Indo Blog Net

Bisnis

7+ Ide Bisnis Souvenir Pernikahan yang Unik dan Ramah Lingkungan

souvenir pernikahan tas kain

Rasanya tak lengkap resepsi pernikahan tanpa souvenir. Souvenir pernikahan yang menarik akan membuat para tamu undangan terkesan dan senang. Souvenir yang cantik dan berguna juga pastinya akan disimpan serta dimanfaatkan oleh penerimanya.

Tak heran jika para calon pengantin rela mengeluarkan dana lebih khusus untuk souvenir pernikahan.

Hal ini tentunya bisa menjadi peluang bisnis yang manis dan menjanjikan. Bisnis souvenir pernikahan bisa dirintis dari modal yang kecil dan dijalankan dari rumah. Tak seperti bisnis kuliner maupun fashion, bisnis souvenir pernikahan ini tidak terlalu tinggi tingkat persaingannya.

Jadi Anda memiliki peluang lebih besar untuk bisa sukses, apalagi jika Anda kreatif membuat produk yang unik serta memiliki nilai tambah.

Nilai tambah dari souvenir pernikahan misalnya dengan membuat produk yang unik serta ramah lingkungan (eco friendly). Ini berarti Anda turut mendukung gerakan cinta lingkungan, tepatnya dengan meminimalisir sampah dari produk yang tidak ramah lingkungan.

Anda tertarik meraup untung dari bisnis ini? Yuk, simak beberapa ide bisnis souvenir pernikahan unik dan ramah lingkungan di bawah ini. 

Ide Bisnis Souvenir Pernikahan yang Unik dan Ramah Lingkungan

Bisnis souvenir pernikahan memang bukan hal yang baru, tapi kalau souvenir-nya merupakan produk unik yang ramah lingkungan ini bisa jadi ide bisnis yang inspiratif, lho.

Tak perlu bingung produk apa yang akan dijual, berbagai ide bisnis souvenir pernikahan yang unik dan ramah lingkungan berikut bisa jadi pilihan.

1. Tas kain

souvenir pernikahan tas kain

Credit: souvenirfinder.com

Ide bisnis souvenir pernikahan ramah lingkungan yang pertama adalah tas kain atau yang juga dikenal dengan istilah tote bag. Anda pasti sudah familiar dengan anjuran mengurangi limbah kantong plastik, bukan?

Nah, souvenir pernikahan berupa tas kain ini bisa digunakan membawa belanjaan untuk mengganti penggunaan kantong plastik. Buatlah dengan ukuran agak besar sehingga nyaman digunakan untuk membawa barang saat belanja. 

Tas kain ini bisa Anda buat dari bahan kain kanvas atau kain blacu. Agar lebih menarik, Anda dapat menambahkan gambar yang unik atau inspiring quotes di bagian depan tas.

Sebaiknya gunakan warna netral seperti hitam, krem, atau biru. Sebab warna-warna ini lebih umum disukai banyak orang.

2. Sedotan stainless 

sedotan ramah lingkungan

Credt: etsy.com

Setelah tas kain, sedotan stainless juga bisa jadi ide bisnis souvenir pernikahan yang ramah lingkungan. Seperti kita ketahui sampah sedotan plastik telah banyak mengotori lautan di dunia, termasuk Indonesia. Untuk itulah kita perlu mengganti penggunaan sedotan plastik sekali pakai dengan sedotan stainless yang bisa Anda bawa kemanapun. 

Anda juga bisa menambahkan sikat khusus untuk mencuci sedotan agar sedotan selalu bersih dan bisa dipakai dalam waktu lama. Kemudian bungkus sedotan dan sikatnya dalam pouch kain yang unik agar lebih menarik serta praktis dibawa kemana-mana.

3. Sendok garpu stainless 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by (@namaste_organic) on

Selain sampah sedotan plastik, sampah sendok plastik sekali pakai juga termasuk penyumbang sampah lingkungan, lho. Nah, Anda bisa jadikan sendok garpu berbahan stainless sebagai ide bisnis souvenir pernikahan yang unik dan ramah lingkungan. 

Bungkus sendok garpu dalam wadah yang unik dan awet agar sendok garpu ini bisa mudah dibawa kemanapun, terutama saat akan pergi makan di luar agar tak perlu menggunakan sendok plastik sekali pakai.

Selain wadah berupa pouch kain, Anda bisa membungkus souvenir sendok garpu ini dalam box yang terbuat dari bambu atau kayu. Menarik, bukan? 

4. Botol minum kaca

botol minum kaca

Credit: pinterest.com

Setelah sedotan dan sendok garpu sebagai ide bisnis souvenir pernikahan yang ramah lingkungan, pilihan lainnya adalah botol minum. Pastinya botol minum ini bukan terbuat dari plastik ya, melainkan dari bahan yang lebih ramah lingkungan yaitu kaca.

Botol minum kaca ini bisa dibawa kemanapun agar kita tak perlu membeli minuman botol plastik sekali pakai lagi. 

Agar lebih menarik, hiaslah botol kaca dengan gambar ataupun kalimat pendek yang menginspirasi. Anda bisa membuat beberapa ukuran botol yang berbeda, mulai dari 300 ml hingga 500 ml. 

5. Tanaman hias mini

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Souvenir Kaktus & Pot Gerabah (@kaktusqulucu) on

Ide bisnis souvenir pernikahan yang satu ini dijamin unik dan ramah lingkungan. Ya, tanaman hias mini dapat Anda jadikan ide bisnis souvenir pernikahan yang menarik. Anda bisa gunakan berbagai jenis tanaman sukulen mini, misalnya kaktus dengan bentuk yang unik.

Tak hanya berkesan, souvenir berupa tanaman hias ini pastinya akan bermanfaat.

Jangan lupa untuk menempatkan tanaman hias mini ini pada pot yang unik agar lebih menarik. Pot yang terbuat dari tanah liat bisa jadi pilihan tepat. Sebab selain pot ini ramah lingkungan, pot tanah liat juga memiliki nilai estetika. Souvenir tanaman hias mini ini bisa dimanfaatkan menjadi dekorasi yang super cantik.

6. Sabun mandi natural

sabun mandi natural

Credit: littlethingsfavors.com

Anda sudah pernah coba sabun mandi natural yang terbuat dari bahan-bahan alami serta bebas bahan kimia? Wah, ini bisa jadi ide bisnis souvenir pernikahan unik sekaligus ramah lingkungan, lho. Pastinya juga akan bermanfaat dan menginspirasi banyak orang agar menggunakan produk kosmetik ramah lingkungan termasuk sabun mandi. 

Anda bisa memesan sabun mandi natural ini pada pembuat sabun handmade. Tambahkan hiasan ukiran unik agar sabun terlihat menarik, kemudian bungkus sabun dalam wadah kertas atau kain sehingga lebih ramah lingkungan. 

7. Minuman seduh

minuman seduh

Credit: notonthehighstreest.com

Ide bisnis souvenir pernikahan ramah lingkungan yang satu ini bukan hanya unik tapi juga menyehatkan. Anda bisa jadikan minuman seduh seperti teh herbal, kopi natural, maupun bubuk cocoa yang dikemas dalam paper bag atau wadah kaca mini sebagai souvenir pernikahan. 

Siapa yang tak suka dengan minuman sehat seperti teh, kopi ataupun coklat hangat, bukan? Buatlah kemasan yang unik agar penerima souvenir terkesan. 

8. Biji kopi

ide bisnis souvenir pernikahan

Credit: pinterest.com

Anda pecinta kopi garis keras? Hehe. Jika iya ini bisa jadi ide bisnis souvenir pernikahan unik yang ramah lingkungan. Biji kopi ini bisa Anda kemas dalam wadah yang menarik, misalnya kantong kain unik atau toples kaca kecil yang lucu. 

Biji kopi ini memiliki banyak manfaat, lho. Salah satunya untuk menghilangkan bau di dalam ruangan maupun di dalam mobil. Keharuman kopi yang menyegarkan tentu akan membuat penerima souvenir terkesan dan senang. 

9. Handuk kecil

ide bisnis souvenir pernikahan

Credit: bridestory.com

Ide bisnis souvenir pernikahan unik dan ramah lingkungan yang terakhir adalah handuk kecil. Ini sih termasuk barang wajib punya, ya? Handuk kecil serbaguna ini praktis dibawa kemana-mana sebagai pengganti tisu sekali pakai.

Penggunaan handuk kecil ini bisa mengurangi sampah tisu sekali pakai. Desain handuk semenarik mungkin misalnya dengan menggunakan hiasan bordir. 

Dari berbagai ide souvenir pernikahan unik dan ramah lingkungan di atas mana yang paling menarik bagi Anda? Anda punya ide souvenir lainnya? Silakan share pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini, ya 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top