Indo Blog Net

Bisnis

8 Ikan Hias Terpopuler yang Paling Menguntungkan untuk Dijadikan Bisnis

ide bisnis ikan hias discus

Tak dipungkiri jika di masa pandemi virus Corona ini banyak orang mengalami penurunan pendapatan dan ada juga yang kehilangan sumber mata pencahariannya. Namun Anda jangan putus asa, selalu ada jalan rezeki bagi mereka yang mau berusaha dan sungguh-sungguh berniat memperoleh nafkah yang halal. 

Salah satu peluang bisnis yang bagus untuk Anda coba adalah bisnis ikan hias. Bisnis ikan hias ini termasuk usaha yang tidak terlalu sulit dan menguntungkan. Anda juga tak perlu mengeluarkan modal besar untuk memulainya.

Bisnis ikan hias ini termasuk jenis bisnis bukan musiman yang selalu ada peminatnya dari waktu ke waktu. 

Seberapa Menguntungkan Peluang Bisnis Ikan Hias?

Banyak orang menggemari ikan hias, bahkan tak sedikit pula yang rela mengeluarkan uang jutaan rupiah demi memperoleh ikan hias yang cantik-cantik ini. Bisnis ikan memiliki peluang besar untuk sukses meraup banyak keuntungan.

Sebab dari tahun ke tahun peminat ikan hias ini selalu meningkat. 

Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya komunitas pecinta ikan hias di berbagai kota. Pecinta ikan hias ini berasal dari semua kalangan, lho. Anak muda hingga orang tua bisa jadi target pasar dari bisnis ikan hias yang menguntungkan ini. 

Anda tak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar untuk memulai bisnis ikan hias yang menguntungkan ini. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang cukup terjangkau.

Selain itu bisnis ikan hias ini juga tak mengharuskan Anda menguasai teknik keterampilan tertentu, lho. Semua bisa dipelajari secara otodidak. 

Dari sekian banyak ikan hias ada beberapa jenis ikan hias terpopuler yang paling menguntungkan untuk dijadikan bisnis. Masing-masing jenis ikan ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya banyak digemari dan dicari oleh para pecinta ikan hias. 

8 Jenis Ikan Hias Terpopuler Paling Menguntungkan untuk Dijadikan Bisnis

Supaya bisnis ikan hias yang Anda jalankan ini semakin menguntungkan, Anda perlu mengetahui jenis ikan hias terpopuler yang paling banyak dicari pembeli.

Nah, berikut ini ada 8 jenis ikan hias terpopuler yang paling menguntungkan untuk dijadikan bisnis:

1. Ikan hias Arwana 

ikn hias arwana untuk bisnis

Credit: detikfood.com

Jenis ikan hias terpopuler yang pertama adalah arwana. Arwana bisa jadi bisnis ikan hias yang menguntungkan sebab ikan hias yang satu ini memiliki para penggemar fanatik.

Ikan Arwana seringkali dijadikan penghias ruangan yang super cantik. 

Arwana yang merupakan jenis ikan akuarium ini memiliki ukuran tubuh yang besar dan panjang. Warna-warnanya indah dengan gerakan tubuh yang tenang membuat ikan yang satu ini terlihat anggun diletakkan dalam sebuah akuarium.

Karakter serta tampilan ikan arwana yang khas ini membuat banyak penggemarnya rela membeli dengan harga hingga puluhan juta rupiah.

2. Ikan hias Cupang

ide bisnis ikan cupang

Credit: cnnindonesia.com

Ikan hias cupang juga termasuk salah satu jenis ikan hias terpopuler yang banyak dicari para penggemar ikan hias. Anda dapat menjadikannya bisnis ikan hias yang menguntungkan sebab ikan cupang ini tak hanya disukai oleh orang dewasa, banyak juga anak-anak yang menggemarinya, lho.

Baca juga: 7+ Ide Bisnis Souvenir Pernikahan yang Unik dan Ramah Lingkungan

Sebab ikan hias cupang ini adalah ikan yang unik. Meski memiliki tampilan warna yang cantik dengan bentuk sirip yang indah, ikan ini terkenal galak dan suka berkelahi. Ikan hias cupang termasuk ikan yang bersifat agresif dan suka menyerang. 

Ikan hias cupang sangat cocok dijadikan peliharaan sekaligus penghias ruangan rumah. Ikan yang satu ini juga tak membutuhkan biaya banyak untuk perawatannya. 

3. Ikan hias Discus

ide bisnis ikan hias discus

Credit: hipwee.com

Jenis ikan hias terpopuler yang satu ini juga tak kalah menarik dengan ikan cupang. Jika Anda tertarik bisnis ikan hias yang menguntungkan, cobalah menjual ikan hias discus.

Tak heran jika ikan discus ini banyak digemari, tampilannya memang menawan dengan berbagai macam corak dan warna pada tubuhnya. 

Berbeda dengan ikan hias cupang yang agresif dan suka menyerang, ikan discus ini dikenal tak suka mengganggu. Jadi Anda bisa memelihara beberapa ikan discus dalam satu akuarium besar.

Ikan ini memiliki bentuk pipih dengan warna-warna yang cerah. Meletakkan ikan hias discus di rumah akan membuat suasana jadi lebih hidup. 

4. Ikan hias Guppy

ide bisnis ikan hias guppy

Credit: travel.tempo.co

Tak heran jika ikan guppy ini merupakan salah satu jenis ikan hias terpopuler dan dapat menjadi bisnis ikan hias yang menguntungkan. Sebab meski ikan hias ini berukuran mungil namun penampilannya sanggup memikat banyak pecinta ikan hias. 

Ikan hias guppy ini dipercantik dengan tampilan ekor yang indah menjuntai dan warna-warna yang atraktif. Setiap jenis ikan guppy mempunyai warna serta corak unik yang berbeda-beda. 

5. Ikan hias Koi

ide bisnis ikan hias koi

Credit: pixabay.com

Ikan hias koi merupakan jenis ikan hias terpopuler tak hanya di Indonesia tapi juga di mancanegara. Ikan yang awalnya berkembang di Jepang ini adalah jenis ikan yang biasa dikonsumsi.

Namun dalam perkembangannya ikan koi ini mengalami persilangan dari berbagai jenis-jenis koi yang ada sehingga munculah banyak variasi warna dan bentuk yang unik.

Baca juga: 8 Tips Sukses Berbisnis Frozen Food Bagi Pemula

Itu sebabnya koi bisa jadi bisnis ikan hias yang menguntungkan. Menariknya, ikan hias koi ini tergolong hewan omnivora alias hewan pemakan segala. Ikan koi bisa diberikan makanan yang ada di rumah seperti buah-buahan dan sayuran. 

6. Ikan hias Koki

ide bisnis ikan hias koki

Credit: fancygoldfish

Anda tentu sudah sangat familiar dengan jenis ikan terpopuler yang satu ini, bukan? Ya, sama halnya dengan ikan hias koi, ikan koki juga sudah terkenal sejak lama. Jenis ikan koki bisa jadi bisnis ikan hias yang menguntungkan karena memiliki peminat yang banyak. 

Tampilan ikan hias koki ini terbilang lucu dan cantik. Ada banyak pilihan warna serta jenis yang bervariasi. Bukan hanya itu alasan ikan koki ini digemari banyak pecinta ikan hias.

Tapi juga karena ikan ini tidak sulit untuk dirawat. Anda tak memerlukan perawatan khusus untuk memeliharanya. 

7. Ikan hias Louhan

ide bisnis ikan hias louhan

Credit: sukaikan.com

Jenis ikan hias terpopuler berikutnya yaitu louhan. Ikan hias louhan termasuk ikan dengan ciri fisik yang unik. Ia memiliki bentuk dahi yang besar dan bulat.

Keunikan inilah yang membuat ikan hias louhan banyak diburu para penggemarnya. Ikan unik ini tentunya dapat dijadikan bisnis ikan hias yang menguntungkan. 

Harga jual ikan hias louhan termasuk cukup mahal, lho. Sama halnya dengan ikan hias arwana, ikan louhan pun ada yang harganya mencapai puluhan juta rupiah per ekornya. 

8. Ikan hias Mickey Mouse

ide bisnis ikan hias mickey mouse

Credit: gerava.com

Terakhir, jika Anda ingin bisnis ikan hias yang menguntungkan ikan yang satu ini bisa jadi pilihan tepat. Ikan hias mickey mouse termasuk jenis ikan hias terpopuler yang mudah dirawat. Anda penasaran mengapa ikan ini diberi nama mickey mouse? 

Pada bagian ekor ikan ini terdapat corak berwarna hitam yang menyerupai kepala mickey mouse. Itu sebabnya dinamakan ikan mickey mouse.

Ikan ini relatif mudah berkembang biak dan dapat bertahan terhadap berbagai kondisi air. Umumnya ikan hias mickey mouse ini berwarna kuning pucat, emas, dan oranye. Namun ada juga yang berwarna kemerahan atau kebiruan. 

Dari 8 jenis ikan hias terpopuler di kedelapan jenis ikan hias terpopuler di atas mana yang jadi favorit Anda? Dan setelah mengetahui menariknya peluang bisnis ikan hias yang menguntungkan ini apakah Anda tertarik untuk mencoba?

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top