Inspirasi

Ide Bisnis Bagi IRT (Ibu Rumah Tangga)

Pernah gak sih mendengar keluhan seorang ibu rumah tangga (IRT) yang merasa galau atau baper ketika melihat teman-temannya masih berkarir atau berpenghasilan sendiri, atau merasa galau dan baper karena terpojok dengan pola pikir masyarakat kebanyakan: Ah, cuma IRT?

Ok, tidak usahlah mendengar, saya sendiri dulu awal menikah ketika terputus semua hubungan kerjaan, baik itu di kantor atau menulis. Pokoknya pure deh belajar jadi IRT. Ehmmm, suatu saat berkumpul dan bertemu teman-teman yang masih berkarir, melihat teman-teman yang masih bisa beli keperluan sendiri tanpa meminta jatah suami. Duh, rasanya ada iri, sedikit tidak pede.

Ok lah, akhirnya karena saya menulis sejak remaja maka ketika vacum dan menulis lagi, semuanya baik-baik saja. Saya kembali aktif menulis, kembali memiliki penghasilan tambahan sendiri,lalu bagaimana dengan IRT yang pada akhirnya memang tidak memiliki kesempatan berkarir di kantor lagi karena faktor usia, faktor lama vacum yang tentu saja tertinggal dari para lulusan baru yang berebut kursi kerja. Atau…kondisi rumah dan anak-anak tidak bisa ditinggal begitu saja. Akankah tidak ada impian IRT untuk membangun karir dan impiannya berpenghasilan sendiri?

Yes, tidakk perlu cemas. Karena sebenarnya IRT itu tetap memiliki potensi akan mimpi-mimpinya, tinggal bagaimana menemukan ide yang klik dan usaha untuk mewujudkannya, tentu dengan ijin atau ridho suaminya ^_^

Sebagai contoh Ibu Dessy yang saya kenal via facebook, awalnya beliau adalah customer OS BUKU saya, ibu dua anak ini luarbiasa memberikan buku-buku bacaan tidak hanya kepada anaknya, tapi juga orang disekelilingnya. Ibu Dessy hanya seorang ibu rumah tangga, yang ketika untuk membeli buku anak-anaknya tentu saja menunggu acc suami hingga suatu hari dia memberitahu saya akan membuka usaha sendiri.

Ahai, usaha apakah itu? Mengingat Ibu Dessy sehari-hari hanya mengurus buah hati dan suaminya. Ibu dua anak yang hobby masak ini ternyata mau membuka catering rumahan, mengingat banyak ibu yang berkarir di luar, sementara kebutuhan asupan makanan untuk keluarganya sering harus beli di warung-warung yang membutuhkan tenaga untuk  membeli, belum lagi kalau ternyata kebersihan makanan, kadar MSG yang tinggi. Jadi catering rumahan ini pasti akan sangat dibutuhan ibu-ibu bekerja bagi keluarganya.

Ibu Dessy selain memasak seperti masakan yang dia berikan pada keluarganya, so tentu sehat dong. Harganya dibuat terjangkau, ada jasa pengantar sehingga ibu bekerja yang mau memesan tinggal menghubungi melalui ponsel, makanan pesanan sudah meluncur ke rumah.

“Kebisaan saya masak, ketika anak-anak ke sekolah, banyak yang bisa lakukan. Jadi membuka bisnis catering selain karena hobby masak, juga menghasilkan penghasilan sendiri, Mba Eni…”

Dan, sekarang Ibu Dessy tidak hanya melayani catering harian tapi juga menerima pesanan nasi kotak, nasi bungkus untuk arisan, prasmanan, hajatan. Wah, perkembangan yang pesat ya. Jadi kita para IRT bukannya tidak memiliki peluang lagi untu berkarir meski tetap di rumah, hanya tinggal membutuhan ide yang klik dan kemauan yang keras bukan?

Eni Martini

Ibu 3 anak, penulis novel fiksi, blogger dan owner bliblibuku.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ini Video Versi Layanan Masyarakat untuk Anti Drugs Campaign. Supported BNN dan MB Communication

Kalau temen-temen punya cerita, ide seru dan bikin video masih bisa ikutan lombanya yah. Cek hastag
 #IniCaraGueCegahNarkoba
Teman-teman bisa Minta Tolong Subscribe, Share dan komen yah.

Share boleh di Instagram, twitter dan FB
Linknya :

https://youtu.be/zOCgnf66Hik

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top