Blogging

Awww, Ada Lomba Blog Fiktif!

Lomba blog saat ini sedang marak sekali, bukan? Siapa sih yang gak tergiur hadiah, aku aja tergiur apalagi sudah lama saya jarang menang. Rentetan hadiah yang ditawarkan bikin hati bergejolak. Sayang kalau gak ikut, siapa tahu rezeki. Ya kan, pasti begitu? Tapi tau gak, ternyata ada lomba blog fiktif. Aku pernah mengalami baru-baru ini. Hanya dengan bermodal kiriman gambar dari seorang teman melalui bbm jadilah aku kepengen ikutan. Tanpa aku cari-cari dulu informasi validnya di mana.

Hadiah yang ditawarkan memang terbilang kecil tetapi tema lomba blog sesuai dengan pekerjaanku saat ini. Setelah dipikir gak ada salahnya dicoba, toh konsep sudah ada tinggal drafting saja. Setelah selesai draft aku posting di blog dan segera memenuhi persyaratan lainnya yang dicantumkan panitia. Terus nunggu deh pengumuman yang dijadwalkan seminggu kemudian. Di hari yang sudah ditentuin aku WA nomor panitia dan mengatakan “pengumuman diundur dan nanti akan dikabari”. Oke saat itu aku masih biasa dan sengaja menunggu karena emailpun tidak dibalas. Sebulan menunggu dan sengaja aku kirim WA, balasannya itu jujur sangat bikin kecewa. Penyelenggara mengatakan bahwa pengumuman ditunda karena sponsor mengundurkan diri. Bahkan yang bikin kecewanya lagi dari penyelenggara mengatakan untuk para peserta agar tidak mengharapkan pengumuman lombanya.

Disitulah aku kecewa dan jujur aja sebagai peserta merasa sangat tidak dihargai oleh penyelenggara. Tapi kecewa tinggal kecewa aja, karena naskah sudah dikirim dan tanpa ada timbal balik. Dari kejadian itu aku menyimpulkan bahwa lomba blog itu fiktif. Terus gimana dengan nasib peserta lain yang menanti? Sayangnya tidak ada itikad yang baik dari penyelenggara untuk memberitahu peserta bahwa lomba dibatalkan.

Dari sini aku juga belajar bahwa kita harus hati-hati karena kita tidak akan pernah tau bagaimana oknum mencari cara untuk “mengambil” ide dan karya kita. Nah, belajar dari pengalamanku kemarin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum ikut lomba blog agar tidak sampai terjebak mengikuti lomba blog fiktif. Di antaranya:

  1. Pastikan kebenarannya: bisa jadi informasi lomba kita dapat dari teman, nah ada baiknya kroscek dulu. Bisa dengan search google atau klik link yang tertulis di gambar atau email. Lihat di fanspage, twitter atau instagram. Kalau infonya didapat dari email bisa kita tanyakan langsung mengenai lombanya. Atau menghubungi nomor hp yang tertera di gambar. Tujuannya biar gak merasa ditipu lagi. Dan hati-hati jika hanya ada informasi berupa gambar saja tanpa disertai link lombanya.
  2. Cermati dan pahami setiap informasi yang tercantum: biasanya akan ada syarat a-z yang harus kita pelajari sebagai calon peserta. Alangkah baiknya jika dicermati dan tanyakan jika ada point yang dirasa kita belum paham.
  3. Selektif: ini perlu sekiranya memilih lomba yang kita menguasai temanya. Dan pastikan juga bahwa lomba yang akan kita ikuti benar-benar dari sumber yang sangat dipercaya.
  4. Jangan takut untuk bertanya: biasanya sebagai peserta lomba kita akan merasa sungkan kalau ingin bertanya ke panitia. Tapi gak ada salahnya kita bertanya lewat WA ataupun email jika dirasa melebihi dari jadwal yang sudah dicantumkan. Saat bertanya ada baiknya kita tetap menjaga sopan santun dan jangan nyolot.

Semoga kejadian yang aku alami bulan kemarin tidak terjadi kepada teman yang lain. Dan berharapnya jika memang panitia sengaja menunda pengumuman, ada baiknya memberikan informasi kepada peserta. Karena apa sih yang diharapkan peserta selain menang? Yang diharapkan adalah perlakuan yang kooperatif dari pihak penyelenggara. Semoga sedikit pengalamanku ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang lainnya, ya.

Salam…

Editor: Indoblognet

Latest posts by Gurukecil (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top