Menulis Yuk

Ini Loh Jalannya untuk UKM Naik Kelas

 

Ratih Puspitawati, salah seorang pelaku UKM dalam Diskusi “Strategi Peningkatat Produktivitas KUM Melalui Galeri Indonesia WOW” 1Juni 2017 di Lt2 Gedung Smesco lalu menceritakan bahwa UKM Naik kelas sangat penting.

Sebab salah satu syarat untuk mengikuti pameran luar negeri pelaku UKM harus sudah terseleksi dengan baik dan UKM Naik Kelas disebutnya sudah memiliki klasifikasi itu.

Contoh kasus nyata yang sering terjadi adalah kalau mau pameran ke luar negeri harus punya syarat-syarat tertentu. Kita sebagai UKM tidak punya pilihan lain selain harus mengikuti persyaratan karena ini sudah menjadi regulasi.

Lantas apa sih definisi UKM Naik Kelas?? Cak Samsul Hadi sebagai pengamat UKM menjelaskan bahwa definisi UMKM naik kelas.

UKM Naik Kelas secara sederhana apabila usahanya semakin berkembang, produktivitas bertambah, dan daya saingnya meningkat, sehingga semua usaha mikro punya potensi sama untuk naik kelas ke kategori yang lebih tinggi. Usaha mikro bisa naik kelas menjadi usaha kecil, usaha kecil bisa menjadi usaha menengah, usaha menengah bisa naik menjadi usaha besar.

Beberapa indikator UMKM naik kelas diantaranya
• Usahanya menjadi formal,
• Ttotal penjualan dan aset meningkat.
• Jumlah pelanggan yang dilayani bertambah
• Pajak yang dibayarkannya
• Jumlah karyawan meningkat,
• Kualitas SDM bertambah.
• Sistem administrasi dan keuangan meningkat.
• Barang yang diproduksi meningkat
• Dana yang diakses dari perbankan juga meningkat

GALERI INDONESIA WOW (GIW) sebagai rebranding dari UKM Gallery merupakan tempat proses inkubasi pemasaran bagi pelaku KUKM. Nah Galeri Indonesia Wow Bisa menjadi wadah atau tempat bagi UKM untuk berproses menjadi UKM Naik Kelas.

Pasalnya memang fokus utama GIW ini adalah membantu KUKM meningkatkan kualitas produksinya, memperluas pasarnya, meningkatkan bisnisnya serta memberikan nilai tambah bagi produk-produknya.

GIW membantu KUKM meningkatkan kualitas produksinya, memperluas pasarnya, meningkatkan bisnisnya serta memberikan nilai tambah bagi produk-produknya.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM Ahmad Zabadi yang juga hadir dalam diskusi ini sebagai pengelola Galeri Indonesia Wow di Gedung Smesco Indonesia menyatakan mendukung program UKM Naik Kelas.

Syaratnya UKM harus mengembangkan kualitas produk lebih baik terutama dalam hal mengembangkan desain, branding, marketing, dan pengemasan, sehingga mereka bisa bersaing baik di pasar dalam dan luar negeri.

Galery Indonesia WOW akan terus memperbaiki kualitas pelayanan sebagai bentuk dukungan dalam hal promosi dan pemasaran produk UKM untuk pasar dalam dan luar negeri membuat sertifikasi bagi UKM yang telah mengikuti program pelatihan bidang tertentu.

Dengan memiliki sertifikat khusus peserta pelatihan bisa dengan mudah mengikuti program-program Smesco Indonesia di antaranya mendapatkan fasilitas untuk ikut serta dalam berbagai ajang pameran program UKM di luar negeri.

Kini jumlah pelaku usaha industri UMKM Indonesia termasuk paling banyak di antara negara lainnya, terutama sejak tahun 2014. Jumlah umkm di Indonesia terus mengalami perkembangan dari tahun 2015, 2016 hingga tahun 2017 jumlah pelaku UMKM di Indonesia akan terus mengalami pertumbuhan. (data UMKM 2015, 2016, 2017).

Begitupun data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pada tahun 2014, terdapat sekitar 57,8 juta pelaku UMKM di Indonesia. Pada tahun 2017 serta beberapa tahun ke depan diperkirakan jumlah pelaku UMKM akan terus bertambah.

Melalui Galeri Indonesia WOW diharapkan mampu mewujudkan sejuta UKM Naik Kelas.

.

Farichatul Jannah

Farichatul Jannah

•Eks Penyiar Radio •Blogger •Video Blogger •VO •Script Writer •Kontributor Video TV •Product Review
Farichatul Jannah

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Sebagian besar konsumen yang merasa kecewa dengan sebuah produk memilih untuk diam (tidak komplen terhadap pemilik produk), dan akhirnya beralih pada produk lain
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #product #business #selling #consumer #customer

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top