Kuliner

Galuh Putra Kerupuk, Industri Kecil Kerupuk di Cempaka Putih

Masih teringat di pikiranku ketika aku disuruh memesan sebuah kerupuk oleh ibu untuk penyaji hajatan di rumah. Tak tanggung-tanggung ibu perlu 100 biji kerupuk untuk undangan hajatan khitanan adekku. Setali tiga uang kebetulan sekali aku juga dapat tugas dari dosen wirausaha untuk mengunjungi usaha kecil dan menengah. Aku jadikan UKM kerupuk media untuk menyelesaikan tugas dari dosen sekaligus membeli pesanan 100 biji kerupuk dari ibu.

Setelah mencari-cari akhirnya aku menemukan sebuah UKM yang memproduksi kerupuk di sekitaran wilayah Cempaka Putih Jakarta Pusat. Nama UKM itu adalah Galuh Putra kerupuk. Pertama kali melihat UKM galuh putra kerupuk. Aku sudah disambut dengan ratusan jemuran kerupuk yang berada di pelataran dan di atas-atap rumah. Namun demikian, suasana terlihat sepi dan tidak ada karyawan yang sedang melakukan aktivitas pekerjaannya. Hanya ada gerobak kerupuk, penggorengan dan alat-alat pendukung proses produksi kerupuk. Setelah beberapa saat saya memanggil-manggil akhirnya keluarlah seorang bapak yang sudah agak berumur menghampiriku. Dialah bapak Ali pemilik  Galuh Kerupuk.

Foto0653

kotak kerupuk UKM

Hari itu memang karyawan sedang libur, karena stock yang terlalu menumpuk sementara penjualan terus mengalami penurunan. Terpaksa karyawan diliburkan.  Sebelum membeli, aku ajukan beberapa pertanyaan yang telah ditugaskan oleh dosen. Beberapa pertanyaan itu seperti sejarah UKM Galuh Kerupuk, jumlah karyawan, wilayah pemasaran,  Pak Ali menjawabnya dengan cepat.

“UKM Galuh Putra Kerupuk awalnya bermodal sebesar Rp 7.000.000.  Tidak mempunyai tempat produksi yang menetap.  Awalnya berdiri tahun 1955, di Jalan Mardani Raya, Jakarta. Dan baru menetap di Jalan Cempaka Putih Barat XIX, Jakarta Pusat. Pertama kali beroperasi, hanya menggunakan alat-alat manual. Seiring berjalannya waktu industri ini terus berkembang. Pak Ali bisa membeli  mesin adonan dan pencetak krupuk otomatis seharga cukup tinggi, Rp 75.000.000.

gerobak kerupuk

gerobak kerupukasaran dan 5 orang di bagian produksi. Kerupuk tersebut dipasarkan hanya dalam lingkup sekitaran cempaka putih, salemba dan mardani raya.”  Begitu jelas bapak Ali selaku pemilik Galuh Putra Kerupuk.

Sebelum ada mesin pencetak dan pencampur adonan, Pak Ali dibantu  10 karyawan di bagian produksi. Setelah adanya mesin kerupuk,  ia memangkas setengahnya, hanya  5 karyawan yang dilibatkan pada bagian produksi. Perusahaannya terus berkembang, hingga ia memiliki sebanyak 25 orang, 20 orang diantaranya di bagian pemasaran. Mereka menaruh kerupuk dalam box kerupuk yang sudah disediakan Pak Ali  ke warung-warung. Pengemasannya masih sangat sederhana.

Selama wawancara, aku sempat merasakan satu kerupuk bawang yang ada dalam kotak kerupuk.   Gurih dan renyah rasanya, ditambah aroma bawang tersemat dibalik gigitan kerupuk.

Seratus kerupuk yang sudah kupesan  dimasukkan rapi ke dalam sebuah kantong plastik besar. Namun sebelum beranjak pulang, aku sempatkan  memberi saran kepada Pak Ali melalui pengamatanku yang agak singkat tadi.  Terutam

a dari segi penataan alat-alat produksi agar bisa lebih disusun rapi. Karena,  terlihat beberapa mesin yang kurang bersih dan alat-alat  berserakan. Jika lingkungan kerja bersih, tentunya akan berdampak pada higienisnya hasil produksi kerupuk itu juga. Atmosfer kerja pun jadi enak dan nyaman, sehingga karyawan  menjadi lebih rajin karena mesin dan alat-alat bersih dan tertata rapi.

Kemudian, pengemasannya agar dibuat lebih menarik dan bisa masuk ke swalayan atau department store. Promosi juga masih memakai cara tradisional yaitu dari mulut ke mulut. Masyarakat kurang familiar dengan nama Galuh Putra kerupuk. Hanya di sekitaran pabrik dan wilayah setempat yang mengenal galuh putra. Supaya lebih mengenalkan UKM Galuh Putra sebaiknya galuh putra membuat promosi di radio ataupun membuat  brosur. Karena sekarang eranya digital bisa dicoba, membuat sebuah blog yang bertujuan mengenalkan produk ke khalayak umum. Selain murah memanfaatkan internet sebagai alat prmosi juga memiliki jangkauan yang luas dan tidak terbatas. Jika sudah demikian,  wilayah pemasaran yang semula hanya di sekitaran cempaka putih dan sekitarnya mungkin bisa diperluas di seluruh Jakarta Pusat. Tetapi, jangan lupa, kualitas rasanya jangan sampai berkurang,  harus terus ditingkatkan.

Foto0663

belajar dari UKM Kerupuk sebelum membeli produknya

Akhirnya aku berpamitan kepada bapak Ali sambil membawa pulang 100 biji kerupuk bawang yang sudah aku beli seharga Rp 80.000. Dari kunjungan ke UKM bermanfaat sekali untuk menambah pengetahuanku, terutama tentang impian menjadi wirausaha sukses.

Alamat Galuh Putra Kerupuk :

Jalan cempaka putih barat XIX, kelurahan cempaka putih barat, RT 07 RW 07 no8 Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat.

 

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top