Branding

Ikhwan Azmi, Blogger Terngehits Indoblognet: Menulis 10 Artikel Sehari dalam 1000 Kata

ikhwan azmi, penulis seo

Ufftt…saya sempat tertegun dengan pengakuan Ikhwan Azmi ketika Indoblognet menanyakan tentang aktivitasnya sebagai content writer. Menulis 10 artikel dalam sehari dengan masing-masing 1000 kata. Hhehe…sebagai content writer plus emak2 dengan seabrek kesibukan, saya langsung geleng-geleng kepala, dan angkat bendera putih: menyerah!

Menulis bagi saya suatu ritual tersendiri, yang kadang waktunya tak bisa ditentukan. Kecuali, sudah mepet DL, langsung tancap gas poll. Tetapi bagi mahasiswa semester 3 jurusan teknik mesin, Universitas Negeri Malang ini, menulis sudah merupakan makanan pokoknya. Ya, doi sudah malang melintang di dunia blog sejak kelas 3 SMP. Sedangkan saya, menulis karena “pekerjaan” dan memang terlanjur basah mengambil jurusan jurnalistik.

Jujur, salut saya dengan anak muda ini. Waktunya strict banget. Siang sibuk dengan urusan kampus, malam hingga dini hari, ia harus berkutat dengan setumpuk pekerjaan menulis. Plus, masih sempat menulis banyak artikel di Indoblognet yang notabene situs netizen “free”.

Agak ngeri mengganggu waktunya. Pernah, saya “ganggu” dia lewat inbox untuk suatu job, begitu selesai diskusi, langsung Ikhwan, menutup diskusinya dan ijin melanjutkan pekerjaannya menulis beberapa artikel klien. Bahkan saat kami mengajukan sejumlah pertanyaan untuk postingan ini, hehehe slow respond. Baru beberapa hari di-noticed.

Rupanya sejak setahun terakhir ini, ia membuka jasa layanan menulis SEO untuk sejumlah situs. Dikejar DL tiap hari. Harga jasa menulisnya cukup terjangkau. Soal kualitas, sobat bisa cek sendiri salah satunya di tulisan-tulisannya di Indoblognet.

Tahu Indoblognet dari Facebook

Ikhwan mengetahui Indoblognet dari Facebook temannya yang bukan kebetulan men-share postingan di Indoblognet awal-awal Februari. Saya ingat sekali, ia langsung meng-add pertemanan dan menanyakan ketentuan menulis di Indoblognet. Saya katakan, menulis di Indoblognet itu free, tidak ada honor penulisan. Tetapi, Insya Allah jika ada proyek menulis dan sejenisnya akan diprioritaskan untuk penulis yang aktif.

Nggak nyangka, Ikhwan sangat aktif meski di awal-awal postingannya tidak ditayangkan, lantaran belum memenuhi kualifikasi pemuatan di Indoblognet, khususnya pada jumlah kata yang kami terapkan, minimal 500 kata.  Ia pantang menyerah, memperbaiki dan terus menulis.

Dan, di bulan ini, dengan penuh apresiasi kami sematkan padanya “Blogger Terngehitz” Indoblognet dengan jumlah postingan tertinggi. Total tulisan yang terkumpul hingga saat ini sebanyak 28 tulisan. Langsung bertengger pada peringkat 3 tulisan terbanyak Indoblognet.

Ia menulis tentang berbagai hal  bisnis, motivasi, inspirasi, blogging, wisata dan kesehatan. Terima kasih ya Ikhwan Azmi, semoga aktivitas menulismu terus menjadi keberkahan. Tuhan selalu cerahkan pikirmu dan sehatkan tubuhmu ya.

Menulis ber-SEO

Ikhwan menyadari skill menulisnya harus selalu ditingkatkan. Tak hanya pandai merangkai kata, sekaligus juga bagaimana supaya banyak orang yang membaca tulisan kita di dunia maya. Makanya, menguasai kemampuan Search Engine Optimation (SEO), menjadi penting. Itulah alasan kuat, Ikhwan menjual jasa content SEO. Apalagi untuk bisnis online, pebisnis UKM tak punya waktu lagi untuk menulis. Di sini peluangnya, jasa content SEO menjadi solusinya.

Rencananya, pemerintah memberikan 1 juta doman gratis untuk UKM. Tantangan bagi kita yang memiliki kemampuan menulis, paham SEO, aktif di media sosial untuk mendukung realisasi program 1 juta domain ini.

Soal SEO, Ikhwan berbagi tips nih tentang jumlah kata. Ada yang bilang Google suka dengan artikel 900-1000 kata, tetapi tidak sedikit ditemui artikel-artikel ber-SEO cenderung singkat dan padat, rata-rata 300 kata. Ini katanya :

“Kalau menurut saya,  jumlah kata yang banyak tidak akan berguna kalau tidak ada backlink. Karena kedua hal ini adalah rumus dasar yang digunakan oleh mesin pencari google dalam menampilkan pencarian. Artikel dengan jumlah kata 300 juga bisa mengalahkan artikel yang jumlahnya 1000 jika memiliki backlink yang lebih dibandingkan dengan artikel 1000 kata. Selain itu yang tidak kalah penting adalah rajin update postingan. Minimal satu postingan setiap hari. Lebih baik update setiap hari dari pada update 5 artikel seminggu sekali.”

Oh noted banget nih. Ikhwan juga mengingatkan agar Indoblognet melakukan promosi di FB Ads. Yap..kalau soal FB Ads akan kami laksanakan segera. Terima kasih banyak ya Ikhwan. Semoga selalu diberkahi.

Bagi teman-teman yang lain, yuk berbagi informasi dan inspirasi di Indoblognet ! Semoga kita bisa berkolaborasi !

 

 

 

 

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication & Indoblognet.com.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kabar bahagia nih khususnya bagi warga Tangerang Selatan dan sekitarnya. Sekarang ga susah lagi mencari kebutuhan oleh-oleh haji dan perlengkapan muslim, @bursa.sajadah sudah ada di BSD loh. Tepatnya di Ruko Tol Boulevard C No. 11-12. Jalan Pelayangan BSD, Tangerang Selatan.

Alhamdulillah Bursa Sajadah sejak didirikan tahun 1998, terus berekspansi. Bursa Sajadah di BSD ini merupakan cabang ke-9, setelah di  Bandung, Bekasi, Bogor, Jakarta, Malang, Solo dan Surabaya.

Tuk yang mau belanja2 kebutuhan lebaran atau ingin memberikan sesuatu yang spesial tuk orang2 tersayang, selagi masih grand opening di BSD, siapa tahu dapat harga yang spesial :) Tuk rekan2 blogger terpilih di wilayah Tangsel, kita nanti bersilaturahmi ya di Grand Opening Bursa Sajadah BSD, Kamis, 1 Juni 2017.  #BursaSajadah #bursasajadahBSD #skvgroup #Tangerangselatan

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top