Smesco Digipreneur Day

Ini Dia Pemenang Video Promosi Smesco #SmescoDigipreneurday

Alhamdulillah, Smesco Digipreneur Day yang kali kedua diselenggarakan oleh MB Communication berkolaborasi dengan Deboer Kreasi Asia berjalan dengan lancar. Mengambil tema One Shoot for UKM Go World, untuk kesempatan kali ini kami memilih bahasan tentang video coaching dan sharing bisnis bersama UKM binaan Smesco, BDigital dan Pawoon Pos, aplikasi kasir online.

Antusias peserta mengikuti video coaching lumayan banyak sekitar 60 orang sehingga kami harus menyeleksi dan yang benar-benar konfirmasi datang sebanyak 18 orang (per kelompok 2 orang).  Idealnya menurut videografer Bening Kharisma Buwana dan Yosa Tobing yang menjadi coach video Smesco, untuk sebuah coaching memang peserta tidak terlalu banyak ini untuk intensitas penangkapan materi lebih baik.  Itu pun dari proses pembelajaran yang berjalan terasa kurang, sehingga menjadi PR bagi kami untuk mengevaluasi modul dan pelaksanaan di lapangan.

Modul video coaching yang kami selenggarakan ini sifatnya masih basic untuk beginers, pemula. Perangkat edit video kami gunakan  window movie player dengan asumsi setiap peserta bisa mengakses program tersebut dan familiar (mohon maaf jika ada peserta yang pake Mac, kurang diakomodir).  Perangkat yang digunakan pun kami buat sesederhana mungkin, tetapi hasilnya diharapkan dapat seperti profesional (like a pro). Ya, karena pengajarnya memang profesional sekaligus praktisi di bidangnya. Boleh jadi diantara peserta ada yang sudah mengetahui atau setidaknya menguasai tehnik dasar membuat video dengan menggunakan smartphone, tablet dan sebagainya.

video coaching

 

video coaching

Bening dan Yosa menunjukkan hasil karya mereka membuat video promosi

Tetapi, yang berbeda dari coaching  adalah sharing pengalaman ketika memroses video, kreatif mengambil angle, memainkan komposisi, menyusun skenario pengambilan gambar, atau cerita dibalik layar sebuah program TV.  Ya, baik Bening dan Yosa sangat menekankan pada kekuatan content dalam sebuah video. Maka itu, perencanaan sebelum ke lapangan sangat penting. Membuat storyboard adalah bekal utama. Umumnya kegagalan dalam pembuatan video adalah ketika si pembuat tidak merencanakan dengan matang. Minimal sekali, mereka harus bisa menuliskan apa yang akan dishoot atau dijadikan sebuah cerita. Mengambil gambar sudah merupakan effort tersendiri, apalagi sampai pada tahap editing. Jika pembuat video missed di perencanaan dan tidak mengetahui tujuan serta audiensnya, bisa dipastikan video sulit memperoleh hasil yang bagus, tepat sasaran atau pesannya sampai sesuai harapan

Proses pengambilan gambar dan editing merupakan dua proses tersendiri yang notabene dalam sebuah industri media televisi atau PH ada orang khusus yang melakukannya. Applaus yang tinggi, secara pribadi saya berikan kepada netizen dan vlogger yang bisa melakukan dua fungsi tersebut sekaligus. Kecanggihan teknologi komunikasi memang menjadi solusi pembuatan video menjadi lebih mudah.  Kalau sudah begitu, kita hanya butuh berlatih, berani bekreaasi, dan sebanyak-banyaknya sharing pengalaman.

video coaching

Saat pengambilan gambar untuk interview dengan Direktur Utama LLP KUKM, Ahmad Zabadi

Smesco Digipreneur Day session video coaching merupakan salah satu wahana  bagi para netizen, vlogger, blogger berkreasi, sekaligus untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap karya kreatif anak bangsa di Galeri Indonesia Wow-Smesco Indonesia serta  mengenal lebih dalam peranan lembaga layanan promosi KUKM-Smesco untuk memajukan UKM di tanah air. Channel video dinilai lebih efektif untuk awareness dan kampanye promosi. Apalagi disebarkan melalui media sosial youtube.

Total 10 kelompok, kami menerima 8 video yang sudah diposting di youtube dan diviralkan ke media sosial. Dari hasil tersebut, kami memilih 2 terbaik yang akan mendapatkan apreasiasi berupa uang tunai senilai @1,5 juta untuk 2 grup terbaik, dengan  pertimbangan :

  1. Komposisi pengambilan gambar yang baik
  2. Narasi pesannya sampai (bisa bahasa gambar atau narasi), informatif
  3. Kualitas gambar yang baik
  4. Viewer yang banyak (nilai tambah).

Dua terbaik #SmescoDigipreneurDay tema lebaran ceria di Smesco adalah

Terbaik 1

Grup : Dudi Iskandar dan Renaldi Wicaksono

Terbaik 2

Grup : Agil Hermawan dan Jun Joe Winanto

 

Selamat kepada para pemenang ya…Semoga makin kreatif berkarya dan menularkan energi positif untuk memajukan UKM Indonesia. Kalau bukan kita-netizen yang peduli, siapa lagi..

Untuk para pemenang ditunggu konfirmasinya dengan mengirimkan nomer rekening ke email : [email protected], subyek : pemenang video coaching. Kami akan mentransfer selambat-lambatnya 14 hari setelah pengumuman ini atau data terkumpul.

Terima kasih kepada seluruh partisipan yang telah berkontribusi dalam coaching ini. Kami sebagai penyelanggara mohon maaf pabila banyak kekurangan dan tidak bisa memuaskan setiap kebutuhan peserta. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi. Sampai bertemu di event Indoblognet selanjutnya ya.

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication & Indoblognet.com.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Seorang pebisnis harus pandai menganalisa pesaing mereka, khususnya yang berada pada niche yang sama. Belajarlah dari kesuksesan termasuk dari kegagalan mereka
.
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #analisamarketing #competitor #business #tipsbisnis #trendingpost

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top