Gaya Hidup

Ini Dia 6 Makanan Pembangkit Energi

Bekerja memang memerlukan energi. Butuh asupan pangan yang bergizi agar Anda tetap bisa bekerja baik selama seharian. Akan tetapi, ada kalanya kelelahan melanda di tengah jam-jam kerja. Padahal di saat yang sama Anda tengah dikejar tenggat waktu untuk segera menyelesaikan pekerjaan. Duh, jadi pusing kepala! Disatu sisi harus fokus pada pekerjaan, disisi lainnya mood sudah hilang. Kalau ini tak segera ditanggulangi alamat pekerjaan akan terbengkalai.

Eits, tak perlu khawatir! Agar energi Anda bangkit kembali cukup nikmati enam jenis makanan pembangkit energi. Apa sajakah itu? Nah, simak penjelasannya berikut ini:

1. Pisang
bananas-1119790_640
Sebuah pisang bisa membantu mengembalikan energi tubuh Anda tanpa perlu takut bertambah gemuk atau merusak diet Anda. Kalorinya rendah, begitupun kadar lemaknya. Sementara kadar serat pangannya (dietary fiber) berfungsi memperlancar pencernaan sekaligus membantu Anda tetap kenyang dalam waktu lama. Bagi Anda yang mengalami menstruasi, pisang bermanfaat menaikkan mood sekaligus menurunkan gejala PMS seperti perut kram dan sakit kepala yang acap terjadi di awal-awal menstruasi.

2. Semangka

Kelelahan biasanya disebabkan oleh turunnya kadar gula dalam darah. Konsumsi semangka adalah salah satu cara untuk mengembalikannya dan mendongkrak energi Anda kembali ke level semula. Kandungan serat dan air dalam semangka juga membantu memperbaiki pencernaan Anda sehingga terhindar dari konstipasi atau sembelit. Jadi saat Anda mulai merasa lelah ambil saja sepotong semangka dan biarkan buah yang masih sekerabat dengan melon ini menaikkan kembali energi Anda.

3. Wortel
carrots-673184_640
Wortel merupakan sayuran yang kaya vitamin yang mampu meningkatkan kembali kadar gula darah dalam tubuh. Menikmatinya mampu menaikkan kembali energi yang berkurang sekaligus menjaga imunitas tubuh dari serangan bakteri patogen dan menjaga kesehatan mata. Kandungan antioksidan dalam wortel mencegah resiko terkena kanker. Sementara vitamin K-nya berperanan penting dalam absorpsi kalsium yang penting untuk kesehatan tulang Anda.

4. Kentang
potatoes-448610_640
Kentang merupakan sayuran yang mengandung karbohidrat. Konsumsi kentang bisa meningkatkan kembali energi Anda tanpa perlu khawatir menaikkan bobot tubuh Anda. Kandungan karbohidrat kompleks yang dimiliki kentang memiliki Indeks Glikemik pangan yang tinggi, sehingga tidak mudah dipecah oleh tubuh. Menikmati kentang berikut kulitnya justru baik karena bagian ini kaya akan potasium yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah Anda tetap normal. Keuntungan lainnya adalah kandungan serat dalam kentang akan mengembangkan volume feses Anda sehingga memperlancar proses buang air besar.

5. Sereal
cereal-1262202_640
Sereal merupakan sumber pangan tinggi kalori dan serat pangan (dietary fiber). Kalori yang tinggi membuat tubuh merasa penuh lebih lama. Begitupun dengan kadar serat pangan yang tinggi. Dalam tubuh pangan yang memiliki kadar serat tinggi akan lebih lama dicerna, sehingga Anda memiliki energi cukup selama bekerja. Manfaat lainnya, menikmati sereal mampu mencegah penyerapan lemak makanan oleh usus sekaligus memperlancar proses pencernaan.

6. Air putih
water-freeze-1263493_640
Minum air putih penting agar Anda tidak dehidrasi saat bekerja. Biasanya tubuh akan mengirim sinyal jika kehilangai sebagian kadar airnya. Tetapi, kesibukan kerja membuat Anda lalai untuk mengkonsumsinya. Efeknya tubuh akan mudah lelah dan segala aktifitas jadi lebih sulit dilakukan secara fisik atau mental. Konsentrasi berkurang, begitu pun mood Anda. Untuk mengatasinya segera ambil air dan minumlah secukupnya hingga haus Anda hilang.

Bagaimana? Tak sulit ‘kan cara menanggulanginya? Oh ya, agar Anda tidak kerepotan mencari atau membeli terlebih dulu, ada baiknya mempersiapkan salah satu dari keenam makanan tersebut di dalam tas. Selain praktis, ini juga memudahkan Anda untuk mengambilnya. Jadi begitu sinyal-sinyal kelelahan mulai melanda, tinggal hap! Energi yang turun akan meningkat.

 

 

Image source: pixabay.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • #Repost @miramiut (@get_repost)
・・・
Ini apa hayooo???? Bagaimana ya cara menanamnya ??? Kangkung enaknya dimasak apa aja yahhh??? Oia akan ada Rumah Cantik di Bandung yang akan kasih banyak tips dan pelatihan menarik menyoal kecantikan,  olahragga,  memasak dan juga parenting.

Di Bandung ya segera tunggu Babam.

Ekh tunggu Mamih.

Ditunggu untuk informasi mengenai event di @rumahcantiklbc 
Selalu update informasi melalui @indoblognet 😊  #indoblognet #mbcommunication
#RumahcantikKlink 
#RumahcantikBLC #klinksolusihidupmu
#MommyBlogger #MamihBabam #RanselBabam #Bloggerlife #Bloggerlifestyle #Bloogeractivities #bloggerindonesia #Happyblogging #bloggers #Selfie  #Happylife #womenlife #womeninframe #clozetteid #instalife #instaframe #instaphoto #likeforlike #followtofollow

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top