Pasang Iklan di Indoblognet.com
Pasang Iklan di Indoblognet.com

Inilah 10 Cara Memuaskan Pelanggan Bisnis Anda

  • Bagikan
Cara memuaskan pelanggan bisnis

Keberadaan pelanggan dalam sebuah bisnis tentunya sangat penting. Sebab bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya pelanggan. Nah, salah satu cara utama untuk membuat pelanggan loyal terhadap bisnis Anda adalah dengan memuaskan mereka. Di artikel kali ini akan dibahas mengenai berbagai cara memuaskan pelanggan bisnis Anda. Selamat menyimak! 🙂

 

Inilah 10 Cara Memuaskan Pelanggan Bisnis Anda

Mendapatkan pelanggan bisa jadi bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Sebab ada hal yang lebih memerlukan usaha ekstra bagi Anda dalam berbisnis, yaitu memuaskan pelanggan. Agar lebih mudah, Anda bisa ikuti 10 cara memuaskan pelanggan berikut ini.

1.   Pahami harapan pelanggan Anda

Cara memuaskan pelanggan bisnis Anda yang pertama adalah pahami harapan pelanggan Anda. Untuk mengetahui seperti apa harapan pelanggan, Anda bisa lakukan semacam riset kepuasan pelanggan secara berkala. Dari data tersebut Anda bisa menganalisa apa yang diharapkan pelanggan dari bisnis serta produk Anda.

Saat ini dengan berkembangnya dunia internet membuat Anda selaku pebisnis menjadi lebih mudah untuk melakukan riset. Anda bisa manfaatkan website bisnis Anda atau email untuk membagikan formulir mengenai kepuasan pelanggan yang bisa langsung diisi oleh pelanggan.

Dengan mengetahui dan memahami harapan pelanggan, Anda jadi bisa berusaha untuk selalu memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan harapan mereka.

Baca juga: Sejarah Asal Mula Hari Pelanggan Nasional yang Menarik untuk Diketahui

2.   Utamakan kualitas produk

Ini merupakan cara memuaskan pelanggan bisnis Anda yang berikutnya. Kualitas produk kerap menjadi penentu utama kepuasan pelanggan. Pelanggan bisa membandingkan kualitas produk Anda dengan merek lain. Jika produk Anda kalah kualitasnya dibanding merek lain, kemungkinan besar pelanggan akan beralih. Tentu Anda tidak menginginkan hal ini, bukan?

Oleh sebab itu berusahalah untuk selalu mengutamakan kualitas produk. Lakukan kualitas kontrol secara rutin sehingga Anda bisa memastikan produk Anda selalu terjaga kualitasnya sesuai harapan pelanggan. Dengan kualitas produk yang selalu terjaga dengan baik bahkan ditingkatkan dari waktu ke waktu, pastinya akan membuat pelanggan lebih loyal menggunakan produk Anda.

3.   Berikan pelayanan terbaik

Selain mengutamakan kualitas produk, memberikan pelayanan terbaik juga termasuk salah satu cara memuaskan pelanggan bisnis Anda. Semua orang tentu senang jika mendapatkan pelayanan terbaik dari sebuah bisnis. Dan saat pelanggan senang mereka pun akan terus loyal pada produk Anda serta tak segan untuk merekomendasikan pada orang sekitarnya.

Maka dari itu sangat penting bagi pemilik bisnis untuk mengedukasi dan melatih para karyawannya. Sehingga mereka dapat memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan. Pastikan juga karyawan mempunyai pengetahuan yang lengkap dan mendalam mengenai produk agar mereka bisa merespon pertanyaan pelanggan dengan tepat dan cepat.

4.   Dekat dengan pelanggan

Cara memuaskan pelanggan bisnis Anda yang selanjutnya yaitu berusaha dekat dengan pelanggan. Artinya, produk Anda bisa dengan mudah didapatkan oleh pelanggan. Sebab pelanggan tentunya akan jadi lebih mudah menjangkau produk Anda jika berada dekat dengan mereka.

Misalnya dengan membuka cabang-cabang bisnis Anda jika memungkinkan. Selain itu Anda juga bisa membuka agen dimana banyak pelanggan Anda berada agar mereka bisa memperoleh produk dengan lebih mudah.

5.   Berikan reward untuk pelanggan setia

Ini juga termasuk salah satu cara untuk membuat pelanggan senang. Berikan reward sebagai bentuk apresiasi Anda terhadap pelanggan. Cara memuaskan pelanggan bisnis yang satu ini bisa Anda berikan khusus untuk pelanggan setia. Reward ini bisa berupa voucher diskon, poin belanja, hadiah berupa merchandise, dan lain sebagainya.

Agar lebih istimewa lagi, Anda juga bisa memberikan kejutan kecil di hari ulang tahun pelanggan setia Anda. Berikan hadiah berupa produk kesukaannya atau merchandise menarik. Sertakan pula kartu ucapan selamat ulang tahun di dalamnya. Dijamin pelanggan Anda akan sangat senang dan terkesan.

6.   Berikan harga yang sesuai

Memberikan harga yang sesuai juga termasuk salah satu cara memuaskan pelanggan bisnis Anda. Memang sebagian besar orang menyukai produk dengan harga murah. Namun, bukan berarti Anda harus memasang harga murah sementara kualitas tidak diperhatikan.

Pada akhirnya, kualitaslah yang akan membuat produk Anda terus diminati dalam jangka panjang. Apalagi saat ini pelanggan pun semakin cerdas dalam memilih. Mereka akan lebih mempertimbangkan kualitas dari sebuah produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

Berikan harga yang sesuai dengan kualitas produk Anda. Tapi jangan sampai harga yang Anda berikan terlalu tinggi dari yang seharusnya. Sebab pelanggan bisa jadi memilih produk lain dengan kualitas yang sama namun harganya lebih murah.

7.   Utamakan kejujuran

Cara memuaskan pelanggan bisnis Anda berikut ini juga penting untuk diterapkan. Berusahalah untuk selalu menanamkan nilai kejujuran dalam bisnis Anda. Ini merupakan salah satu faktor terpenting yang dapat menjaga kelanggengan bisnis Anda.

Anda membutuhkan waktu dan usaha yang bisa jadi tidak mudah untuk membangun kepercayaan pelanggan. Tetapi menghancurkan kepercayaan bisa terjadi dalam sekejap. Kebohongan akan dengan mudahnya meruntuhkan kepercayaan pelanggan. Dan saat pelanggan sudah tidak percaya tentu mereka akan beralih ke merek yang lain. Maka dari itu utamakan selalu kejujuran dalam bisnis Anda, termasuk dalam produk serta pelayanan.

8.   Layani keluhan pelanggan dengan baik

Tak hanya mengutamakan kejujuran, melayani keluhan pelanggan juga menjadi salah satu cara memuaskan pelanggan bisnis Anda. Pada dasarnya, pelanggan yang komplain merupakan pelanggan yang loyal. Mereka menyampaikan keluhan atas produk maupun layanan yang mereka anggap kurang. Dan dengan komplain tersebut pelanggan berharap akan adanya perbaikan atas apa yang dikeluhkan.

Sikapi keluhan pelanggan dengan ramah. Dengarkan keluhan tersebut dengan sabar dan seksama. Bagaimanapun bisnis Anda juga membutuhkan adanya keluhan dari pelanggan sebagai bahan evaluasi agar layanan maupun produk Anda bisa lebih baik lagi.

Bukan hanya keramahan yang harus Anda utamakan saat menanggapi keluhan pelanggan. Anda juga wajib memberikan solusi terbaik bagi pelanggan. Jangan lupa juga untuk meminta maaf atas kekecewaan pelanggan.

9.   Terbuka menerima saran pelanggan

Cara memuaskan pelanggan bisnis Anda yang berikutnya yaitu terbuka menerima saran dari pelanggan. Bukan hanya keluhan pelanggan saja yang harus Anda perhatikan. Saran atau masukan dari pelanggan pun penting untuk diperhatikan. Ada baiknya jika Anda memfasilitasi pelanggan yang ingin menyampaikan saran, misalnya dengan menyediakan alamat email khusus untuk pelanggan menyampaikan sarannya.

Dengan saran dari pelanggan, Anda bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan. Tentunya hal ini dapat membantu Anda membangun bisnis yang lebih baik khususnya bagi pelanggan Anda.

10.   Lakukan riset tingkat kepuasan pelanggan

Setelah semua langkah di atas Anda lakukan, ini merupakan cara memuaskan pelanggan bisnis Anda yang terakhir dalam daftar ini. Buatlah semacam kuesioner untuk mengukur bagaimana tingkat kepuasan pelanggan Anda. Kuesioner ini bisa Anda lakukan secara online agar memudahkan pelanggan untuk ikut mengisinya.

Agar pelanggan lebih semangat untuk mengisi kuesioner, Anda juga bisa memberikan hadiah kecil berupa voucher diskon misalnya. Semakin banyak data pelanggan yang mengisi kuesioner artinya Anda bisa semakin optimal mengukur tingkat kepuasan pelanggan Anda.

Nah, itulah berbagai cara memuaskan pelanggan bisnis yang bisa Anda lakukan. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk kesuksesan bisnis Anda, ya! 🙂

 

Credit image: rahkarpouya.ir

Pasang Iklan di Indoblognet.com
  • Bagikan