Inspirasi

Gali Kreativitas Saat Berkendara Umum

Transportasi umum di Jakarta memang sebagian besar masih kurang nyaman. Ada saja faktornya dari yang suka ngetem, jumlahnya yang terbatas, penumpangnya yang berjejalan, pengamen dan pedagang yang silih berganti hingga ancaman pencopet. Namun tetap saja transportasi umum diperlukan. Nah, agar berkendara di transportasi umum tetap menyenangkan, coba deh gali ide kreativitasmu di sini.

Transportasi umum di Jakarta beragam dari yang jarak dekat seperti bajai, kopaja, metromini dan mikrolet, bus Trans Jakarta, hingga yang jarak jauh seperti kereta, bus, juga kapal laut. Juga ada angkutan lainnya berupa taksi. Meskipun kalian memiliki kendaraan pribadi, tentu kalian pernah mencicipi naik transportasi umum seperti kapal laut menuju Kepulauan Seribu. Atau kereta dan bus antar provinsi, misalnya. Tapi misalkan belum pernah melakukannya, coba deh sesekali mencicipi kendaraan umum untuk memperkaya atau menambah pengalaman hidup.

Saat naik kendaraan umum biasanya saya membawa berbagai peralatan agar nyaman, baik saat menunggu hingga di dalam kendaraan. Yang biasanya saya bawa adalah permen, air minum, buku bacaan, ipod,  kipas, dan pencuci tangan instan. Bagi mereka yang kreatif, selama berkendara sejak ia menunggu angkutan umum hingga tiba di rumah, ada banyak hal yang bisa menjadi sumber inspirasi. Idenya itu bisa berupa bahan untuk menulis lirik lagu atau puisi, membuat artikel, ide untuk penelitian, membuat novel, komik, dan film, hingga ide untuk membuat inovasi baru dalam hal berpromosi. Ya, ada segudang inspirasi dari jalanan yang padat di Jakarta juga derita selama naik transportasi umum ibukota.

Sambil menunggu kalian bisa membaca buku, baik dari buku fisik ataupun melalui aplikasi reader berbasis android/IOS. Sambil menunggu dan membaca, mungkin terpikir untuk membuat sebuah novel dimana setting-nya berada di sebuah kendaraan umum dan karakternya bisa terdiri dari pengemudi, Pak Polisi, atau para penumpang. Misal ide membuat novel tentang Cintaku Berpaut di Commuter Line atau Rahasia Gelap Stasiun Tanjung Priuk. Siapa tahu novel kalian juga bisa dibuat naskah FTV atau film layar lebar.

Bagi yang suka menggambar komik juga ada banyak ide dari transportasi publik, misalnya komik tentang peralatan ‘perang’ naik transportasi umum, atau saat para pekerja perempuan berjibaku agar bisa terangkut oleh kereta, juga bisa membuat komik tentang perilaku pengemudi angkot seperti mikrolet, kopaja, dan metromini yang suka seenaknya, suka ngetem, suka mendahului jika berpapasan dengan sesamanya, dan gemar menaikturunkan penumpang.

Yang gemar berpuisi dan menulis lirik lagu juga bisa menjadikan transportasi publik sebagai inspirasinya. Ada saja hal menarik yang bisa diangkat jadi puisi atau lirik lagu, misalnya tentang wanita lansia yang selalu menunggu kereta di jam yang sama hanya untuk menunggui kekasihnya yang telah tiada saat kecelakaan kereta, atau tentang pedagang yang tak kenal lelah naik turun bus untuk menawarkan dagangannya. Bagi yang suka nulis artikel juga bakal dapat banyak gagasan di transportasi publik. Seperti Kiat agar Naik Kendaraan Umum Menyenangkan Bagi Ibu yang Membawa Balita. Jalan-jalan Murah dengan Trans Jakarta, dan sebagainya. Asyik kan?!

Nah, bagi mereka yang bekerja di bagian pemasaran, coba deh sekali-kali naik transportasi publik seperti bus kota, metromini dan kopaja. Di situ biasanya ada penjual yang menjajakan dagangannya dengan presentasi yang beragam. Adakalanya presentasinya unik sehingga menarik perhatian penumpang dan produknya pun laris-manis.

 

 

Image source: pixabay.com

Editor: Indoblognet

Puspa

Saya suka membaca dan menulis apa saja.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat 💪🏃
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho 😄
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya 😂 Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget 😅
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts 😉
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top