Ekonomi

Galeri Indonesia WOW untuk Meningkatkan Produktivitas KUKM

Galeri Indonesia WOW merupakan branding baru yang digunakan oleh SMESCO bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata . WOW merupakan singkatan dari Wonderful of World. Jadi diharapkan dengan penambahan kata WOW ini bisa membuat branding baru yang lebih mendunia untuk membantu para KUKM yang ada di Galeri Indonesia di gedung SMESCO ini.

Dulu hanya sekitar seribu UKM yang memamerkan produksinya di Galeri Indonesia WOW ini, tapi sekarang sudah mencapai 3000 UKM. Beberapa UKM yang ada di sini diantaranya adalah para produsen handicraft, aksesoris, fashion dll. Uniknya sebagian besar UKM yang ada di Galeri Indonesia WOW ini mengerjakan krasinya secara handmade. Jadi kualitasnya tentu saja jauh lebih tinggi dibanding dengan tempat lain seperti Thamrin City apalagi  Tanah Abang.

Untuk mengimbangi kualitas produk maka display yang ada di Galri Indonesia WOW ini sudah sangat berkelas. Display dibuat tematik. Sedangkan untuk mendapatkan produk yang didisplay di sana, maka Galeri Indonesia WOW mengadakan road show di 18 kota di Indonesia . Setiap hari juga selalu ada UKM yang datang dan ingin produknya didisplay di Galeri Indonesia WOW.

Hanya saja ruang dan kemampuan yang terbatas dari Galeri Indonesia WOW ini tidaklah memungkinkan untuk menampung semua produk UKM yang ada. Oleh karena itu UKM yang sudah naik kelas akan diganti dengan para start up. Ini karena Galeri Indonesia WOW merupakan tempat belajar para UKM Indonesia untuk bisa maju dan lebih baik lagi.

UKM naik kelas bisa didefinisikan sebagai berikut :

  1. Usaha Mikro naik kelas , yaitu usaha mikro yang mengalami perubahan positif atas omset, aset, pembiayaan, jumlah tenaga kerja, jaringan pemasaran serta perijinan.
  2. Usaha kecil yang naik kelas yaitu usaha kecil yang mengalami perubahan positif atas omzet, aset, pembiayaan, jumlah tenaga kerja pemanfaatan teknologi, jaringan pemasaranserta sertifikasi produk.

Indikator dari UKM yang naik kelas bisa dilihat dari peningkatan permodalan atau pembiayaan, sumber daya manusia, perijinan, omset dll.  Masalah pokok yang seringkali dialami oleh UKM yang tidak naik kelas adalah :

  1. Dukungan data dan informasi belum optimal dan kurang valid
  2. Koordinasi antar Deputi dan KEmentrian/LEmbaga kurang optimal
  3. Sistem monitoring dan evaluasi belum dilaksanakan
  4. Arah program dan kegiatan opemberdayaan UKM kurang optimal.

Saat ini sudah ada 3 daerah di Indonesia yang mengembangkan program-program UKM naik kelas ini yaitu Gorontalo dengan  dan Solo dengan 1000 UKM naik kelas, serta  Surabaya dengan 50 UKM naik kelas. Sayangnya gerakan UKM naik kelas ini belum didukung sebagai program nasional, sehingga aktifitasnya masih terbatas. Oleh karena itu perlu adanya payung regulasi yang jelas tentang UKM naik kelas ini

 

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top