kesehatan

Ini Lho 14 Rumah Sakit yang Diinfokan Menkes Menggunakan Vaksin Palsu

Begitu gegernya vaksin palsu, lalu berlanjut terungkapnya pelaku vaksin palsu hingga Menkes mengumumkan vaksin apa saja yang sekiranya dipalsukan seperti yang sudah saya tulis sebelumnya di Indoblognet. Saat ini, kita kembali digegerkan mengenai rumah sakit yang menggunakan vaksin palsu, yaitu sebanyak 14 rumah sakit. Bayangkan, berapa banyak korban anak-anak yang divaksin palsu, berapa kerugian secara materi, jika itu sudah berjalan cukup lama dan bisa saja setiap rumah sakit memiliki banyak pelanggan yang divaksin.

Berikut ini rumah sakit yang diumumkan Menkes diduga menggunakan vaksin palsu:

  1. RS Karya Medika (Tambun)
  2. RS Elisabeth (Narogong Bekasi)
  3. RS Kartika Husada (Jalan MT Haryono Setu Bekasi)
  4. RS Sayang Bunda (Pondok Ungu Bekasi)
  5. RS Multazam ( Bekasi)
  6. RS Harapan Bunda (Kramat Jati, Jakarta Timur)
  7. RRS Permata (Bekasi)
  8. RSIA Gizar (Villa Mutiara Cikarang)
  9. RS Dr.Sander (Cikarang)
  10. RS Hosana (Jalan Pramuka bekasi)
  11. RS Bhakti Husada (Terminal Cikarang)
  12. RS Hosana (Lippo Cikarang)
  13. RS Sentral Medika (Jalan Industri Pasir Gombong)
  14. RS Puspa Husanda

Kalau menurut pengamatan awam saya, rata-rata wilayah rumah sakit yang terduga memakai vaksin palsu itu di sekitar Bekasi-Tambun-Cikarang, apakah ini berarti distributor vaksin palsu memang sengaja mengincar wilayah tersebut? Mengapa ya? Ataukah sebuah  kebetulan saja?

Berbagai pertanyaan masyarakat awam seperti saya begitu banyak dan butuh jawaban. Namun dengan terungkapnya nama-nama rumah sakit yang terduga menggunakan vaksin palsu ini, apakah sudah membuat masyarakat puas dan lega? Setelah sebelumnya memang mereka begitu menunggu-nunggu hal ini terungkap secara gamblang dan jelas.

Saya sempat sharing tanggapan para ibu tentang vaksin palsu, mereka menanggapi dengan berbagai macam opini. Ada yang cemas menebak-nebak, ada yang menyerahkan segalanya kepada Tuhan dan pasrah, ada yang marah tertahan, ada yang kecewa kepada pemerintah karena sampai kecolongan, yang menyebabkan masuknya vaksin palsu ke rumah sakit dan rakyat menjadi korbannya, dsb. Tapi intinya mereka menunggu dan menuntut info rumah sakit mana saja yang menggunakan vaksin palsu.

Alhamdulillah, jajaran pemerintah terutama Menkes dan kepolisian bekerja hingga perlahan terungkap mulai dari pelakunya-jenis vaksin yang dipalsukan sampai rumah sakit mana saja yang menggunakan vaksin palsu. Lalu apakah masyarakat yang menjadi korban kemudian menjadi lega, tenang dan merasa aman?

Ternyata tidak semua, dari cerita seorang Ibu, yang rumah sakit tempat anaknya divaksin, masuk dalam daftar 14 rumah sakit dan diduga menggunakan vaksin palsu, rumah sakit tersebut mengakui menggunakan vaksin palsu sejak 2015 dan hanya satu jenis vaksin. Sementara yang mendapat penggantian vaksin ulang gratis hanya 45 anak berdasarkan data rumah sakit.

Apa yang membuat si Ibu merasa kecewa-tidak percaya?

Seperti berita yang banyak beredar di sosmed dan media cetak vaksin palsu disinyalir ada yang beredar sejak 2008, ada info sejak tahun 2010, dan kok bisa hanya 45 anak yang mendapat penggantian vaksin ulang secara gratis, apakah itu akurat? Apakah itu jujur-data yang sebenarnya? Tidak membohongi masyarakat? Bagaimana kalau semua itu tidak akurat?

Rupanya masyarakat kita masih digelisahkan berbagai pertanyaan-pertanyaan itu dan itu real. Sementara saya hanya bisa bersyukur anak-anak saya tidak termasuk yang diimunisasi di rumah sakit yang disinyalir memakai vaksin palsu, bersyukur tinggal di Jakarta Selatan bukan di wilayah yang dihantui beredarnya vaksin palsu itu. Namun sebagai seorang ibu saya bisa merasakan kegelisahan-kemarahan-kesedihan banyak ibu akan anak-anak mereka, harapan saya semoga kegelisahan ini mendapat tanggapan dan penyelesaian dari jajaran terkait secara adil, Aamiin.

Dan masyarakat  masih menunggu info rumah sakit selanjutnya setelah wilayah ini, karena ada sekitar 8 wilayah -kalau tidak salah- yang disinyalir terdapat vaksin palsu.

Image source: pixabay.com

Editor: Indoblognet

Eni Martini

Ibu 3 anak, penulis novel fiksi, blogger dan owner bliblibuku.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Halooo, smart people 🤗 Kamu suka males gak sih kalau bales-balesin komen di sosmed? Jangankan balesin komen negatif, balesin komen positif aja sering kelewat ya 😂 *hihi
.
Emang penting ya balesin komen-komen di sosmed? Penting donggg, apalagi kalau kamu pengen bangun akun yang engagementnya bagus dan bisa bertahan lama eksistensinya 😍
.
Para fans/followers adalah orang-orang yang ikut menentukan kesuksesan akunmu, lho. So guys, mulai sekarang jangan abaikan aset tersebut yesss 😄
.
#indoblognet #mbcommunication #socialmedia #youtuber #selebgram #instagramer #fans #followers #tipssocialmedia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top