Kuliner

Ini Rahasia Es Batu Sebening Kristal

es batu

Pernahkah kamu melihat es batu tetapi esnya tidak jernih, nampak berkabut atau berawan ? Nah, ini sebenarnya indikasi, air untuk membuat es batu itu bukan air matang alias air mentah, atau bisa jadi, tidak matang dengan baik. Keruhnya air pada kristal es, disebabkan banyaknya gas atau oksigen di dalamnya. Umumnya memang, es balokan atau es dalam bungkus plastik kerap berwarna putih susu..saking keruhnya. Kalau kita sering mengkonsumsi air es yang es batunya dari air mentah, siap-siap aja ya tubuh kita bakal terserang berbagai penyakit. Karena, di dalam es yang terbuat dari air mentah terkandang bakteri e-coli. Makanya tak heran, banyak anak kecil suka batuk-batuk, demam, terkena gangguan percernaan, sehabis minum es yang dibelinya sembarangan. Nggak kebayang kan, jika esnya dibuat dari air sungai yang tecemar…

Bukannya saya membedakan, diakui kebanyakan es batu yang disuguhkan di restoran atau kafe-kafe kristalnya jernih, bening, dan rasanya tidak terlalu menusuk kerongkongan. Selain lebih enak, juga tubuh kita tidak beresiko terserang penyakit. Untuk membuat es batu dengan kristal yang bening, ada rahasianya loh. Simak yuk ! barangkali kamu ingin membuatnya di rumah. Bagi bunda, pasti juga merasa lebih aman dan nyaman, anak-anak minum es yang sehat. Malah, bisa jadi inspirasi membuat aneka minuman yang enak dan sehat dengan campuran es batu yang aman dari bakteri.  Ini dia caranya :

  1. Meningkatkan kualitas air dengan penyaringan
    Langkah pertama untuk menghasilkan es batu jernih adalah dengan memastikan kualitas air yang digunakan. Air tersebut harus bersih, sehingga perlu untuk disaring terlebih dahulu sebelum dibekukan.
  1. Merebus air sebanyak dua kali
    Merebus air berguna untuk menghilangkan gelembung udara yang ada pada air serta membuat molekul-molekul air akan saling terikat kuat ketika tengah terjadi proses pembekuan. Anda juga harus memastikan air sudah dingin sebelum memulai proses perebusan yang kedua. Fakta dari es batu yang menarik adalah semakin keras es batu, maka ia pun akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencair.
  1. Tuang air ke dalam wadah dan tutupi
    Setelah proses perebusan yang kedua usai, diamkan dulu air yang baru mendidih supaya dingin. Setelah air benar-benar dingin, barulah tuang ke dalam ice tray. Setelah itu gunakan plastic wrap untuk menutup ice tray. Hal ini dilakukan guna mencegah partikel dari luar masuk.

Kalau tiga langkah ini kamu lakukan, dijamin es kristal es batu bening cerah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Oya, bening atau keruhnya es batu, bisa dijadikan in(Referensi:purewow).

vandraichi

Ibu dari putri cantik bernama Raisya, suka nulis cerpen anak dan ngeblog.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Assalamu'alaikum sahabat Indoblognet 😀
.
Selamat tahun baru Islam, 1 Muharram 1439 H ❤❤❤
.
Semoga di tahun ini kita bisa menjadi manusia yang lebih baik, lebih banyak memperoleh keberkahan, dan kesuksesan, Aamiin Ya Allah Ya Rabbal'alamin
.
#indoblognet #mbcommunication #islamicnewyear #muharram1439 #menjadibaik

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top