Indo Blog Net

Menulis Yuk

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan pada Merek yang Terdaftar

perlindungan merek

Mendaftarkan merek adalah suatu hal yang biasa dilakukan bagi pemilik merek untuk mempromosikan mereknya tersebut. Dibutuhkan beberapa persyaratan untuk mendaftarkan merek agar merek tersebut dapat diterima dan terdaftar.Ada beberapa bagian yang penting ketika akan mendaftarkan merek seperti saaat mengisi data harus benar-benar ssuai dengan kriteria pemilik merek tersebut.

Namun apakah jika merek yang sudah terdaftar sudah seratus persn?.Ketika merek anda sudah terdaftar maka masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mereknya sudah terdaftar.

Hal yang Perlu Diperhatikan pada Merek yang Sudah Terdaftar:

  1. Pastikan merek anda terdaftar sesuai dengan isi data yang sudah anda isi saat melakukan registrasi.
  2. Bandingkan perbedaan merek anda dengan merek yang sejenis apakah merek anda jauh lebih menarik atau tidak.
  3. Pastikan tampilan merek anda sesuai dengan yang konsep yang telah dibuat.
  4. Jika produk dengan nama merek yang sudah anda buat lakukan perbaikan agar menjadi lebih menarik lagi untuk para konsumen.
  5. Disaat merek tersebut sudah terdaftar,pastikan jika merek tersebut terlindungi.

Ini adalah sebagian penting yang perlu diperhatikan disaat merek anda sudah terdaftar.Jika merek anda tidak sesuai dengan kriteria diatas maka anda harus memastikan lebih lagi bahwa merek anda sudah terdaftar dengan aman.

Perlindungan Merek

Selain jika merek akan dilindungi oleh pihak berwajib tetapi juga ada beberapa persyaratan harus dipenuhi agar merek tersebut dapat dilindungi.Berikut ini adalah beberapa persyaratan agar merek tersebut dapat dilindungi:

  1. Gambar pada logo merek tidak boleh sama dengan merek pada produk lainnya.
  2. Nama dalam merek tersebut juga tidak boleh sama dengan merek produk lainnya walaupun hanya mirip sedikit.
  3. Kalimat atau kata-kata dalam merek tidak boleh sama dengan merek produk lainnya.
  4. Pendaftaran merek harus dilandasi dengan itikad yang baik dan benar.
  5. Merek harus sesuai dengan kriteria Undang-undang,dan juga ketertiban lain pada umumnya.
  6. Nama merek harus sesuai dengan karakteristik merek tersebut agar dapat menerangkan merek itu sendiri.

Ini adalah beberapa persyaratan yang harus diikuti oleh para pemilik merek agar mereknya tersebut dapat dilindungi oleh pihak berwajib.Jika merek yang ingin didaftarkan mempunyai kesamaan baik kesuluruhan maupun pokoknya maka suatu merek akan ditolak oleh DJHKI.

Tempat Perlindungan Merek Berlaku

Merek hanya berlaku di kawasan territorial, dalam artian merek hanya dapat berlaku di beberapa negara yang permohonan paten dapat diajukan dan diberi.Cara agar dapat perlindungan merek maka langkah yang pertama kali harus dilakukan adalah permohonan pendaftaran merek terlebih dahulu ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual atau DJHKI.

Tetapi jika merek hanya terdaftar di Indonesia maka merek tersebut tidak dapat perlindungan di negara lain.

Selain di Indonesia,merek juga dapat dilindungi di negara lain.Langkah awal untuk perlindugan merek di negara lain adalah mendaftarkan merek tersebut terlebih dahulu ke negara yang akan dituju. Dengan cara menggunakan Konsultan HKI yang sudah terdaftar yang wilayah kerja nya meliputi negara tersebut,supaya menjadi kuasa untuk permohonan.

Di berbagai negara sudah menerapkan system pendaftaran merek terpusat,seperti negara Belanda,Belgia, dan Luksemburg.Sistem adalah seperti Benelux yang dimana jika pendaftaran merek melaui system tersebut maka merek akan terdaftar di ketiga negara tersebut.Masih adalah system untuk pendaftaran merek untuk Eropa yaitu system OHIM.

Jika mendaftarkan merek melalui system tersebut maka merek akan tersebar luas ke 22 negara Eropa.Hanya saja disaat pemeriksaan permohonan terjadi masalah maka akan berdampak pada seluruh permohonan untuk semua negara yang akan didaftarkan.

Baca juga: Artikel Pendaftaran Merek Online

Credit photo: prolegal.id

 

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top