Indo Blog Net

Kesehatan

Gak Hanya Wangi, Serai Juga Kaya Manfaat, Lho!

manfaat tanaman serai

Serai tidak hanya digunakan sebagai penyedap masakan, tapi tanaman ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Bahkan kita bisa tanam di rumah.

Bagikan Jika Bermanfaat

Tahu serai? Aku sendiri tahu sejak kecil, ibuku menanam serai di samping rumah. Kebetulan rumah orang tuaku itu terletak paling pojok sehingga punya tanah sisa di samping rumah. Dan oleh ibuku ditanam beberapa tanaman bumbu dapur seperti jahe, kunyit termasuk serai ini. Serai ini lebih sering digunakan untuk bumbu dapur oleh ibuku. Dan aku sendiri sampai saat ini masih meyakini kalau serai ya digunakan hanya untuk bumbu dapur saja.

Serai dan Manfaatnya

Serai atau nama latinnya dikenal dengan Cymbopogon citraus. Kalau dilihat serai ini agak mirip dengan tanaman alang-alang tapi alang-alang dianggap sebagai gulma sedang serai sebagai suku rumput-rumputan yang punya aroma tertentu.

Ciri Tanaman Serai

Tanaman serai mempunyai ciri seperti tumbuhan berumpun. Daun seperti pita yang melengkung ke arah bawah dengan panjang dari 50-100 cm, sedangkan lebarnya 0,5-1,5 cm. Tulang daun berada di bagian tengah dan sejajar. Batang tak berkayu, mempunyai rusuk pendek sedangkan pangkal batang berwarna hijau  keunguan. Dengan akar serabut dan banyak varietasnya di alam.

Batang serai inilah yang bisa memberikan aroma yang khas dan rasa pedas dan pahit, tapi justru inilah yang dimanfaatkan untuk masakan agar lebih sedap.

Kandungan senyawa yang terdapat dalam serai seperti Sitrat, sitronelol, farnesol, geraniol, sitronelal, terpinol, mirsen,sabinen, beta kadinen, elemol dan tripinil. Selain ini masih ada lagi senyawa yang terdapat dalam serai.

Cara Menanam Serai

Serai ini adalah tanaman yang mudah dikembangbiakan dan sangat cocok dengan segala cuaca. Bisa ditanam di pot dengan ukuran diameter 30-50 cm atau bisa ditanam di tanah. Bila dipot ditanam dengan kedalaman  5-10 cm saja. Untuk bibit bisa dicari di toko tanaman atau kalau tidak ada, bisa beli serai di swalayan atau tukang sayur tapi harus dicari serai yang masih ada akarnya.

Dan cara memeliharanya juga mudah karena serai termasuk tanaman yang cukup kuat di segala cuaca. Daun yang sudah menguning harus dipotong dan disiram kalau media tanahnya  kering saja. Untuk panen yang diambil adalah batangnya.

Manfaat Serai

  1. Minyak serai bisa digunakan untuk menghindari gigitan nyamuk. Wangi citronella tidak disukai oleh nyamuk. Tapi perlu diingat manfaat mengusir nyamuk ini hanya didapat dari minyak yang diolesi ke tubuh. Tidak berlaku jika serai dikibas-kibaskan ke udara saja.
  2. Air rebusan serai dapat menurunkan hipertensi. Serai memiliki efek diuretik jadi saat dimakan akan menyebabkan sering buang air kecil. Dari sering buang air kecil ini bisa menyebabkan tekanan darah turun. Untuk manfaat yang maskimal serai ini harus direbus dengan air bukan dimasukan dalam air saja.
  3. Meringankan sakit perut. Yang digunakan adalah akar serai. Akar serai dipotong-potong direbus dan dicampur dengan air lemon dan diminum selagi masih hangat.
  4. Meredakan pilek dan batuk. Air rebusan serai dapat mengurangi gejala batuk dan pilek.
  5. Menghilangkan rasa cemas dan depresi. Air rebusan serai juga bisa mengurangi galau dan semacamnya karena punya efek anti cemas.
  6. Menurunkan berat badan.
  7. Mempunyai efek antiinflamasi dan bisa mengurangi rasa sakit sendi dan otot.

Ternyata serai tanpa setahuku banyak manfaatnya. Dulu mungkin ibuku belum tahu manfaat lain dari serai tapi kini semakin banyak yang bisa dimanfaatkan dari serai ini. Jadi tak ada salahnya untuk menanam serai ya, dan tak membutuhkan lahan yang luas karena ditanam di pot saja juga bisa.

Sumber gambar: care2.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak

Latest posts by Hastira (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top