Pasang Iklan di Indoblognet.com
Pasang Iklan di Indoblognet.com

Inilah 10 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Branding

  • Bagikan
cara meningkatkan penjualan melalui branding

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis. Salah satunya adalah melalui branding yang merupakan salah satu elemen terpenting dalam sebuah bisnis. Di artikel kali ini akan dibahas secara lengkap berbagai cara meningkatkan penjualan melalui branding. Yuk, baca sampai tuntas! 🙂

 

10 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Branding

Branding tak hanya sekadar identitas bisnis yang membuat bisnis Anda terlihat berbeda dengan yang lain. Masih banyak manfaat branding lainnya yang akan Anda peroleh, seperti membuat merek Anda terkenal dan memiliki posisi yang kuat, meningkatkan kredibilitas, hingga meningkatkan penjualan. Berikut beberapa cara meningkatkan penjualan melalui branding yang perlu Anda lakukan:

1.        Miliki website dan akun bisnis di sosial media

Cara meningkatkan penjualan melalui branding yang pertama adalah Anda perlu memiliki website dan akun bisnis di berbagai sosial media. Website dan sosial media merupakan salah satu alat untuk membangun branding Anda, khususnya di dunia maya.

Saat ini sebagian besar konsumen mencari produk yang mereka inginkan melalui internet. Dengan adanya website serta akun sosial media, bisnis Anda pun jadi lebih mudah ditemukan di internet, bukan? Jika Anda tidak ingin menggunakan website sebagai toko online, Anda juga bisa menggunakannya sebagai profil perusahaan/bisnis Anda untuk menampilkan produk yang ditawarkan.

Selain website, Anda juga perlu membuat akun bisnis di media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Facebook. Bahkan saat ini banyak bisnis yang juga membuat akun bisnisnya di media sosial TikTok.

Baca juga: 6 Cara Riset Hashtag di Instagram yang Bikin Kontenmu Banyak Dilihat

2.        Ciptakan style brand yang kreatif

Cara meningkatkan penjualan melalui branding yang selanjutnya yaitu ciptakan style brand yang kreatif. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa salah satu manfaat branding adalah membedakan bisnis Anda dengan yang lainnya. Dan agar hal ini dapat tercapai dengan optimal Anda perlu menciptakan style brand Anda dengan kreatif dan unik. Dengan demikian konsumen akan lebih mudah untuk mengenali bisnis Anda.

Style ini bisa berupa warna brand Anda, logo, maupun tema-tema konten yang Anda buat untuk website dan sosial media Anda. Jangan lupa untuk membuat style brand yang konsisten di berbagai platform, mulai dari website hingga akun-akun sosial media Anda sehingga semuanya terlihat harmonis.

3.        Utamakan kualitas layanan pelanggan

Mengutamakan kualitas layanan pelanggan juga termasuk salah satu cara meningkatkan penjualan melalui branding. Berdasarkan penelitian, sebagian besar konsumen setuju bahwa kualitas layanan pelanggan sangat mempengaruhi loyalitas mereka terhadap sebuah brand. Jadi jika Anda ingin pelanggan Anda loyal dengan produk Anda, utamakan kualitas layanan pelanggan yang Anda berikan.

Perhatikan bagaimana karyawan customer service Anda bekerja, apakah telah sesuai dengan standar kualitas layanan pelanggan yang Anda tetapkan? Sebab customer service merupakan lini terdepan yang berhubungan dengan konsumen dan pelanggan.

Saat ada pelanggan yang kecewa dengan layanan Anda, Anda bukan hanya kehilangan satu pelanggan. Bisa jadi Anda akan kehilangan calon konsumen atau pelanggan lainnya yang mendengar ulasan negatif mengenai bisnis Anda, khususnya melalui internet. Maka berhati-hatilah melayani pelanggan, usahakan mereka mendapat layanan yang terbaik dari Anda.

4.        Berikan apresiasi kepada pelanggan

Bukan hanya soal kualitas layanan saja, berikan pula apresiasi kepada pelanggan. Ini juga merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan melalui branding. Hal ini dapat membantu mempertahankan loyalitas pelanggan Anda. Selain itu, membuat pelanggan senang juga bisa membangun promosi dari mulut ke mulut dari rekomendasi yang diberikan pelanggan kepada orang lain.

Mengapresiasi pelanggan bisa dilakukan melalui ungkapan terima kasih Anda kepada mereka. Ungkapan terima kasih ini bukan hanya berupa ucapan, Anda bisa berikan yang lebih berkesan. Misalnya, diskon member, kumpul poin, diskon ulang tahun, hadiah merchandise, dan lain-lain.

Berikan pula apresiasi kepada konsumen yang mengajukan keluhan atau saran kepada Anda. Caranya dengan mengirimkan produk secara gratis. Ini tidak hanya menghilangkan kekecewaan dari keluhan mereka tapi juga akan membuat mereka merasa senang.

5.        Utamakan kejujuran dan keterbukaan

Cara meningkatkan penjualan melalui branding yang berikutnya adalah mengutamakan kejujuran dan keterbukaan. Jangan pernah mencoba membohongi konsumen jika Anda tidak ingin bisnis Anda hancur karena hilangnya kredibilitas. Membangun kredibilitas tidak mudah, namun Anda bisa merusaknya dalam waktu sekejap dengan sebuah kebohongan.

Melakukan sebuah kesalahan yang tidak disengaja bukanlah hal yang memalukan, termasuk dalam bisnis. Akui kesalahan Anda dan berusahalah sebaik mungkin untuk belajar dari kesalahan tersebut dan tidak mengulanginya lagi.

Kejujuran juga perlu Anda terapkan dalam pemasaran produk. Berikan deskripsi produk yang jujur. Untuk itulah Anda perlu membuat produk yang berkualitas agar apa yang Anda katakan mengenai produk merupakan hal yang sebenarnya.

6.        Mendorong interaksi konsumen

Cara meningkatkan penjualan melalui branding yang satu ini juga penting untuk dilakukan. Cobalah untuk mendorong interaksi konsumen Anda di sosial media, tepatnya melalui konten yang Anda unggah. Anda bisa memancing konsumen untuk berkomentar maupun berbagi pengalaman setelah menggunakan produk Anda.

Anda juga bisa mengajak konsumen untuk saling berdiskusi termasuk dengan sesama konsumen lainnya melalui halaman sosial media Anda. Ulasan positif dari konsumen di sosial media Anda akan membantu meningkatkan kepercayaan terhadap brand Anda.

7.        Belajar dari pesaing Anda

Penting bagi Anda untuk belajar dari pesaing. Analisa pesaing Anda, dengan demikian Anda bisa belajar dari kesuksesan mereka. Namun bukan berarti Anda meniru mentah-mentah kiat sukses mereka. Anda harus tetap menyesuaikannnya dengan style brand Anda sendiri. Sebab setiap bisnis perlu menciptakan keunikannya masing-masing.

Anda juga bisa belajar dari kesalahan ataupun kekurangan pesaing Anda. Sehingga Anda bisa lebih baik dan tidak melakukan kesalahan yang sama.

8.        Optimalkan content marketing

Cara lainnya untuk meningkatkan penjualan melalui branding yaitu mengoptimalkan content marketing. Buatlah konten yang menarik dan berkualitas. Hal ini akan membantu meningkatkan brand awareness (kesadaran bisnis). Content marketing ini bisa Anda terapkan pada artikel website serta konten sosial media Anda.

Anda bisa mempelajari mengenai content marketing ini melalui pelatihan bersama ahlinya, melalui buku-buku, video, maupun berbagai artikel di internet.

9.        Bekerja sama dengan influencer

Bekerja sama dengan influencer juga bisa jadi cara tepat meningkatkan penjualan melalui branding. Sebab branding itu sendiri sangat erat kaitannya dengan kepercayaan. Dengan menggunakan influencer dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau bisnis Anda.

Tentunya untuk memperoleh hasil yang optimal, Anda harus bekerja sama dengan influencer yang tepat. Gunakan influencer yang relevan dengan bisnis Anda dan yang memang menyukai produk Anda agar mereka dapat menjiwai saat mempromosikan bisnis/produk Anda.

10.    Jaga konsistensi brand

Tips terakhir untuk meningkatkan penjualan melalui branding yaitu konsistensi. Hal ini merupakan salah satu kunci agar bisnis bisa bertahan lama. Brand adalah identitas yang membuat bisnis Anda lebih mudah dikenali. Jika identitas tersebut berubah-ubah bagaimana mungkin konsumen dapat terus mudah mengenali Anda, bukan?

Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan melalui branding yang perlu Anda terapkan dalam bisnis Anda. Baiklah selamat mencoba dan semoga berhasil, ya! 🙂

 

Credit image: studentmotorsport.com

Pasang Iklan di Indoblognet.com
  • Bagikan