Agama

Hukum Merayakan April Mop Dalam Agama Islam

Hukum Merayakan April Mop Dalam Agama Islam

Hukum Merayakan April Mop Dalam Agama Islam

Bulan baru identik dengan semangat baru. Pada awal bulan biasanya dompet masih terisi penuh, karena baru saja gajian. Tentu kita akan lebih semangat dan percaya diri. Coba kita bandingkan dengan saat kita di akhir bulan. Dompet trepes, tabungan sudah habis, bon makan sudah dimana-mana. Rasanya pengen mati aja gitu ya. Hehe

Hari ini adalah tanggal 1 April 2016. Banyak sekali yang sorak gembira menyambut datangnya bulan baru ini. Namun tidak sedikit pula yang malah was-was. Ternyata 1 April itu diperingati sebagai April Mop. Dimana pada hari ini semua orang boleh berbohong kepada semua orang.

April Mop sendiri berasal dari budaya barat yang merugikan orang lain. Walaupun tujuan awalnya itu hanya sebuah lelucon, tapi hal itu akan sangat menyakitkan bagi targetnya. Tidak jarang target April Mop langsung mengumpat atau malah balik tertawa. Sebagai orang islam kita harus bisa memilih dan memilah. Sebelum kita bahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita cermati dulu asal usul Apri Mop berikut ini.

Asal Usul April Mop

Asal Usul April Mop

Asal Usul April Mop

Sebetulnya April Mop terjadi karena pada waktu itu adalah hari kemenangan tentara salib yang berhasil membunuh ribuan umat Islam di Spanyol. Memang, April Mop masih kalah populer jika dibandingakn dengan Velentine Day’s. Namun beberapa tahun belakangan ini April Mop mulai populer. Apalagi di internet, banyak sekali netizen yang mencoba melakukannya lewat sosmed.

Tragedi besar pada Islam telah terjadi pada tanggal 1 April. Dan ini adalah kejadian yang sangat memilukan dan membuat miris bagi seorang muslim. Pada hari ini kita telah kehilangan ribuan saudara. Jangan sampai kita malah meryakannya. Seolah-olah kita malah senang untuk merayakannya.

April Mop atau The April’s Fool Day awalnya hanya sebuah pembantaian muslim Spanyol pada tahun 1478 M. Atau kalau dalam kalender hijriah adalah 892 H.

Tidak sedikit para penguasa di Spanyol beragama Islam. Karena Islam mengajarkan kebaikan dan rendah hati. Maka masyarakat Spanyol juga ikut memeluk agama Islam dengan senang hati tanpa ada paksaan. Mereka setiap hari belajar Islam dan langsung praktek. Bukan hanya sekedar membaca Al-Qur’an saja, tapi mereka juga mengamalkan semua ilmu dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti tidak minum arak, zina, mencuri, dan lain sebagainya. Semua seperti itu dalam keadaan aman selama enam abad.

Yang namanya kebaikan itu pasti ada musuhnya. Begitu pula dengan Muslim Spanyol yang selalu mendapat rintangan dari kaum kafir. Tapi Allah SWT terus memberikan pertolongannya sehingga mereka gagal melancarkan aksinya. Mereka setiap hari terus mencoba tanpa kenal lelah. Akhirnya mereka mempunyai ide untuk mempelajari kelemahan kaum Islam. Salah satu dari mereka menyamar jadi orang Islam dan berbaur dengan Muslim Spanyol untuk mempelajari apa saja yang jadi kelemahannya.

Setelah mendapat informasi yang dirasa cukup, akhirnya mereka menemukan cara untuk menghancurkan Muslim Spanyol yaitu dengan cara melemahkan iman dan merusak aKhlak budi pekertinya. Untuk lancarkan niat jahatnya itu mereka mulai dengan serangan pemikiran dan budaya.

Awalnya mereka hanya mengirimkan arak dan wanita cantik secara cuma-cuma. Walaupun iman kuat, tapi kalau sudah merasakan arak dan wanita maka semuanya akan terlupakan. Mereka sudah berani meninggalkan sholat wajib dan melakukan kejahatan lainnya. Tidak hanya itu saja, kaum kafir juga mengirim ulama gadungan untuk memecah belah mereka. Tanpa disadari mereka percaya kepada ulama gadungan. Akhirnya mereka malah terpecah belah.

Kalau sudah begitu, maka Muslim Spanyol sudah tidak memiliki kekuatan lagi. Mereka langsung menyerang Spanyol dan membantai semua orang islam. Sampai akhirnya hanya tersisa Kota Granada. Pasukan salib memiliki cara tersendiri untuk membunuh penduduk kota ini. Soalnya para penduduk sembunyi didalam rumah dan tidak mau keluar perang.

Untuk mengundang penduduk kota agar mau keluar. Tentara salib menyerukan pengumuman bahwa mereka sudah menyediakan kapal untuk berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang berharga. Tidak sedikit yang langsung percaya. Namun tentara salib tidak kurang akal. Mereka memperbolehkan penduduk kota untuk mengecek sendiri kapalnya. Dan setelah mereka memeriksa kapalnya, ternyata di dalam kapal tidak ada apa-apa.

Tanpa menunggu lama, keesokan harinya semua penduduk kota bergegas naik kapal dan meninggalkan rumah. Saat baru meninggalkan pelabuhan, mereka melihat api yang menjilat-jilat. Ternyata apa itu berasal dari rumah mereka yang dibakar. Mereka langsung menangis dan ingin kembali perang melawan tentara salib.

Namun apa daya, mereka ternyata tidak tahu kalau kapal yang ditumpanginya itu bocor. Dengan perlahan-lahan kapal tersebut hanyut dilautan. Muslim Spanyol sudah mati semua dan akhirnya Spanyol dikuasai tentara salib.

Hal Yang Harus Dilakukan Seorang Muslim Pada April Mop

Hal Yang Harus Dilakukan Seorang Muslim Pada April Mop

Hal Yang Harus Dilakukan Seorang Muslim Pada April Mop

Tragedi pembantaian Muslim Spanyol bertepatan dengan tanggal 1 April. Yang harus dilakukan seorang muslim adalah berbela sungkawa. Bukan malah senang saat saudaranya terkena musibah. Karena semua orang islam yang satu dengan yang lainnya adalah saudara.

Pada April Mop kita sebagai seorang muslim tidak boleh berbohong kepada yang lainnya. Walaupun tujuannya hanyalah lelucon. Dalam islam tidak ada yang membenarkan kalau berbohong untuk tujuan bercanda itu diperbolehkan.

Hal ini juga bisa menjadi kebiasaan. Sehingga akan berlanjut pada hari-hari yang lainnya. Untuk hal kecil saja selalu bohong, bagaimana dengan masalah besar. Tentu tambah besar kebohongannya. Padahal sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an bahwa orang yang suka bohong itu haram masuk surga. Sekarang pilihan ada ditangan anda. Silahkan dipilih sendiri mana yang baik dan yang baik. Saran saya untuk tetap hati-hati dalam melakukan sesuatu.

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Mitra Blogger Pontianak!  Terima kasih ya atas dukungannya untuk @klink_indonesia_official.

Semoga event-event K-Link dan MB Communication bisa hadir kembali di Pontianak.

#latepost #klinksolusihidupmu #klinkmember15olusi #bloggerpontianak #mbcommunication #indoblognet

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top