Indo Blog Net

Wisata

Ide Liburan Seru dan Aman di Tahun 2021, Intip Dulu Yuk!

ide liburan tahun baru 2021

Berada di penghujung akhir tahun pastinya banyak diantara Anda yang sedang sibuk mempersiapkan rencana liburan tahun baru 2021 nanti. Jangan khawatir, meski kita sedang diuji dengan adanya pandemi virus Corona ini bukan berarti Anda tidak berhak menikmati liburan, lho.

Liburan tahun baru merupakan waktu yang sangat tepat bagi Anda meluangkan waktu berkualitas bersama keluarga tersayang.

Liburan tahun baru bukan hanya bermanfaat untuk menyegarkan pikiran dan tubuh Anda, tapi juga mempererat hubungan antar keluarga. Pada akhirnya liburan tahun baru dapat menyuntikkan semangat baru bagi Anda untuk menjalani tahun baru 2021 nanti.

Bagaimana, sudah siap menyambut liburan tahun baru 2021?

Yuk, simak beberapa ide liburan yang seru dan aman di tahun baru 2021 ini.

Ide Liburan yang Seru dan Aman di Tahun Baru 2021 Ini

Namun, sebelumnya ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan dan persiapkan di liburan tahun baru 2021 ini. Pastikan Anda dan keluarga dalam keadaan sehat saat liburan agar dapat menikmati liburan dengan maksimal.

Selain itu jangan lupa persiapkan barang-barang wajib berkaitan dengan protokol kesehatan yang harus Anda bawa saat liburan. 

Mulai dari masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan, tisu basah, tisu kering, hingga peralatan makan dan ibadah pribadi, semuanya tak boleh tertinggal, ya.

Sehingga liburan tahun baru Anda jadi lebih tenang dan aman. Nah, langsung saja kita simak beberapa ide liburan tahun baru 2021 yang menarik untuk Anda coba.

1. Staycation

ide staycation saat pandemi

Credit: novotelsuiteshanoi.com

Staycation berasal dari dua kata, yaitu stay (tinggal) dan vacation (liburan), dan jika digabungkan artinya menjadi liburan dengan tinggal di suatu tempat. Umumnya tempat yang dipilih untuk staycation adalah hotel, resort, ataupun villa. Staycation ini bisa jadi pilihan liburan yang seru dan aman di masa pandemi virus Corona ini. 

Pilihlah tempat staycation yang telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Anda dapat mencari informasi mengenai hal ini melalui internet, rekomendasi orang yang Anda kenal, atau menanyakan langsung pada hotel tempat Anda akan melakukan staycation.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar liburan tahun baru Anda tetap aman dan menyenangkan.

Akan lebih baik jika tempat staycation ini letaknya tidak terlalu jauh dari tempat Anda tinggal. Misalnya jika Anda tinggal di Jakarta, Anda bisa memilih staycation di sekitar Jakarta, Bogor, atau Bandung.

Jika tempatnya tidak terlalu jauh Anda dapat melakukan pengecekan langsung ke tempat staycation untuk memastikan apakah lokasi tersebut memang telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Jika Anda ingin memilih staycation ini sebagai ide liburan tahun baru 2021, sebaiknya sementara ini hindari menggunakan fasilitas publik di hotel seperti kolam renang atau tempat fitness.

Meski pihak hotel sudah melakukan sterilisasi dengan baik, tapi tak ada salahnya jika Anda juga melakukan perlindungan ekstra, khususnya jika Anda berlibur bersama anak kecil maupun orang tua. 

Oya, agar sirkulasi udara di kamar terjaga kebersihannya jangan lupa untuk membuka jendela untuk mengganti udara yang kotor dengan udara yang lama dengan udara yang baru.

2. Camping

ide lcamping tahun baru 2021

Credit: cozi.com

Bagi Anda yang ingin berlibur dengan suasana outdoor, camping bisa jadi pilihan tepat. Camping bersama keluarga terdekat lebih aman dibanding camping bersama kelompok yang lebih besar. Sebab pergi dengan kelompok lebih kecil yang merupakan keluarga terdekat dapat mengurangi risiko tertular virus.

Selama camping Anda juga perlu menjaga jarak dari kelompok lainnya agar tetap aman. Tetaplah bersama dengan keluarga terdekat Anda.

Hindari berkumpul bersama orang banyak, apalagi dalam acara makan bersama atau bernyanyi bersama. Dalam acara seperti ini akan lebih sulit untuk menjaga jarak aman dan risiko penularan virus Corona bisa jadi lebih tinggi. 

Camping bisa jadi ide liburan tahun baru 2021 yang menyenangkan jika Anda benar-benar melakukan persiapan dengan baik. Diantaranya, Anda juga perlu cek prakiraan cuaca di lokasi camping serta memastikan bahwa lokasi camping benar-benar aman dan nyaman.

Pilihlah lokasi camping yang tidak terlalu ramai untuk mengurangi risiko penularan virus Corona. 

Selain itu, pastikan juga jarak tenda Anda dengan tenda kelompok lain cukup jauh untuk menjaga jarak aman.

Meski liburan di lokasi outdoor lebih baik udaranya dibanding berlibur di lokasi indoor seperti hotel, bukan berarti Anda tidak perlu menggunakan masker, ya. Tetap gunakan masker dengan benar untuk perlindungan diri Anda dan orang sekitar Anda. 

Satu lagi, jangan lupa untuk membawa perlengkapan sendiri, mulai dari peralatan makan dan minum, perlengkapan ibadah, serta perlengkapan mandi. Sebaiknya hindari menggunakan barang-barang yang bukan milik pribadi, karena Anda tidak dapat menjamin kebersihannya.

Baca juga: Penting! 9 Barang Wajib Dibawa Saat Liburan di Masa New Normal

Anda bisa gunakan tisu basah untuk membersihkan barang-barang yang banyak disentuh orang lain, seperti pintu kamar mandi, kran air, meja, atau kursi. 

3. Wisata dalam kota

ide wisata tahun baru

Credit: shopback.co.id

Bagi Anda yang tidak bisa liburan ke luar kota, ide liburan tahun baru 2021 yang satu ini juga menarik untuk dicoba, lho. Wisata dalam kota merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin liburan lebih praktis, aman, dan lebih hemat tentunya dibanding liburan ke luar kota.

Wisata dalam kota juga bisa dilakukan tanpa harus menginap. 

Carilah lokasi menarik untuk dikunjungi. Pasti ada tempat-tempat liburan yang belum pernah Anda kunjungi di kota tempat tinggal Anda, bukan?

Sebaiknya pilih lokasi outdoor, seperti tempat wisata alam untuk mendapat udara yang lebih bagus. 

Wisata dalam kota juga bisa jadi ide liburan tahun baru 2021 yang seru, kok. Anda dapat pergi ke tempat-tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam atau suasana alam terbuka. 

Hindari tempat wisata yang terlalu ramai pengunjung, sebab hal ini dapat meningkatkan risiko penularan virus Corona. Pastikan juga tempat wisata yang Anda tuju telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Anda bisa cari informasi mengenai tempat wisata yang menerapkan protokol kesehatan saat memilih lokasi yang tepat untuk berlibur.

Setelah itu Anda pun perlu memastikan bahwa Anda dan keluarga juga menerapkan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak aman dengan orang lain. 

Baiklah, demikian beberapa ide liburan tahun baru 2021 yang layak untuk Anda coba. Liburan tidak harus keluar kota atau pergi ke tempat-tempat yang jauh dan mengeluarkan biaya mahal. Sebab yang paling berharga dari liburan adalah kebersamaan dengan keluarga tercinta. Anda setuju?

Kemanapun tujuan Anda yang terpenting adalah utamakan kenyamanan dan keamanan Anda dan keluarga, ya. 

Dan bagi Anda yang belum bisa liburan di tahun baru 2021 ini, tak perlu bersedih karena akan datang saat yang tepat untuk Anda menikmati liburan. Stay happy and positive! 🙂 

“The vacation we often need is freedom from our own mind.”

–  Jack Adam Weber  –

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top