Menulis Yuk

Great Muslimah: Menjadi Muslimah Cerdas Masa Kini

Great Muslimah: Menjadi Muslimah Cerdas Masa Kini

Great muslimah, berbahagialah. Kau tunjukkan pada dunia. Kau mampu warnai langit indah. Dengan cinta, kau wujudkan masa depan penuh dengan karya nyata. Muslimah Syari’ Berprestasi Menginspirasi.

Diatas adalah sedikit bait dari lagu Great Muslimah oleh Teh Febrianti Almeera. Pertama kali saya mendengar lagu ini adalah saat ada event kemuslimahan di kampus yang menghadirkan tokoh-tokoh muslimah hebat, termasuk Teh Febrianti Almeera.

Berbicara kata muslimah tentu kita sepakat bahwa seluruh wanita islam adalah seorang muslimah yang dijaga juga dilindungi oleh Allah. Oleh sebab itu perintah mengulurkan kain di kepala hingga ke dada ditetapkan. Kita tentu juga sependapat bahwa seorang muslimah adalah sosok yang menjaga tutur bahasa dan prilakunya. Sudah menjadi harapan saya dan teman-teman lainnya untuk dapat menjadi sosok great muslimah.

Lantas seperti apakah sosok Great Muslimah?

Menurut saya seorang great muslimah adalah muslimah yang cerdas. Ia pergunakan ilmunya di jalan kebaikan untuk menolong dan membantu orang banyak. Selain itu, pengetahuan yang dimiliki dikembangkan hingga menghasilkan karya dan ide kreatif. Tak pernah lelah belajar dan menggali potensi diri. Selalu sabar dengan proses perbaikan juga ujian. Pantang menyerah untuk mewujudkan impian dan cita-cita. Dimana semua itu dilakukan semata-mata hanya mencari ridha-Nya Allah.

Muslimah seperti ini tentulah menjadi inspirasi banyak muslimah di dunia. Seperti Khadijah seorang muslimah dan pengusaha wanita yang sukses juga terhormat. Seluruh kekayaan miliknya, diberikan juga dikorbankan untuk perjuangan sang suami yang tak lain adalah Baginda Rasulullah SAW demi mensyiarkan Islam. Lalu ada pula sosok muslimah lainnya yang juga Ummul Mukmin yaitu Aisyah yang senantiasa belajar dan menuntut ilmu. Beliau pun dikenal sebagai orang yang banyak meriwayatkan hadits dan memiliki ilmu pengetahuan yang luas. Sosok muslimah cerdas selanjutnya adalah putri kesayangan Baginda Rasulullah SAW, Fatimah Az-Zahra. Beliau memiliki hati yang bersih dan akhlak mulia. Keikhlasan beliau dalam menghadapi liku-liku kehidupan patut menjadi contoh para muslimah.

Lalu di zaman sekarang adakah sosok great muslimah yang cerdas, berprestasi dan menginspirasi?

Menurut saya berikut nama-nama muslimah cerdas masa kini yang berhasil mengembangkan potensi dan kemampuan atau keahlian yang dimiliki menjadi ide-ide kreatif dan prestasi. Sehingga menginspirasi banyak orang dan muslimah lainnya.

Ada Mbak Oki Setiana Dewi yang memulai karirnya di dunia akting lewat film Ketika Cinta Bertasbih dan sekarang telah memulai usaha bisnis fashion. Dengan jilbab ia mampu memperkenalkan ke dunia bahwa muslimah juga dapat berkarya dan berbisnis di ranah fashion.

Lalu Mbak Asma Nadia dan Mbak Helvy Tiana Rosa yang memiliki segudang prestasi dan karya dibidang sastra. Goresan pena mereka telah dibaca jutaan pasang mata. Bahkan karya-karya mereka masuk ke layar lebar. Mereka mengajarkan saya bahwa muslimah juga bisa berdakwah lewat sastra dan film.

Ada pula Mbak Febrianti Almeera yang terus berkarya lewat lagu penyemangat seperti Great Muslimah. Melalui lagunya saya semakin termotivasi untuk terus menulis dan berkarya. Saya pun tersadar bahwa lagunya telah menginspirasi saya juga banyak orang. Bahkan baru-baru ini ia kembali aktif menulis di blog.

Selain itu ada pula Mbak Angella Fransisca yang tak hanya cantik, tapi juga cerdas. Saya mengenalnya juga lewat acara kemuslimahan kampus. Saat itu ia menceritakan kisah hijrahnya dari masa jahiliyah. Ia memotivasi saya dan teman-teman muslimah lainnya untuk bangkit juga berproses lebih baik. Sosok muslimah yang biasa disapa Teh Anggella ini juga berkecimpung di dunia Fashion dengan membuka bisnis pakaian syari’.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang berkata, “Mereka mah memang orang-orang terkenal. Sering di layar kaca dan sosmed. Apa ada sosok muslimah cerdas lainnya yang bisa menjadi sorotan?”

Ayolah teman, mereka terkenal karena berprestasi dan memiliki karya. Tapi untuk menjawab pertanyaan diatas maka saya akan bilang, “ya ada dan sangat banyak.”

Adakah sosok great muslimah di masa kini

Sosok great muslimah di masa kini

 

Contohnya teman kampus saya bernama Cinthia Dewira yang senantiasa mengajak menutup aurat yang sering kita lupakan yaitu di pergelangan tangan. Ia membuat dan memproduksi manset-manset cantik juga lucu untuk para muslimah. Ia juga memperkenalkan bahwa mengenakan manset bukan berarti kuno. Layaknya para muslimah yang memproduksi dan mengenalkan jilbab-jilbab syari’. Berkat ketekunan juga kesabaran, bisnisnya telah berkembang dan memiliki pelanggan setia hingga negeri tetangga. Sungguh prestasi yang sangat menginspirasi, bukan? Sosok muslimah ini mengajarkan saya bahwa segala hal yang bertujuan karena lillah, in sya Allah hasilnya tak akan pernah mengecewakan.

Cinthia Dewira: Sosok muslimah cerdas masa kini

Owner Dewira Manset

 

Selain Cinthia ada juga kaka tingkat di kampus yang kerap saya panggil Teh Nad. Ia memiliki bakat dan keahlian di bidang seni mengambar. Lalu Syafa yang juga sama hebatnya dalam urusan membuat sketsa gambar. Kedua sosok muslimah ini saya bilang cerdas karena mereka memanfatkan ilmu dan potensi miliknya untuk mensyiarkan dakwah Islam dengan cara menyenangkan yaitu melalui gambar. Mereka berdua telah menjadi pemicu saya untuk terus berkarya. Suatu saat nanti semoga mereka juga menginspirasi banyak muslimah.

Komik milik @hanindanadia

Salah satu karya Teh Nad dalam bentuk komik

Lalu bisakah kita menjadi sosok muslimah cerdas seperti mereka yang berprestasi dan menginspirasi banyak orang?

Jika mereka bisa, kenapa kita tidak?! Bukankah setiap manusia telah diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan yang dimiliki dapat kita manfaatkan untuk berkarya dan belajar lebih banyak agar potensi tersebut berkembang dan bermanfaat bagi banyak orang.

Tentu kita sependapat bahwa ilmu yang baik adalah yang bermanfaat untuk banyak orang.

Jika memiliki keahlian dalam berbisnis, maka ya berbisnislah seperti cara Rasulullah. Jika memiliki keahlian di bidang sastra, ya tulislah karya-karya yang menyentuh jiwa juga kebaikan. Jika hobi travelling, ajaklah orang-orang untuk melihat kuasa Sang Maha Pencipta lewat foto-foto di sosial media. Jika bisa membuat design, buatlah design dakwah yang menarik.

Menurut saya jika telah menjadi seorang muslimah cerdas yang menginspirasi tentu akan berprestasi pula. Dimana kata ‘prestasi’ tak selamanya berwujud piagam dan penghargaan yang dapat dilihat secara lahiriyah. ‘Prestasi’ sesungguhnya adalah ridho-Nya. Dimana hanya Allah yang lebih mengetahui kapan dan untuk siapa ridho-Nya tercurah.

Intinya menjadi muslimah cerdas versi saya adalah ilmunya tak hanya untuk diri sendiri tapi juga banyak orang. Selalu semangat berkarya dan mengembangkan kemampuan diri untuk menciptakan ide-ide kreatif, ntah itu berupa bisnis, kegiatan acara, tulisan, lagu, film bahkan menjadi seorang ibu yang melahirkan generasi madani pun termasuk sosok great muslimah cerdas.

Kalau saya sendiri ingin menjadi sosok great muslimah lewat karya-karya dalam bentuk tulisan perjalanan. Saya menjuluki diri dengan Jilbab Travel Blogger. Hehehe. Kalau kamu?

So let’s be a great muslimah yang cerdas, berprestasi dan menginspirasi.

Great muslimah sosok muslimah cerdas yang berprestasi dan menginspirasi

Ayo menjadi great muslimah yang cerdas, berprestasi dan menginspirasi

Bee Balqis

Jilbab Travel Blogger

Latest posts by Bee Balqis (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kabar bahagia nih khususnya bagi warga Tangerang Selatan dan sekitarnya. Sekarang ga susah lagi mencari kebutuhan oleh-oleh haji dan perlengkapan muslim, @bursa.sajadah sudah ada di BSD loh. Tepatnya di Ruko Tol Boulevard C No. 11-12. Jalan Pelayangan BSD, Tangerang Selatan.

Alhamdulillah Bursa Sajadah sejak didirikan tahun 1998, terus berekspansi. Bursa Sajadah di BSD ini merupakan cabang ke-9, setelah di  Bandung, Bekasi, Bogor, Jakarta, Malang, Solo dan Surabaya.

Tuk yang mau belanja2 kebutuhan lebaran atau ingin memberikan sesuatu yang spesial tuk orang2 tersayang, selagi masih grand opening di BSD, siapa tahu dapat harga yang spesial :) Tuk rekan2 blogger terpilih di wilayah Tangsel, kita nanti bersilaturahmi ya di Grand Opening Bursa Sajadah BSD, Kamis, 1 Juni 2017.  #BursaSajadah #bursasajadahBSD #skvgroup #Tangerangselatan

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top