Indo Blog Net

Lingkungan

Indahnya Sakura Saat Bermekaran, Bikin Ingin Melihat Secara Langsung

indahnya bunga sakura

Jepang memang punya pesona tersendiri. Mulai dari budaya, kuliner dan kearifan lokalnya. Dan salah satu yang aku kagumi adalah bunga sakura. Entah mengapa melihat gambar bunga sakura yang bermekaran begitu indah. Apalagi lihat di TV, begitu indah sekali bunga-bunga yang menempel di batang pohonnya.

Boro-boro orang kita, orang Jepang pun sangat suka dengan bunga sakura ini. Momen saat sakura berbunga mereka sering berada di taman untuk menikmati mekarnya sakura.

Tentang Bunga Sakura

Waktu ke kebun raya Cibodas ada salah satu taman yang dikenal dengan taman bunga sakura. Tapi sayangnya saat ke sana, saat dimana bunga sakura belum berbunga. Jadi hanya melihat tanaman saja. Sungguh sayang bukan? Makanya gak salah kalau bunga sakura ini menjadi ikonnya Jepang, selain gunung Fuji.

Sakura itu dari kata saku yang artinya bermekaran, dan sesuai dengan tata bahasa Jepang diakhiri dengan kata ra sebagai bentuk jamak. Jadinya sakura.

Kalau di Indonesia bunga anggrek yang menjadi bunga nasional, kalau di Jepang ya sakura ini. Kalau orang Barat menyebutnya sebagai cherry blossoom. Tentunya di negara yang punya 4 musim makanya akan berbunga saat musim semi.

Itu sekitar bulan Maret sampai dengan April. Dan bunga sakura ini juga merupakan simbol bagi orang Jepang. Simbol yang amat penting. Sakura merupakan simbol perempuan, kehidupan atau kematian.

Momen berkembangannya sakura sangat ditunggu-tunggu masarakat Jepang. Walau bunganya hanya bertahan satu sampai dua minggu dan langsung berguguran.

Filosofi Bunga Sakura

Filosofi bunga sakura yang dipercaya masarakat Jepang seperti

Simbol kehiduapn yang fana

Bunga sakura yang hanya bertahan sampai satu atau dua minggu ini melambangkan kalau hidup manusia hanya sementara saja. Ini termasuk ajaran Budha mono no aware yang memiliki arti kesadaran dan kefanaan. Dan melihat bunga sakura yang bermekaran menjadi tradisi bagi orang Jepang.

Biasanya mereka berkumpul di bawah pohon sakura dan menyantap hidangan

Simbol kelahiran kembali

Mempunayi makna sebagai pembaharuan. Legenda yang mengatakan kalau bunga sakura itu adalah sebagai dewa gunung. Dulu orang sering berdoa di gunung dan mengambil bibit sakura untuk ditanam di tanah milik mereka. Dan awal bunga sakura berbunga itu di sana sebagai awal masuk sekolah , agar anak-anak lebih bersemangat.

Baca juga: Mengulas Indah dan harumnya Bunga Kacapiring

Nah, banyak yang istimeawa dari bunga sakura, karena penikmatnya bukan saja orang Jepang juga orang-orang dari mancanegara. Tadi disebutkan sebagai simbol harapan baru, sehingga saat memandang bunga sakura menjadi pecut buat yang melihat untuk punya satu harapan baru. Juga pohon sakura ini bisa jadi ajang piknik.

Banyak yang kumpul di bawah pohon untuk makan bersama. Banyak taman-taman di Jepang yang tumbuh pohon sakura. Saat memandangnya saat bermekaran ini akan memberi kesejukan di hati dan rasa nyaman.

Pohon sakura ini memiliki hampir 200 varietas. Banyak ya. Dan banyak bunga sakura yang menjadi  hiasan di resto atau kafe atau mall. Bahkan ada kuliner yang memakai bunga sakura sebagai bahan atau sebagai hiasanya, seperti es krim sakura.

Baca juga: Si Cantik Bungur Peneduh Jalan, Bagus untuk di Halaman Rumah Nih!

Bunga sakura ini memilik bahasa latinnya adalah Prunus serrulatal. Masih sejenis dengan pohon persik, apricot dan pohon prem.Adapun jenis sakura yang sering ditemui adalah jenis Prunus yedoenessis. Biasanya ini memiliki bunga berwarna merah muda dan putih.

Ada Prunus yamazakura dengan bunga warna putih dan perpaduan ungu kemerahan. Dan terakhir Prunus shidarezakura dengan bunganya berwarna merah. Begitulah sakura dengan segala keunikannya. Tetap saja ingin melihat langsung bunga sakura bermekaran. Mungkin suatu waktu akan bisa terwujud harapanku.

Sumber gambar: kaltim.tribunnews.com

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top