Gaya Hidup

Ini Untung Ruginya Mencuci di Laundry Kiloan

Di era serba instant sekarang ini, semua orang berlomba-lomba ingin melakukan segala sesuatunya dengan cepat tanpa melalui proses yang ribet. Sama halnya dengan mencuci pakaian. Dulu, orangtua gue, kalau mencuci pakaian anak-anaknya pasti nyuci sendiri. Kebayang berapa banyak pakaian kotor yang harus dicucinya. Kalau istilah sekarang “berapa kilo” tuh baju yang dicuci.

Berbeda dengan orangtua jaman sekarang, mereka lebih memilih menyucikan pakaian anak-anak mereka ke laundry kiloan. Alasannya sederhana, tidak punya waktu mencuci karena sibuk bekerja. Atau juga karena mau ribet. BAhkan, meski sudah memiliki mesin cuci sekalipun di rumah, banyak dari mereka lebih memilih mencucikan ke laundry kiloan dengan segudang alasan. Kalau nyuci di rumah harus ikutan repot juga serta mengeluarkan biaya untuk beli deterjen, pewangi, pelican pakaian serta harus keluar tenaga juga menyeterikanya. “Biaya beli deterjen, pewangi dan sebagainya mending dibuat untuk nyuci di laundry kiloan. Kita tingga terima bersih,” ucap salah seorang teman gue yang menjadi pelanggan setia laundry kiloan.

Sebenarnya mau menyuci sendiri atau nyuci di laundry kiloan itu hak asasi mereka. Namun, sebagai gambaran, disini gue pengen ngasih gambaran tentang untung rugi nyuci di laundry kiloan. Siapa tahu bermanfaatn. Simak ya..

KEUNTUNGANNYA

  1. Hemat Tenaga

Mungkin salah satu hal yang terpenting ketika Anda mencucikan pakaian kotor Anda ke laundry kiloan adalah Hemat tenaga. Anda tidak perlu repot-repot menyediakan waktu untuk mencuci pakaian kotor Anda. Apalagi setelah seharian Anda sibuk bekerja di kantor, pulang ker umah harus mencuci lagi.

  1. Hemat Air

Anda juga bisa menghemat air. Karena mencuci memang membutuhkan air yang cukup banyak.

  1. Hemat Listrik

Nyuci di rumah pakai mesin cuci tergolong paling banyak menyedot arus listrik lho. Oleh karena itu, menyuci di laundry kiloan bisa menjadi salah satu solusi menghemat listrik di rumah.

  1. Hemat Deterjen/Pengharum

Anda juga tidak perlu repot-repot membeli deterjen dan pengharum pakaian agar pakaian yang Anda cuci jadi harum. Karena di laundry kiloan semua sudah disediakan.

  1. Terima Bersih

Dalam waktu dua atau tiga hari, baju kotor Anda yang diserahkan ke laundry kiloan sudah bisa dibawa pulang. Anda pun tinggal terima bersih.

  1. Murah

Namanya juga laundry kiloan, sekali nyuci yang masuk ke mesin cuci berkilo-kilo pakaian, jadi biayanya pun cukup murah dibandingkan laundry yang lebih esklusif karena dicuci dengan mesiin khusus. Nyucinya juga satu persatu. Wajar jika biayanya jauh lebih mahal jika dibandingkan laundry kiloan.

KERUGIAN

  1. Baju Tidak bersih

Baju yang sudah dicuci biasanya masih terlihat noda-noda yang menempel. Jangan harap baju Anda akan bersih 100 persen jika dicuci di laundry kiloan. Bahkan, ketika ada custumer yang complain, pemilik laundry kiloan hanya menjawab dengan santai,”Namanya juga nyuci di laundry kiloan.” 

  1. Sering Tertukar

Selain kurang bersih, pakaian yang Anda titipkan pun sering tertuka dengan pakaian pelanggan lain. Kejadian ini sering terjadi dan konpensasi yang diberikan juga tidak setimpal dengan barang yang tertukar.

  1. Sering Hilang

Jika tertukar masih bisa dikembalikan, namun, pakaian Anda pun juga akan sering hilang. Jika ditanya, pemilik hanya bilang, mereka tidak mengenal satu persatu pakaian yang di titip cuci. Tanggung jawab si pemilik Laundry kiloan juga tidak bisa mengganti 100 persen pakaian And ayang hilang.

  1. Diragukan Kehigienisan

Jika Anda juga menyerahkan pakaian dalam (underwear)untuk dicucikan, apakah Anda yakin kehigenisan pakaian dalam Anda? Ingat, pakaian dalam adalah benda yang sangat sensitif. Jika dicuci berbarengan deegan pakaian dalam orang lain, bisa jadi, bakteri yang menempel di pakaian orang lain akan menempel dan menular ke pakaian Anda. Tentu And atidak ingn tertular penyakit bukan?

  1. Bau lembab

Jika musim hujan tiba, baju yang Anda cuci di laundry kiloan hasilnya akan kurang memuaskan. Bau lembab sering mewarnai pakaian Anda. Bahkan, mereka juga sering memaksa kering agar pakaian Anda cepat kering. Sehingga baju yang masih lembab sering di seterika sampai kering (meski tidak bisa kering seratus persen). Alhasil, baju Anda akan bau lembab yang sangat tidak sedap. Bahkan, ketika Anda memakainya pun akan tercium aroma tidak sedap.

So, mau pilih yang mana? Nyuci di laundry kiloan atau Nyuci sendiri?

Very Barus

Image source: pexels.com

 

Very Barus

Seorang penulis buku, blogger, fotografer dan Videografer. Menyukai dunia traveling dan adventure. Telah menjelajahi beberapa daerah dan negara di Asia. Mendaki beberapa gunung di indonesia Dan sangat menyayangi dan melindungi binatang dan tangan-tangan jahil manusia.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top