Lingkungan

Ini Dia Alasan Mengapa Eco Driving itu Penting

Pernah terjebak kemacetan panjang dan mulai sebal dengan asap knalpot kendaraan? Bagi yang mengendarai mobil pribadi, ber AC mungkin tidak terlalu merasakan sesaknya napas karena menghirup polusi. Tetapi para pengendara motor dan angkutan kota dengan pintu dan jendela terbuka bisa merasa sesak napas seketika oleh polusi udara. Saya pernah merasakan ketika dalam perjalanan menuju Surabaya untuk blogger dan media gathering.

Sempat terpikir kira-kira sampai berapa lama lagi bumi bertahan menanggung beban. Kira-kira adakah cara berkendara yang ramah lingkungan? Keingintahuan saya terjawab ketika duduk manis mendengarkan pemaparan tentang Eco Driving. Gathering ini berlangsung bulan November di sebauh kafe yang nyaman di tengah kota Surabaya. Tetapi tak ada istilah “kadaluwarsa” bagi issue tentang pentingnya bijak berkendara.

Apa Sih Eco Driving Itu?
Sesuai susunan katanya yang terdiri dari “Eco” dan “Driving” Eco merujuk pada aktivitas yang bersifat ekonomis alias menghemat, driving adalah berekndara. Jadi Eco Driving dapat diartikan sebagai cara berkendara yang mengutamakan keselamatan (safety driving) serta menghemat bahan bakar.

Seperti Apa Cara Berkendara yang Aman dan Menghemat Bahan Bakar?
Skill mengemudi yang efisien adalah kombinasi dari mengemudi cara cerdas, menjaga keselamatan dan menghemat bahan bakar. Penerapan skill mengemudi tersebut memerlukan persiapan sebelum berkendara dan pembekalan Eco Driving skill.

Persiapan Sebelum Berkendara meliputi:
a. Menggunakan bahan bakar sesuai oktan
b. Memeriksa tekanan angin ban secara visual sebelum berkendara
c. Menghindari penggunaan muatan berlebihan
d. Melakukan service mobil secara berkala

Eco Driving Skill meliputi
a. Biasakan menekan pedal gas secara perlahan. Hindari start dengan akselerasi tinggi. Akselerasi mendadak mengakibatkan konsumsi BBM berlebihan
b. Hindari membebani mesin dengan putaran berlebihan
Sebaiknya pindah gigi di 2000 RPM agar membantu pemakaian bahan bakar secara optimal. Pak Hendi berkata bahwa teknik ini diperolehnya dari sopir taxi sebab menjaga gigi di 2000 RPM terbukti menghemat BBM.
c. Menjaga jarak aman terhadap mobil di depan
d. Menginjak pedal gas secara halus di jalur macet stop n go
e. Hindari meletakkan kaki pada posisi setengah kopling
f. Hindari pengereman tidak perlu. Manfaatkan engine break
g. Pertahankan kecepatan wajar di jalan tol
h. Hindari menyalakan mesin dalam kondisi idling terlalu lama
i. Aktifkan AC pada temperatur ideal atau suhu pertengahan. Hindari menyalakan AC pada suhu maksimal
j. Tutup jendela pada kecepatan tinggi
k. Hindari bertindak agresif saat mengemudi

Mengapa Sih Penting Menerapkan Eco Driving?
Eco driving penting sekali diterapkan mengingat:
a. Terbatasnya sumber bahan bakar fosil
Nah daripada ribut-ribut karena harga BBM yang terus naik mengapa kita tidak memulai menerapkan cara berkendara yang bijak untuk menghemat BBM yang artinya menghemat pengeluaran.
b. Eco driving berperan dalam safety driving dan mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya
Berkendara cara bijak otomatis memperhatikan safety driving, karena meliputi persiapan sebelum berkendara
c. Eco driving berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan
Hemat BBM artinya mengurangi polusi juga. Apalagi jika mengendarai kendaraan yang dilengkapi katalis converter

Bagaimana Cara Mengemudi Bijak, Hemat BBM?
Empat langkah berikut ini bisa digunakan untuk menghemat pemakaian BBM yaitu:
1. Rekayasa Teknologi
Contohnya adalah pemanfaatan mesin untuk meningkatkan efisiensi BBM, mereduksi Karbondioksida dan kendaraan otonom.
2. Memperbaiki infrastruktur
Mengurai kemacetan dengan meningkatkan efisiensi kendaraan umum dan membangun jalan alternatif adalah salah satu langkah mengurangi konsumsi BBM. Pada saat kondisi jalanan macet konsumsi BBM cenderung meningkat.
3. Penggunaan bahan bakar alternatif
Beberapa pabrikan telah melakukan terobosan dengan memproduksi mobil listrik yang cukup diminati masyarakat.
4. Menjaga kesantunan perilaku pengemudi
β€œTahukah anda hemat bahan bakar yang dipengaruhi oleh emosi dan perilaku pengemudi?” Sopir yang tidak sabaran, menekan pedal gas dengan tekanan penuh tanpa disadari menyebabkan konsumsi BBM sekian persen lebih besar daripada sopir yang santai dan menekan gas perlahan.

Ah saya masih ingat janji kampanye pak Jokowi di Pilpres tempo hari untuk mengupayakan bahan bakar ramah lingkungan jika beliau terpilih sebagai presiden. Masih kutunggu terwujudnya janji itu. Yuk sambil menunggu pemerintah merealisasikan janji kita mulai menghemat BBM dari diri sendiri.

 

 

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet πŸ˜‰ Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen πŸ˜„
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top