Kuliner

Gurihnya Ayam Goreng Kremes RM Padang Roda Padati

ayam kremes

Boleh dikata, semua orang tahu Rumah Makan (RM) Padang.  Pasalnya, hampir di setiap penjuru kota, mulai dari yang sederhana hingga  berkelas, ada rumah makan Padang.  Enak juga ya bagi orang Padang asli, sangat mudah menemukan rumah makan yang sesuai dengan seleranya. Kemana-mana, jadi berasa di daerahnya sendiri.

Kebetulan, saya penyuka masakan Padang. Biasanya, saya membeli nasi bungkus di RM Padang Roda Padati yang terletak tidak jauh dari rumah,  tepatnya di Jalan Hj Baping Kelurahan Ciracas Kecamatan Ciracas Jakarta Timur

Rumah makan yang terletak di pinggir jalan raya ini, menyuguhkan menu  beragam : rendang, ikan Goreng, ikan bakar, ayam kremes dan sejumlah menu khas Sumatera Barat.  Ayam Goreng Kremes, salah satu yang menjadi favorit keluarga saya. Rasanya  gurih,  kremesnya garing, berbeda dengan ayam kremes yang saya pernah rasakan di tempat lain.

Karena seringnya  membeli nasi bungkus di sini,saya jadi akrab dengan Uni penjualnya.  Sambil menunggu Uni membungkus nasi saya bertanya banyak hal. Pernah suatu hari saya iseng menanyakan bagaimana cara membuat kremes yang enak ? Si Uni dengan ramah membagi resepnya. Ia tak khawatir rahasia kelezatan masakannya terbongkar. Dan, ketika saya praktekkan di rumah, hasilnya lumayan enak sih. Tapi jujur, kalau dibandingkan,  hehehe tetap lebih lezat ayam kremes buatan Uni.

roda padat

Di lain waktu saya menanyakan tentang bumbu rahasia apa sih yang di gunakan Uni saat memasak. Menurut ceritanya,  bumbunya diolah sendiri, terutama rempah rempahnya seperti jintan, pekak, kapulaga dan banyak lainnya yang saya pun tak hapal.

Cara memasaknya,  Uni menerangkan, semua rempah rempah dimasak di atas penggorengan dan diaduk-aduk selama 4 jam. Wahhh lama bener. Udah gitu, saat proses memasak usahakan tidak boleh gosong. Hmm..sampai-sampai  daun jeruk dan daun salamnya disulap jadi garing segaring kerupuk, kriuk-kriuk  setelah prosesnya selesai. Rempah-rempah yang sudah diolah tadi, selanjutnya digiling di pasar, dan bisa disimpan untuk di gunakan setiap hari. Biasanya Uni membuat stok bumbu rempah untuk persediaan selama 3 bulan. Pantas saja masakannya semua “yummi” menurut lidah saya.

Walaupun harga nasi bungkus di RM Roda Padati ini bisa dikatakan lebih mahal tapi saya tetap memilih membeli nasi bungkus Uni, karena rasa yang tak tertandingi.  Selain itu, yang paling berkesannya lagi,  RM Roda Padati  saat bulan ramadhan tidak melayani makan di tempat walaupun  buka dari jam 3 sore. Tapi jika untuk dibungkus, akan dilayani. Baru pada waktu berbuka puasa, konsumen bisa makan di tempat. Pesan ini merupakan wasiat orang tua Uni yang selalu diingatnya.  Saya sangat setuju dengan ini.

RM Roda Pedati ini juga melayani pesanan catering, nasi box, dan nasi bungkus. Harga rata-rata nasi plus lauk  yang ditawarkan berkisar antara 13 ribu sampai 20 ribuan. Untuk nasi Padang, lauk ayam kremes, dihargai hanya Rp 14 ribu. Harga yang relatif murah sebenarnya ya. Makanya tak heran, setiap jam makan siang, RM Poda Pedati milik Uni selalu dipenuhi pembeli. Ruangannya  memang kurang begitu luas, jadi terasa sesak dan penuh. Agak kurang nyaman juga sih.

Saya do’ a kan semoga RM roda Padati semakin maju sehingga Uni bisa memperluas lagi ruangannya dan pembeli pun jadi semakin nyaman menyantap makanan Uni.  Aamiin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, sahabat Indoblognet 😁 Selamat beraktivitas dan menjalani hari penuh berkah, aamiin
.
Sahabat, tau gak kalian, kalau saat ini menulis content yang hanya berupa tulisan rasanya jadi kurang menarik, khususnya untuk konten sosmed ya guys 😀 Karena saat ini konten yang menarik perhatian  audiens adalah konten yang dikemas dalam bentuk infografik (yaitu konten dalam bentuk visual: tabel, gambar, animasi, dll)
.
Berdasarkan survey, konten infografik mendapatkan like dan share yang lebih banyak 3X lipat dibandingkan konten yang hanya berupa tulisan 😉 Nah, yuk ah belajar meningkatkan kualitas kontenmu dengan mencoba berbagai bentuk infografik 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #infografik #konten #tipscontent #trending #popularpost #viralcontent #socialmedia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top