Menulis Yuk

HANJABAR Jakbar 2016, Gerakan Budaya Minat Baca

Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA), sudah dilakukan sejak tahun 2007. Sebagai bagian dari peringatan Hari Anak Nasional. Tahun 2016, semua  Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi (KPAK) se DKI Jakarta plus Kepulauan Seribu, kembali melaksanakannya.  Akhir bulan Juli, telah diselenggarakan kegiatan Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA ) tingkat Kotamadya Jakarta Barat dI Aula Ali Sadikin Kantor Walikota Jakarta Barat.

HANJABA tingkat Kotamadya Jakarta Barat dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Administrasi Sri Yuliani mewakili Walikota H.M. Annas Efendi .  Dalam sambutan tertulisnya Walikota H.M. Annas Efendi mengingatkan Hari Anak  Jakarta membaca tahun  2016 harus dimanfaatkan  sebagai pengungkit gerakan membudayakan minat baca

Pada kesempatan itu, hadir Kepala BPAD Provinis DKI Jakarta Dr. Tinia Budiati, MA, Semua Kepala KPAK  Wilayah Kota Administrasi dan 12 Pengurus Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta Barat.

Lomba diikuti 875 peserta dari SD sampai tingkat Perguruan Tinggi . Ada lima jenis lomba yang diselenggarakan yaitu:

  1. Lomba Mewarnai cover buku tingkat SD
  2. Lomba membuat Komik strip tingkat SMP
  3. Lomba merensi buku tingkat SMA
  4. Lomba menulis konten blog tingkat mahasiswa dan umum.
  5. Lomba Marching Band tingkat SD.

Dari 5 kategori lomba, 4 lomba akan bertarung kembali ditingkat propinsi. KPAK Jakarta Barat, Drs. Ajang Pinem, Msi meyakini, peserta dari Kotamadya Jakarta Barat siap dan akan memenangkan perlombaan ditingkat propinsi. “Setelah lomba ini selesai, kami akan memberi pembengkalan, agar anak-anak siap dan menjadi pemenang di tingkat propinsi” Ujar Pak Ajang.

Para peserta lomba

Para peserta lomba

Dalam laporan Kepala KPAK Jakbar , Drs Ajang Pinem MSi , mengatakan:  Hanjaba 2016 harus menjadi momentum yang dmanfaatkan sebagai peningkatan mint abaca masyarakat, khusus masyarakat di Jakarta Barat. Beliau juga mengingatkan kegiatan ini tidak boleh berhenti hanya ssebagai ajang lomba. Tapi harus terus digulirkan oleh semua masyarakat pecinta literasi di wilayah Jakarta Barat.

Lebih jauh, Drs Ajang Pinem, MSi, mengatakan:  kegiatan Hanjaba akan  ini akan terus digulirkan melalui perpustakaan masyarakat, baik di RPTRA, Rusun, Taman Bacaan Masyarakat dan Komunitas lain yangg peduli terhadap kebangkitan  dunia literasi Indonesia.

Rekrutmen peserta lomba dilakukan melalui sekolah, perpustakaan RPTRA , TBM dan Perguruan Tinggi yang ada di Jakarta Barat. Lomba kali ini, sekaligus mensosialisasikan Perpustakaan digital IJakarta.  Karena itu materi lomba mengacu pada IJakarta.  Termasuk Lomba menulis konsten blog yang mengusung tema: Perpusatakaan digital IJakarta.

Para peserta dan Pemenang kategori Marching Band

Para peserta dan Pemenang kategori Marching Band

Kepala KPAK Jakarta Barat, Drs Ajang Pinem MSi merasa cukup puas karena dari 4 cabang yang dilombakan jumlah peserta melampaui target yg ditetapkan. Secara khusus Ajang pinem mencontohkan lomba penulisan resensi buku yg dari perpustakaan digital iJakarta. Lomba ini diikuti lebih dari 100 orang. Ini menandaka n bahwa animo kalangan pelajar cukup tinggi terhadap literasi. Apalagi Jakarta Pada tahun ini juga telah dicanangkan sebagai Kota / Provinsi Literasi dengan target membaca 5 juta buku dan mempublikasi 1 juta buku.

 

 

 

Elisa Koraag

I am a Mom, Wife, Writer, Traveller. I love my family and i am a blogger. I care about human, specially women and children isuues

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • @Regrann from @scoty_and -  Alhamdulillah dapat cashback 1 juta dari @cgv.id
@ifisinema
Dan @mygenerationfilm salah satu dari 50 orang loh. --------.
Memang salut dengan mbak @upirocks sebagai sutradara, semua pandangan negatif orang - orang mulai dari cover hingga trailer film terbantahkan dengan menonton langsung @mygenerationfilm
.
Film besutan @ifisinema dan ditayangkan @CGV.ID Transmart Pekanbaru ini memang layak ditonton. Semua yg diungkapkan melalui film ini..
nyata. Potret kehidupan, tingkah laku anak muda zaman now memang berbeda dari zaman saya dulu. Lebih kompleks lebih hati - hati.
.
Selain itu film ini juga mengajarkan orang tua untuk lebih memperhatikan anak anaknya. Orang tua yang terlalu sibuk bekerja, terlalu memaksakan kehendak pada anak hingga kecurigaan yg tak ada habisnya. Semua di rangkum dalam film ini.

Bahkan di film ini, sisi persahabatannya lebih erat. Lebih lekat..
Pesan moral yg tentu saja sangat baik. Semua ada sebab dan akibat.
.
Walau saya belum memiliki momongan, namun film ini mampu memberikan pencerahan dalam menyingkapi membesarkan dan mendidik anak nanti. Sehingga bisa lebih baik dan lebih bahagia. Yap.. mencegah lebih baik dari pada mengobati.
.
Jadi saya sarankan kamu nonton film #mygenerationfilm ini agar setidaknya kamu bisa paham bahwa seorang anak juga ingin didengar pendapatnya. Btw film ini ada bagian lucunya jg haha, dan yg lebih lucu.. saya sendiri kayanya yg berumur diatas 30 di studio tadi. Lainnya anak muda semua.

#MyGenerationCGV50juta #SeruBarengCGV #yuknontonsatusekolah #cgvtransmartpekanbaru  #myGeneration #cgvpekanbaru

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top