Agama

Hikmah di Balik Acara Buka Puasa Bersama

Salah satu even ngehitz saat Ramadhan tiba adalah acara berbuka puasa bersama. Begitu maraknya even tahunan ini hingga netizen sempat menjadikannya bahan guyonan. Beberapa waktu lalu sempat tersebar secara viral undangan berbuka puasa di hotel ternama pada hari dan tanggal tertentu tetapi di bagian bawah tertulis kalimat tambahan bahwa undangan tersebut hanyalah CONTOH UNDANGAN BERBUKA BERSAMA.

Ramadhan adalah bulan penuh kebahagiaan. Sebagian besar orang menganggap Ramadhan sebagai bulan kebersamaan. Keluarga inti yang terdiri dari Ayah, Ibu dan anak yang biasanya sibuk dengan urusan masing-masing mengganggap penting untuk menyediakan waktu berbuka bersama.

Berbuka bersama mengandung banyak hikmah di baliknya, antara lain:

1. Mempererat tali silaturahim.

Saat di meja makan adalah momen kebersamaan. Jika hari-hari biasa keluarga sibuk hanya bisa bertemu di jam makan pagi karena saat jam makan malam orang tua yang bekerja mungkin belum tiba di rumah, maka di saat Ramadhan instansi dan kantor-kantor sepakat mengurangi jam kerja. Salah satu tujuannya adalah memberikan kesempatan bagi karyawan untuk lebih cepat tiba di rumah dan berkesempatan melaksanakan ibadah sholat tarawih. Hikmah dari jam pulang kerja lebih cepat adalah terbukanya kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga saat berbuka puasa

2. Merasakan nikmatnya berbagi

Banyak pilihan tempat untuk berbuka bersama. Bisa di rumah bareng keluarga, di restoran dan kafe bersama rekan kerja dan kolega atau berbuka dalam acara sosial. Salah satu pilihan berbuka bersama penuh hikmah adalah berbuka bareng anak yatim. Sebagai salah satu donatur tetap yayasan sosial setiap Ramadhan kami biasanya diundang untuk menghadiri buka bersama anak yatim. Saya sangat menganjurkan anak-anak untuk mengikuti acara khusus setahun sekali ini. Acara bukber yang tak biasa memberikan suasa syahdu penuh syukur. Berbuka dengan menu nasi kotak sederhana bareng anak-anak panti asuhan binaan yayasan sosial tersebut menimbulkan rasa syukur tak terhingga karena menyaksikan wajah-wajah bahagia anak-anak yatim. Timbul juga rasa takjub betapa mereka selalu bersyukur meski jika dinalar hidup anak-anak tersebut tak sebahagia anak yang memiliki orang tua. Ternyata bahagia itu ada pada hati yang selalu bersyukur.

3. Mengisi waktu dengan hal bermanfaat.

Sebelum acara inti yakni berbuka puasa biasanya diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Acara buka bersama bareng anak yatim yang dikoordinir yayasan misalnya memberi kesempatan anak-anak tersebut untuk berlomba seperti pidato, da’i cilik atau berpuisi. Menyenangkan sekali melihat pertunjukan seni dikemas untuk dakwah. Berbuka bersama di masjid-masjid raya tidak kalah mengasyikkan. Sekitar satu jam atau tiga puluh menit sebelum adzan Maghrib biasanya diperdengarkan ceramah agama sekaligus sesi tanya jawab. Ngabuburit positif nih, nunggu bedhug Maghrib sambil memperkaya diri dengan pengetahuan agama seperti yang pernah kami jalani di Masjid Al Akbar Surabaya.

Agar acara berbuka puasa bersama tidak kehilangan hikmahnya perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Sesuaikan dengan anggaran. Berbuka puasa bersama tak selalu harus memilih tempat khusus seperti paket di Hotel bintang Lima atau resto ternama. Berbeda jika acara tersebut diselenggarakan oleh sebuah instansi, biasanya ada anggaran khusus untuk acara berbuka bersama sebagai bagian dari reward bagi karyawan. Inti dari acara berbuka bersama adalah kebersamaan maka sesuaikan anggaran dan pilih tempat yang nyaman.

2. Upayakan menjaga ketepatan sholat Maghrib. Buka bersama bercengkrama sampai lupa waktu sholat…yaelah sayang banget khan. Maka sebaiknya berbuka puasa bersama didahului dengan minum air putih dan cemilan ringan seperti kurma sesuai sunnah Rasul lalu diadakan sholat maghrib berjamaah baru kemudian menikmati menu utama bersama. Ada baiknya memilih tempat bukber yang dekat dengan musholla atau masjid. Lebih tenang dan senang rasanya.

3. Hindari perbuatan mubadzir. Pilih menu untuk makan bareng-bareng biasanya lebih hemat dan porsinya tidak berlebihan. Kalaupun masih berlebih usahakan tidak mubadzir, bisa dibawa pulang untuk menu sahur atau sekiranya masih pantas diberikan sebagai hidangan bisa dibagikan kepada kaum dhuafa. Sebenarnya sih lebih afdol lagi jika kaum dhuafa diajak bareng dalam acara berbuka puasa bersama tersebut.

Nah asyik sekali kan acara bukber bareng dan terkandung hikmah di baliknya. Ada yang mau mengajak saya bukber dan bukan sekedar memberikan contoh undangan? πŸ˜‰

 

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillaah, Jum'at Mubarak 😍 Hari yang paling baik untuk melakukan amal kebaikan, termasuk beraktivitas yang bernilai ibadah πŸ˜‰
.
Guys, ngomong-ngomong soal website nih ya, udah mobile responsive (mobile friendly) belum sih websitemu? 😎 Soalnya ini penting banget lho untuk diperhatikan
.
Berdasarkan survey, website yang gak mobile responsive bakal bikin pengunjung "gak jadi" mengunjungi websitemu πŸ˜† Ya iyalahhh malesin kan ya kalau harus ribet dengan tampilan web saat kamu buka lewat hp πŸ˜… Sementara saat ini, kebanyakan user menggunakan hp untuk mengakses internet, termasuk untuk membuka web..
.
Tuh guys, kalau kamu gak pengen web-mu sepi pengunjung gara-gara gak mobile responsive, buruan deh di upgrade supaya lebih mobile responsive 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #jumatberkah #jumatmubarak #followme #tips #viral #website #survey

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top