Entrepreneur

Gurihnya Bisnis Oleh-oleh di Tempat Wisata

sambal khas lampung
Ramainya Toko Oleh-oleh Makanan

Ramainya Toko Oleh-oleh Makanan

Traveling sudah menjadi gaya hidup baru warga Indonesia.Pada akhir pekan, warga Jabodetabek dan kota-kota lainnya sudah mahfum berboncong-bondong ke tempat wisata. Apalagi jika long weekend, pasti kemacetan ke berbagai daerah seperti masa-masa mudik lebaran sudah biasa terlihat. Melihat antusiasme warga terhadap momen liburan, membuka peluang besar bagi bisnis yang terkait dengan itu, seperti restoran, toko oleh-oleh, sovenir, dan sebagainya. Karena saya suka makan, saya akan ulas sedikit tentang bisnis oleh-oleh yang makin menggiurkan untuk dicoba.

Mengapa bisnis makanan oleh-oleh itu sesuatu yang lezat? Oleh karena liburan dan buah tangan seperti masakan tanpa garam. Rasanya kurang lengkap pulang liburan, tidak menenteng buah tangan. Apalagi yang kerja kantoran, biasanya sepulang tugas dinas atau jalan-jalan, esoknya langsung ditagih oleh-oleh. Hmmm….

Warga Indonesia memang memiliki karakter kekeluargaan dan suka berbagi. Mereka selalu ingin berbagi kebahagiaan sehingga gemar membeli buah tangan seperti makanan. Ya, berbagi oleh-oleh bisa mempererat silaturahmi, dan “mengakhiri” konflik yang tanpa kita sadari loh membuat orang tidak enak, begitu pun sebaliknya…

Laris manisnya bisnis oleh-oleh, saya saksikan sendiri ketika bersama keluarga liburan ke Lampung. Wisatawan sangat antusias memburu oleh-oleh. Toko Manisan Yen Yen, salah satu yang paling laris diburu. Sedari pagi sampai menjelang malam, pengunjung mensesaki toko ini. Bahkan antrian membayar ke kasirnya pun begitu panjang. Hmm..saya yang ingin membeli, jadi bersiap nahan pegel kaki ngantri di kasir.

Meskipun namanya toko manisan, toko ini menjual beraneka makanan. Mereka seolah paham bahwa prospek bisnis makanan ringan dan masakan khas saat ini renyah banget, serenyah keripik pisang khas Lampung heheh. Bukan hanya disaat lebaran, tetapijuga sepanjang liburan, wisatawan pasti nggak pernah absen mampir menyambangi tokonya.

Toko Manisan Yen Yen ini memajang aneka manisan buah-buahan seperti manisan mangga dan salak. . Ada juga berbagai bolu seperti bolu gulung dan bolu selai durian yang bentuknya mirip pai durian.

Yang paling laris dicari wisatawan adalah aneka keripik pisang, terutama pisang cokelat dan pisang keju. Pisang dengan bubuk cokelat ini memang masuk ke dalam ikon makanan khas Lampung .  Ya, pasalnya Lampung tersohor sebagai daerah penghasil  pisang terbaik. Untuk mendapatkan stok pisang, menurut penjaga toko, tidak mudah loh, harus menunggu masa panen. Memang mereka bisa saja mengambil keripik pisang merek lain, tapi itu tidak dilakukan demi kualitas.

Selain keripik pisang, kopi asal Lampung pun jadi favorit. Kopi robusta asal Lampung sudah terakui kualitasnya.  Konon menjadi salah satu kopi terbaik di dunia. Di sana, wisatawan juga bisa membeli cuka kering, sambal khas Lampung, lempok durian dan berbagai kue-kue lainnya.

Kesuksesan Toko Manisan Yen Yen pun mengilhami lahirnya masyarakat Lampung untuk berbisnis oleh-oleh. Dan, pemain baru di bisnis kuliner, juga merasakan enaknya bisnis makanan buah tangan ini. Meski kata perekonomian lagi lesu, wisatawan lokal tetap banyak yang jalan-jalan, dan royal membeli oleh-oleh, dibandingkan wisatawan mancanegara.

Ketika saya ke Lombok, Garut juga mendapati pemandangan yang sama.  Toko oleh-oleh ramai pembeli.  Bahkan di Garut yang terkenal dengan dodolnya, berinovasi membuat olahan dodol yang kekinian dan digemari anak muda. Chocodot salah satunya.

Di Palembang, tentu sudah tau ya  khas dengan pempeknya. Ramai sekali penjual oleh-oleh pempek di sana. Dari yang kaki lima sampai bintang lima. Kumplit. Balikpapan sebagai penghasil kepiting pun mulai bereaksi dengan bisnis ini dengan menyediakan kemasan masakan kepiting. Kamu bisa membawa masakan kepiting saus tiram ataupun kepiting lada hitam ke bagasi pesawat dan disantap di rumah, karena masakan ini sudah dikemas khusus.

Pempek pun Bisa Dikemas dan Dibawa Sebagai Buah Tangan

Pempek pun Bisa Dikemas dan Dibawa Sebagai Buah Tangan

Toko oleh-oleh makanan di Malang yang menyediakan aneka keripik tempe dan beragam keripik buah juga semakin bermunculan dan selalu ramai. Bahkan kawan SMA saya kemudian ikut berbisnis  dengan menjual aneka strudel bekerja sama dengan artis Teuku Wisnu. Strudel apel dan beragam strudel lainnya ini tergolong makanan jenis baru di kota Malang dan kemudian populer sebagai penganan yang perlu dibeli sebagai buah tangan.

Dari pengamatan saya ke berbagai toko oleh-oleh, beberapa hal penting dalam menyediakan makanan sebagai buah tangan adalah promosi dari mulut ke mulut juga melalui media sosial. Teman-teman  bisa mengajak pembeli untuk bercerita tentang nikmatnya makanan ringan yang dijual, tentunya bukan bualan ya. Berikutnya adalah faktor ketersediaan, apalagi jika musim liburan.  Kemasan yang menarik juga sangat penting untuk menimbulkan daya tarik. Dan, harganya masuk akal ya..wajar lah. Syukur bisa masuk harga mahasiswa.  Kreativitas dan inovasi pastinya nggak boleh berhenti. Pembeli suka hal-hal baru dan pembeli di Indonesia gemar tren makanan baru. Jadi siapkan riset khusus untuk makanan dan mulailah berinovasi, seperti strudel, brownies tempe, dan pai apel yang sekarang hadir di kota Malang,mulai dilirik banyak wisatawan. Senangnya daerah tumbuh dan maju….

Puspa

Saya suka membaca dan menulis apa saja.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • YouTube saat ini bisa jadi lahan yang mendatangkan penghasilan lumayan, lho. Makanya makin banyak nih para YouTuber yang bermunculan. YouTube juga bisa jadi sarana promosi yang kekinian bagi para marketer 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #youtube #youtuber #marketer #socialmedia #promotion

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top