ide kreatif. Sementara, video dengan teknis pengambilan gambar canggih dan menyedot biaya besar, pada kenyataannya kurang memberikan engagment, apalagi viral. “Viralitas ini memang menyangkut selera masyarakat kita yang kenyataannya menyukai hal-hal yang sifatnya remeh temeh dan hiburan. Belum sensi terhadap kualitas teknis video.

Viralitas  content sangat berkaitan dengan karakter dan budaya masyarakat. Namun begitu, secara konsep, video yang berkarakter viral umumnya berisi konten yang sifatnya human (menyentuh perasaan :cinta, sedih, senang, lucu, heroik), berupa cuplikan film atau peristiwa, tips dan intrik yang inspiratif.  Video-video atau vlog yang dibuat oleh selebriti yang notabene mempunyai nilai jual di media, pun mudah memperoleh viralitas. Apalagi jika menyangkut hal-hal personal seleb, cepat sekali masyarakat kita meresponnya.

smescotrade

Mas Bening Kharisma Buwana sedang memperhatikan Kang Arul men-shoot talent.

Soal perangkat pembuatan video, menurut Mas Yosa Tobing, tak ada batasan baku. Berbeda dengan kondisi beberapa tahun silam, videografer mengandalkan kamera video khusus atau handycame. Dan seperangkat alat editing yang rumit. Kini, seiring dengan perkembangan teknologi gajet, setiap orang yang punya gawai bisa merekam aktivitasnya.  Plus, ada koneksi internet, video yang dibuat begitu mudah disebar di media sosial. Apalagi sekarang, smartphone berlomba-lomba memberikan fitur-fitur yang semakin mendekati kebutuhan gaya hidup penggunanya yang notabene  ingin selalu eksis dan mengabadikan momennya di media sosial.

Aplikasi editing video juga bertebaran di play store. Mulai dari yang gratis sampai berbayar, kita mudah melakukan editiing hanya dari gawai. Aplikasi yang cukup difavoritkan vlogger  diantaranya  : Kinemaster Pro, Quick, dan Viva Video. Sedangkan bagi pengguna Iphone, bisa mengunduh iMovie. Blogger yang sekaligus vlogger, Mas Dede Aryanto pun hanya mengandalkan iphonenya untuk merekam sejumlah kegiatan dokumentasi. Untuk editing, ia pasrahkan pada iMovie. Alhasil, tak kalah canggih dengan perangkat editing sekaliber advertising. Agar lebih jelasnya, teman-teman bisa lihat di akun youtube @dede ariyanto.

Smescotrade.com dalam Video “Viral”

Smescotrade merupakan salah satu chanel pemasaran produk-produk UKM binaan Smesco, selain di Galeri Indonesia Wow dan ekspor.  Diluncurkan sudah lebih dari setahun lalu, kini terus melakukan berbagai pembenahan. Salah satu upayanya adalah meningkatkan promosi dan pemasaran melalui saluran digital dan media sosial. Ya, video promosi memang memberian daya dongkrak lebih untuk penjualan. Orang lebih tertarik dan memahami sesuatu dari video dibandingkan narasi kata.

Pada tahun 2013, Avaya Asia Pacific Customer Experience Index melakukan survey pada konsumen di Asia Pasific. Hasilnya, 15 % pengguna yang disurvey mengatakan  telah terlibat dalam interaksi layanan melalui video, dan kepuasan mereka melampaui 85% setelah menggunakannya.  Hasil studi marketing sherpa juga menguatkan,   bahwasanya 64% pengunjung website lebih menyukai untuk membeli produk secara online setelah menonton video produk tersebut. Meski sudah ada deskripsi atau narasi yang menarik, pengunjung lebih memahami dengan melihat video. Keunggulan video lainnya, yaitu dapat memperkecil kesalahan informasi yang ditangkap oleh pembaca yang umumnya mengandalkan imajinasi.

Karena itulah, pada proyek perdana ini, Smescotrade menggandeng kalangan netizen untuk berkolaborasi membuat video ala netizen yang kreatif dan diharapkan bisa viral.  Harus diakui untuk viral butuh effort lebih untuk diaktivasi.

smescotrade

Mas Yosa Tobing sedang mengarahkan Winda Puspita untuk mengambil angle shoot yang tepat.

Pasar ecommerce di Indonesia memang sedang tumbuh. Masing-masing ecommerce menawarkan keunggulan. Untuk Smescotrade.com, pun punya karakter khas untuk produk-produk yang ditawarkan yaitu : kualitas produk yang selalu terpilihara karena melalui kurasi, 100 persen Indonesia, jumlah yang terbatas (limited edition), handmade, desain terkini (moderen) dan unik. Soal harga, diusahakan bisa terjangkau. Keunggulan inilah yang diintegrasikan dalam setiap video yang dihasilkan.

Dalam konteks proses produksi video promosi Smescotrade, ada 5 tema untuk dipilih peserta yaitu :

  1. Smescotrade sebagai marketplace produk UKM terlengkap.
  2. Kemudahan berbelanja di Smescotrade
  3. Berbagai program promo produk di Smescotrade
  4. Peran Smesco menjadi lapak bagi pemasaran produk UKM. (marketplace). Smeso intinya mengajak UKM untuk bergabung bersama dengan Smesco Trade.
  5. Edukasi berbelanja di Smescotrade

Dari kegiatan ini terkumpul sebanyak 14 video.  Peserta spesial adalah Kang Arul, Mas Dede Aryanto dan Mas Bening Kharisma Buwana coach yang  menyempatkan waktu dan energinya untuk membuat beberapa video. Inilah hasil shoot spesial mereka :

  1. Keunggulan Bergabung dan Berbelanja di SMESCOTrade.com karya Dede Aryanto dan Farichatul Jannah
  2. Smescotrade.com, Ecommerce Produk UKM Berkualitas, 100 Persen Indonesia , karya Dede Aryanto dan Farichatul Jannah
  3.  Hadiah Limited Edition Dari Smescotrade.com, karya Kang Arul
  4.  Belanja Online Mudah di Smescotrade com, karya Kang Arul
  5. SMESCOTrade.com MURAH & Limited Edition, karya Bening Kharisma Buwana
  6. SMESCOTrade.COM 100% Indonesia, karya Bening Kharisma Buwana
  7. BENING PICTURES: SMESCOTrade.com MUDAH & MURAH. karya Bening Kharisma Buwana

Ucapan terima kasih kami berikan kepada Pak Andy Hermawan yang membuat video animasi keren Smesco Trade. Bagaimana penampakan videonya, akan kami paparkan di tulisan yang lain.

Dan,  inilah 4 video promosi Smesco Trade yang menurut penilaian juri Mas Yosa dan Mas Bening terbaik  :

  1. PROMO ! Produk UKM Indonesia Asli di Smescotrade.com  karya Juliyanto dan Heydeerahma
  2. Smescotrade.com sempurnakan gaya OOTD Fashion Blogger Nia Nastiti    karya Dani Rachmat dan Nia Nastiti
  3. Asyiknya berbelanja di Smescotrade.com, karya Winda Puspita
  4.  Belanja produk UKM di Smescotrade.com, karya Liswanti Pertiwi

Selamat kepada 4 vlogger terbaik ya, berhak mendapatkan tambahan uang tunai dari Smescotrade. Kepada peserta lainnya, jangan berkecil hati, semoga di lain kesempatan kita bisa berkolaborasi dan bersinergi kembali. Sampai bertemu kembali di event MB Communication – Indoblognet berikutnya.

 

 

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication & Indoblognet.com.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Seorang pebisnis harus pandai menganalisa pesaing mereka, khususnya yang berada pada niche yang sama. Belajarlah dari kesuksesan termasuk dari kegagalan mereka
.
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #analisamarketing #competitor #business #tipsbisnis #trendingpost

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top