kesehatan

Gak Hanya Enak, Petai Cina Ternyata Punya Khasiat Anti Kanker

pohon petai cina

Aku kurang suka dengan jenis makanan yang punya bau menyengat seperti petai, jengkol, nangka dan lain sebagainya. Bahkan mencium aromanya saja aku serasa ingin muntah. Dulu waktu masih tinggal di Kuningan, tetanggaku banyak yang doyan sekali dengan jengkol. Nah, akibatnya selokan yang mengalir di belakang rumahku sering sekali tercium bau jengkol. Kalau sudah begini biasanya aku mual sepanjang hari. Dan hampir setiap hari selokan itu berbau jengkol. Untung saja tinggal di rumah sana hanya sebentar, sehingga aku tak perlu lagi mencium aroma yang bikin mual.

Tapi lain dengan petai cina, aku malah suka. Mungkin baunya yang tak terlalu menyengat seperti petai dan jengkol. Sewaktu masih tinggal di rumah orang tua, pembantuku sering banget bikin menu yang ada petai cinanya. Makanya aku suka. Biasanya tukang sayur sering menjualnya dalam bentuk yang masih tertutup dan dijual perbuah/rentengan, ada juga yang sudah dikupas dijual perbungkus. Tapi sekarang ternyata yang menjual petai cina sudah jarang.

Memang sih aku juga melihat pohon petai cina yang jarang ada, padahal pohon ini bagus untuk mencegah erosi. Dulu saat berpergian ke Jawa Tengah selalu melewati jalan yang di tepi jalannya banyak tanaman petai cina. Kadang buahnya tampak bergelantungan. Entah sekarang masih ada atau tidak karena sudah jarang berpergian naik mobil ke Jawa Tengah. Rasanya lebih praktis naik kereta bukan? Hehe..

Petai cina adalah tannaman perdu dari suku polong-polongan/Leguminosae yang biasa digunakan untuk penghijauan lahan dan mencegah erosi. Daunnya majemuk menyirip merangkap, permukaannya halus dan licin  dengan bunga majemuk berbentuk bongkol, bertangkai panjang dan berkumpul membentuk malai. Setiap malai terdiri dari 4 bongkol. Sedangkan buahnya berbentuk pita lurus, pipih dan tipis.

Tanaman ini mudah beradaptasi sehingga untuk membudidayakannya sangatlah mudah. Biasanya tumbuh di dataran rendah sampai menengah. Biji yang dipilih harus bekualitas. Pertama ditanam di polybag atau gelas plastik bekas aqua. Setelah tumbuh dan sudah cukup kuat baru ditanam di tanah. Itu dilakukan setelah 35 hari atau jika sudah mencapai tinggi 26 cm.

Beberapa manfaat petai cina untuk kesehatan:

 

–  Meringankan derita psoriasis

Psoriasis yaitu peradangan pada kulit yang menyebabkan rasa gatal pada sekujur tubuh, kemerahan, kasar dan kering pada kulit, Memang tidak menular tapi membuat rasa tak nyaman karena gatal. Bisa dikurangi dengan biji petai cina ini ke kulit yang mengalami psoriasis, karena biji petai cina ini memang bisa mengurangi peradangan dan nyeri. Cukup biji petai dihaluskan dan dioleskan ke kulit yang gatal tadi.

Ternyata kulit batang pohon petai cina ini memang mempunyai kemampuan menghilangkan rasa nyeri. Di Indonesia belum banyak dimanfaatkan tapi di berbagai negara sudah digunakan. Kulit pohon petai cina ini dilumatkan untuk diminum untuk menghilangkan rasa nyeri.

–  Obat cacing

Biji petai cina ini memiliki senyawa yang bisa membunuh cacing. Jadi kalau anak cacingan hanya makan biji petai cina mentah saja, cacing akan keluar bahkan cacing gelang ataupun cacing cincin sekalipun bisa keluar dengan mudah.

–  Menjaga kesehatan kulit

Daun petai cina memiliki senyawa berupa enzim yang dapat membentuk kolagen dalam sel-sel kulit sehingga kulit terhindar dari kekeringan, kusam dan keriput. Ekstrak daun petai cina juga bisa digunakan sebagai toner.

–  Anti kanker

Ekstrak biji petai cina bagus untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi resiko penyakit kanker. Bisa diseduh atau dimakan langsung, dan bisa juga dimasak dengan dicampur sayuran lain.

Manfaat tanaman petai cina memang banyak tapi belum dimanfaatkan secara maskimal. Kalau saja bisa dumanfaatkan secara maksimal tentunya bisa dimanfaatkan seluas-luasnya untuk manusia terutama bagi kesehatan. Selain itu pohonnya yang rindang bisa digunakan sebagai tanaman peneduh.

Sumber gambar: faunadanflora.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • @Regran_ed from @greenpramukasquarejakarta -  GET READY FOR THIS!

INSTAGRAM PHOTO CONTEST📣📣📣 Hi GP Squad, bertepatan dengan hari jadi Green Pramuka Square yang ke-2 pada 22 Desember 2018 mendatang kita akan bagi-bagi hadiah. Salah satunya lewat "Amazing Photo Contest" yang akan dibagi menjadi 2 kategori: Selfie/Wefie dan Food Photography. Periode lomba 23 November - 15 Desember 2018.

Mau tahu mekanismenya seperti apa, simak di bawah ini: 
1. Untuk kategori selfie/wefie, kamu bisa memanfaatkan area atau spot GPS. Boleh saat sedang berbelanja, makan atau nonton
2. Untung kategori Food Photography, kamu bisa memanfaatkan tenant restoran di GPS. Dan jangan lupa harus diberi keterangan atau hastag nama menu makanan dan restorannya, ya!
3. Follow akun socmed GPS (FB, Twitter dan IG) @greenpramukasquarejakarta
4. Upload foto kamu dengan mention ke IG kita, dan ajak 5 orang teman kamu buat ikutan
5. Biar keikutsertaan kamu makin afdol, jangan lupa kasih hastag #greenpramukasquarejakarta #2thnGreenPramukaSquare dan #amazinggreenpramukasquare
6. Akan dipilih 3 orang pemenang dengan foto dan caption menarik dengan hadiah sebagai berikut:
Juara 1 Rp 1.000.000
Juara 2 Rp  750.000 
Juara 3 Rp  500.000

Dan dari semua hadiah yang menanti, akan ada Grand Prize berupa Smartphone XIAOMI REDMI 6 dan 5 buah bingkisan menarik untuk hadiah hiburan. Yakin nggak mau ikutan? Kita tunggu foto-foto ciamik kalian, GP Squad.

Swipe left, for more info!

#amazingphotocontest #selfiecontest #wefiecontest #foodphotography #2thngreenpramukasquare #2ndanniversary #greenpramukasquare #greenpramukasquarejakarta - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top