Indo Blog Net

blog

Inilah 3 Alasan Kenapa Blogger Zaman Now Perlu Banget Belajar SEO

Belajar SEO

Dengan menerapkan SEO pada blog, diharapkan tulisan kita bisa berada di halaman teratas Google. Simak pentingnya blogger belajar SEO lewat tulisan ini.

Bagikan Jika Bermanfaat

Blogger belajar SEO, apa perlu? Pikir saya ketika membaca banner Kopdar SEO Webmaster di IG Indoblognet dan dibagikan mbak Rahmah di grup WA Ning Blogger Surabaya. Awalnya sempat maju mundur, duh daftar nggak ya. Bayangan belajar sesuatu yang saya tidak punya dasarnya sama sekali kan …terbayang puyengnya. Apalagi blog saya sangat sederhana. Kira-kira apa sih pengaruhnya belajar SEO bagi blog sederhana.

Belajar SEO
Eh tapi tema dari Kopdar SEO ini kan “From Zero To Hero” Artinya yang tidak punya basic SEO bisa belajar secara bertahap dong. Akhirnya tanggal 14 Oktober 2018 lalu saya memutuskan hadir di Kopdar SEO Webmaster yang disponsori MB Communication.

Saya tiba di sana jam 9.23. Padahal kelas dimulai jam 10. Karyawan Captain Hood masih serius briefing. Kepagian nih karena berangkat dari rumah jam 8 karena takut angkutan kotanya terjebak kemacetan. Untung tak lama kemudian mbak Rahmah sebagai fasilitator muncul.

Mbak Kartina Ika Sari mengawali acara dengan sekilas pandang tentang MB Communication. Insya Allah saya sudah sedikit kenal lah dengan Indoblognet dan MB Communication hihi Ge-Er tingkat tinggi.

Belajar SEO
Kesempatan berikutnya mas Q-Benk memberikan materi tentang SEO. Beliau juga memaparkan alasan pentingnya blogger belajar SEO. Sebelumnya mbak Ika juga membuka wawasan saya dan menyadarkan bahwa belajar SEO itu penting. Ini dia alasan mengapa blogger perlu belajar SEO:

Alasan Kenapa Blogger Perlu Belajar SEO

1. Memperkenalkan blog kepada google webmaster

Kata mas Q-Benk blog itu ibarat rumah. Setelah dibangun perlu dipercantik dengan cat dinding, anggaplah catnya itu tulisan dan foto dalam postingan. Perlu juga perabot dan aksesoris. Pernik-pernik blog seperti pemilihan template, banner komunitas, navigasi labelling yang tepat adalah akesorisnya.

Setelah itu layaknya tinggal di sebuah rumah perlu berkenalan dengan tetangga dan mengurus surat izin domisili di RT, RW, kelurahan. Nah di blog hal semacam ini diibaratkan dengan blogwalking dan mengupayakan agar postingan kita bisa terdeteksi oleh google webmaster. SEO adalah salah satu cara agar artikel kita dikenali mbah google.

Belajar SEO

2. Berbagi lebih banyak manfaat pada khalayak

Menulis sudah sering. Update blog rajiin banget. Satu artikel bisa 500-1000 kata, lengkap dengan foto dan video penunjang. Tapi pengunjung blog kok minim banget. Sedih nggak, rasanya kok menulis jadi sia-sia. Padahal salah satu tujuan ngeblog adalah ingin berbagi ilmu, wawasan dan opini dengan lebih banyak khalayak.

SEO membantu menempatkan artikel kita berada di halaman-halaman awal mesin pencari sehingga menarik minat orang untuk berkunjung dan membaca artikel-artikel di blog kita.

3. Monetize blog

Jujur saja deh selain berbagi ilmu dan pemikiran, kita juga berharap blog bisa menjadi pintu penghasilan. Mbak Ika sempat bercerita tuntutan klien-klien sekarang makin tinggi. Artikel yang “diorder” untuk ditulis blogger entah itu liputan event atau review produk diharapkan muncul di halaman-halaman awal google search. SEO adalah cara paling manjur untuk menempatkan artikel di halaman “muda” (pinjam istilah mbak Ika)

Belajar SEO

Belajar SEO ala Sersan- Serius Tapi Santai

Wah jadi blogger sekarang pun harus paham SEO. Menulis memang mengasyikkan tetapi jika tulisan tersebut tidak menjangkau khalayak lebih luas sayang sekali bukan?

Jika awalnya ragu untuk mendaftar Kopdar SEO Webmaster, saya jadi lebih bersyukur ketika meninggalkan Captain Hood sore itu. Meski waktu belajar dari jam 10 hingga jam 15 terasa kurang untuk belajar SEO tetapi setidaknya saya dibekali teknik SEO paling mendasar seperti cara memilih kata kunci, penempatan kata kunci dan memilih template blog yang SEO Friendly. Dan yang paling utama saya jadi paham alasan pentingnya blogger belajar SEO.

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

To Top