Kuliner

Hmmm, Aduhai Nikmatnya Gule Kepala Ikan di RM Mas Agus – Jombang

Walaupun judulnya kepala ikan namun yang muncul ternyata ikan utuh.

Saya merasa bersyukur karena di kota Jombang – Jawa Timur sudah ada rumah makan dengan menu utama kepala ikan. Oleh karena itu saya gembira sekali ketika sepupu saya mengajak makan gulai kepala ikan di rumah makan Mas Agus yang terletak di Jl. Gusdur no. 84 Jombang, Jawa Timur. Lokasinya persis di depan Hotel Central. Saya memang penggemar ikan, baik di goreng, bakar, pepes, penyet, maupun dimasak dengan aneka kuah misalnya gulai kepala ikan. Yang membuat saya semakin senang adalah tersedianya kepala ikan dengan kuah Tom Yam. Wow, kuah dengan rasa asam dan pedas ini memang menyegarkan.

Ketika saya tiba di rumah makan, tampak beberapa penggemar kepala ikan sedang menikmati makanannya. Sambil menunggu datangnya makanan saya melihat-lihat aneka gambar yang dipajang di dinding rumah makan. Selain gambar aneka menu dalam ukuran sedang juga terdapat dua gambar yang menarik perhatian saya. Ketiga gambar tersebut masing-masing diberi judul Ada Apa Dengan Ikan?, Manfaat Ikan Bagi Tubuh, dan 10 Cara menikmati.

Manfaat makan ikan bagi tubuh

Saya mendekati dan memotret gambar berjudul Manfaat Ikan Bagi Tubuh.  Di bagian bawah gambar terdapat tulisan Makan ikan menyehatkan dan mencerdaskan. Manfaat ikan dituliskan secara rinci mulai dari tubuh bagian atas ke bawah. Silakan menyimak gambar di bawah ini.

Manfaat ikan bagi tubuh

.

Bagi sahabat yang kurang jelas membaca tulisan pada gambar di atas maka saya kutipkan manfaat ikan tersebut.

Otak

Mencerdaskan.

— Membantu perkembangan sel otak.

— Menambah daya ingat.

— Mencegah kepikunan.

Jantung

— Mencegah penyakit jantung.

— Membuat jantung berdetak lebih stabil.

Kulit

— Membantu mengurangi pengaruh penuaan dan perusakan akibat sinar matahari.

Pencernaan

— Membantu kelancaran pencernaan.

Mata

— Memelihara kesehatan mata.

— Menurunkan gejala sindrome mata kering.

Paru-paru

— Mencegah radang paru-paru.

— Mengurangi beban asma & bronchitis.

— Mencegah kanker.

Otot

— Membantu pembangunan otot dan jaringan.

Persendian

— Mengurangi gejala peradangan karena Rheumatoid arthritis.

Genital

— Meningkatkan vitalitas.

Nah, manfaat ikan ternyata cukup banyak ya. Jika daging sapi mahal maka kita bisa beralih ke makan ikan.

Cara makan ikan

Saya menikmati kepala ikan dengan kuah Tom Yam, sementara sepupu saya dan istrinya memilih kepala ikan dengan kuah gulai. Terus terang saya makan dengan tangan ketika mengambil daging ikan yang ada di kepala dan badannya. Sendok baru saya pakai jika ingin menikmati kuahnya.  Bersama dengan ikan juga ada lalapan dan sambalnya. Saya melirik Dik Iin, istri sepupu saya, yang makan dengan cepat namun rapi jali. Setelah beberapa waktu yang tampak di piringnya adalah kepala ikan tanpa daging dan duri ikan pada bodinya. Dagingnya benar-benar bersih, tak ada yang tersisa. Sementara di piring saya tampak acak-acakan, kepalanya berantakan dan masih terdapat serpihan daging. “Istri saya sudah jago makan kepala ikan di sini,” ujar Abdul Yazid sepupu saya.

Saya juga sempat membaca dan memotret gambar di dinding berjudul 10 Cara menikmati. Saya sajikan untuk pembaca yang ingin menikmati gulai kepala ikan di rumah makan Mas Agus yang cabangnya ada di mana-mana.

10 Cara Menikmati Gulai Kepala Ikan

10 Cara menikmati gulai kepala ikan di mulai dengan mencuci tangan dan diakhiri juga dengan mencuci tangan. “Setelah tiada tersisa daging di atas piring..selesai sudah menyantap ikan ini. Cuci tangan dengan sabun yang bersih wangi..lap sampai kering… Jangan lupa hidangan penutup segelas juice buah segar..hm..dingin.”

Dalam daftar menu saya melihat ada beberapa macam Gulai kepala ikan yaitu gule kepala ikan, gule Belly, gule daging ikan, gule gurami, dan gule nila. Hidangan dengan kuah Tom Yam juga sama dengan gulai. Selain itu juga tersedia gorengan-penyetan  misalnya Dagu penyet, Belly/fillet goreng grispy, gurami penyet, nila penyet, dan tahu tuna. Aneka minuman yang bisa dipesan di rumah makan gulai kepala ikan mas Agus antara lain: teh panas, es teh, es jeruk, aneka juice, kopi, soft drink, dan air mineral.

Bagaimana dengan harga makanan dan minuman? Saya kira masih masuk akal dan terjangkau oleh dompet kita, sebanding dengan lezatnya hidangan.  Beberapa bulan yang lalu harga gulai ikan berkisar antara Rp.15 ribu-Rp.25 ribu. Sementara harga yang dipatok untuk  gule Kepala Dagu hanya Rp.11.000. Saya tidak tahu apakah kenaikan harga barang pada bulan puasa ini juga berpengaruh terhadap harga makanan di rumah makan Mas Agus yang juga menyesuaikan. Jika ada kenaikan pun tentu tak terlalu signifikan.

Dagu Penyet

Silakan menikmati gule kepala ikan di rumah makan Mas Agus yang tersebar di beberapa kota. Mungkin dekat kediaman sahabat juga sudah ada cabangnya.

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top