Indo Blog Net

tanaman

Gembili, Umbi Kecil Kaya Manfaat

gembili umbi kecil kaya manfaat

Waktu aku dan suami memutuskan untuk makan di sawah ternyata ada ibu-ibu yang menawarkan aku umbi gembili. Terus terang aku kurang mengenal dengan jenis umbi-umbian ini. Akhirnya aku harus mengetahui tentang umbi ini.

Ternyata di daerah Kuningan banyak yang masih menanam umbi ini walau keberadaannya banyak yang belum familiar dengan umbi ini. Dan memang di pasar juga sudah jarang orang menjual gembili ini.

Padahal jaman dulu umbi-umbian ini dijadikan sebagai bahan pokok makanan, tapi karena produksi padi melimpah akhirnya banyak yang berpindah ke beras sebagai makanan pokoknya.

Padahal gembili ini kaya manfaat buat kesehatan.

Sekilas Tentang Umbi Gembili

Gembili tumbuh merambat dengan batang yang berduri dengan daun berwarna hijau. Gembili ditanam di pendesaan dalam jumlah yang terbatas karena umur panennya agak lama.Tingginya bisa mencapai 12 meter.

Umbinya berdiameter 4 cm dengan panjang 4-10 cm. Ukurannya hampir sama dengan ubi jalar dan bergerombol 5-20 umbi di dalam permukaan tanah. Umbi berbentuk bulat dengan permukaan licin. Daging umbi ini berwarna putih bersih sampai keruh.kulit gembili berwarna krem sampai coklat.

Kulitnya tipis sehingga mudah dilepaskan. Gembili ini ada beragam jenisnya seperti gembili gajah, gembili ketan, gembili srewot dan gembili wulung. Dan gembili termasuk yang aman dimakan tidak seperti gadung. Untuk menanam gembili berasal dari umbinya.

Baca juga: Bunga Tulip Bunga Eksotis dari Belanda

Umbinya ditanam dulu di tempat yang teduh. Setelah bertunas dan menyembul ke permukaan barulah dipindahkan ke tempat yang akan ditanam umbi ini.

Dulu, umbi ini disamakan dengan bahan pakan sehari-hari sekarang sudah banyak ditinggalkan padahal gembili ini banyak manfaatnya. Mengandung karbohidrat sehingga setelah makan ini tubuh kita akan berenergi.

Juga ada sejenis protein yang bisa menetralisir racun dalam tubuh. Juga punya manfaat untuk meningkatkan vitalitas , keperkasaannya kuat.

Baca juga: Suweg, Tanaman Tinggi Karbohidrat yang Bisa Jadi Pengganti Nasi

Kandunagn gizi yang terdapat di 100 gr gembili adalah protein 1,5 gram, lemak 0,1 gram, karbohidrat 22,4 gram, fosfor 49 miligram, zat besi 1 miligram, kalsium 14 miligram,vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin C 4 miligram, vitamin B1 0,,05 miligram.

Umbi-umbian sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena memiliki serat tinggi. Banyak orang yang kekurangan serat dalam makanannya sehingga sering terserang penyakit degeneratif. Karbohidrat pada gembili terdiri dari gula, amilosa dan amilopketin. Sedangkan komponen gula terdiri dari glukosa, fruktosa dan sukrosa sehingga gembili memiliki rasa manis.

Protein yang terdapat pada gembili terdiri dari asam amino yang rendah seperti asam amino sulfur. Yang termasuk asam amino sulfur sepert metionin dan sistein. Juga terdapat lisin, tirosin dan triptophan. Dan asam amino lainnya dalam jumlah yang besar.

Dari hasil penelitian ternyata gembili juga menghasilkan senyawa glucomannan yang menyatu dengan protein. Zat inilah yang bisa menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.

Manfaat dari umbi gembili bagi manusia

  1. Digunakan untuk membuat produk makanan. Gembili ini bisa dibuat menjadi mie instan, kerupuk atau bahan untuk membuat kue. Bisa dibuat tepung sehingga seratnya menjadi halus.
  2. Mengenyangkan perut. Kandungan karbohidratnya membuat kita akan merasa kenyang
  3. Menyehatkan pencernaan. Karena serat yang tinggi bisa membantu sistim pencernaan.

Nah, sekarang kita jadi tahu apa gembili itu. Walau aku sendiri baru pertama kali melihat bentuk gembili ini. Tapi juga menyayangkan kalau gembili ini tak dimanfaatkan dengan baik sebagai sumber karbohidrat yang baik. Cara makan yang paling sederhana selain diolah menjadi tepung adalah dengan mengukusnya atau digoreng atau dibakar. Apakah di daerah kalian ada juga gembili yang ditanam?

Sumber gambar : https://republika.co.id

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top