kesehatan

Ini Lho 14 Rumah Sakit yang Diinfokan Menkes Menggunakan Vaksin Palsu

Begitu gegernya vaksin palsu, lalu berlanjut terungkapnya pelaku vaksin palsu hingga Menkes mengumumkan vaksin apa saja yang sekiranya dipalsukan seperti yang sudah saya tulis sebelumnya di Indoblognet. Saat ini, kita kembali digegerkan mengenai rumah sakit yang menggunakan vaksin palsu, yaitu sebanyak 14 rumah sakit. Bayangkan, berapa banyak korban anak-anak yang divaksin palsu, berapa kerugian secara materi, jika itu sudah berjalan cukup lama dan bisa saja setiap rumah sakit memiliki banyak pelanggan yang divaksin.

Berikut ini rumah sakit yang diumumkan Menkes diduga menggunakan vaksin palsu:

  1. RS Karya Medika (Tambun)
  2. RS Elisabeth (Narogong Bekasi)
  3. RS Kartika Husada (Jalan MT Haryono Setu Bekasi)
  4. RS Sayang Bunda (Pondok Ungu Bekasi)
  5. RS Multazam ( Bekasi)
  6. RS Harapan Bunda (Kramat Jati, Jakarta Timur)
  7. RRS Permata (Bekasi)
  8. RSIA Gizar (Villa Mutiara Cikarang)
  9. RS Dr.Sander (Cikarang)
  10. RS Hosana (Jalan Pramuka bekasi)
  11. RS Bhakti Husada (Terminal Cikarang)
  12. RS Hosana (Lippo Cikarang)
  13. RS Sentral Medika (Jalan Industri Pasir Gombong)
  14. RS Puspa Husanda

Kalau menurut pengamatan awam saya, rata-rata wilayah rumah sakit yang terduga memakai vaksin palsu itu di sekitar Bekasi-Tambun-Cikarang, apakah ini berarti distributor vaksin palsu memang sengaja mengincar wilayah tersebut? Mengapa ya? Ataukah sebuah  kebetulan saja?

Berbagai pertanyaan masyarakat awam seperti saya begitu banyak dan butuh jawaban. Namun dengan terungkapnya nama-nama rumah sakit yang terduga menggunakan vaksin palsu ini, apakah sudah membuat masyarakat puas dan lega? Setelah sebelumnya memang mereka begitu menunggu-nunggu hal ini terungkap secara gamblang dan jelas.

Saya sempat sharing tanggapan para ibu tentang vaksin palsu, mereka menanggapi dengan berbagai macam opini. Ada yang cemas menebak-nebak, ada yang menyerahkan segalanya kepada Tuhan dan pasrah, ada yang marah tertahan, ada yang kecewa kepada pemerintah karena sampai kecolongan, yang menyebabkan masuknya vaksin palsu ke rumah sakit dan rakyat menjadi korbannya, dsb. Tapi intinya mereka menunggu dan menuntut info rumah sakit mana saja yang menggunakan vaksin palsu.

Alhamdulillah, jajaran pemerintah terutama Menkes dan kepolisian bekerja hingga perlahan terungkap mulai dari pelakunya-jenis vaksin yang dipalsukan sampai rumah sakit mana saja yang menggunakan vaksin palsu. Lalu apakah masyarakat yang menjadi korban kemudian menjadi lega, tenang dan merasa aman?

Ternyata tidak semua, dari cerita seorang Ibu, yang rumah sakit tempat anaknya divaksin, masuk dalam daftar 14 rumah sakit dan diduga menggunakan vaksin palsu, rumah sakit tersebut mengakui menggunakan vaksin palsu sejak 2015 dan hanya satu jenis vaksin. Sementara yang mendapat penggantian vaksin ulang gratis hanya 45 anak berdasarkan data rumah sakit.

Apa yang membuat si Ibu merasa kecewa-tidak percaya?

Seperti berita yang banyak beredar di sosmed dan media cetak vaksin palsu disinyalir ada yang beredar sejak 2008, ada info sejak tahun 2010, dan kok bisa hanya 45 anak yang mendapat penggantian vaksin ulang secara gratis, apakah itu akurat? Apakah itu jujur-data yang sebenarnya? Tidak membohongi masyarakat? Bagaimana kalau semua itu tidak akurat?

Rupanya masyarakat kita masih digelisahkan berbagai pertanyaan-pertanyaan itu dan itu real. Sementara saya hanya bisa bersyukur anak-anak saya tidak termasuk yang diimunisasi di rumah sakit yang disinyalir memakai vaksin palsu, bersyukur tinggal di Jakarta Selatan bukan di wilayah yang dihantui beredarnya vaksin palsu itu. Namun sebagai seorang ibu saya bisa merasakan kegelisahan-kemarahan-kesedihan banyak ibu akan anak-anak mereka, harapan saya semoga kegelisahan ini mendapat tanggapan dan penyelesaian dari jajaran terkait secara adil, Aamiin.

Dan masyarakat  masih menunggu info rumah sakit selanjutnya setelah wilayah ini, karena ada sekitar 8 wilayah -kalau tidak salah- yang disinyalir terdapat vaksin palsu.

Image source: pixabay.com

Editor: Indoblognet

Eni Martini

Ibu 3 anak, penulis novel fiksi, blogger dan owner bliblibuku.com
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Tips for Taking Beautiful FLAT LAY PHOTOGRAPHY ❤
.
Flat lay photos are great for all kinds of subjects – books, planners, art, food, jewelry, etc!
.
The basic idea behind flay lay photography is simply taking a picture from straight up above with no angle at all. But naturally, there is more to it than that. Here’s THE TIPS for getting started, guys!! 😋
.
1⃣ USE NATURAL LIGHT
.
Brightly lit photos are almost always better than dark ones, and the flash on your camera ain’t gonna cut it. Find a window or simply go outside to get those delicious natural rays 😍
.
2⃣ PLAY WITH COLOR
.
Play around with color themes in your flat lay photo. It’s a great rule of thumb to have a general color theme for your whole feed for consistency
.
After all, you want your Instagram followers to be able to recognize your style in a second, don't you? 😁
.
3⃣ USE TEXTURE
.
Try different texture elements to add character to a flat lay photography. Fur, cloth, metal, glass, wood, stone…. there are tons of options! 😜
.
4⃣ UTILIZE PLANTS
.
If you have any small potted plants, they make for great flat lay photography props
.
5⃣ CREATE CONTRAST
.
The contrast can be with any element: colors, sizes, shapes, textures, lighting, etc
.
Mixing delicate props like acorns, crystals, and paperclips with bigger elements like plants, candles, and boxes can add tons of interest to flat lay photography 🙈
.
6⃣ ACHIEVE BALANCE
.
Try not to load lots of big items on only one side of the photo. Create balance by keeping the mass fairly equal throughout a page, okay!
.
7⃣ EDITING
.
Take a little time to edit your flat lay photos, you can really impress your Instagram followers with a polished feed 😎
.
Credit: littlecoffeefox.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top