Gaya Hidup

Filosofi “Pitulungan Allah” dalam Bisnis Rujak Cingur Sedati

Cobalah melintas di kawasan raya Sedati Sidoarjo. Di seberang pasar wisata Juanda, kita akan menjumpai sebuah depot dengan logo “Rujak Cingur Sedati”. Tatkala melangkahkan kaki ke dalam depot, kita bakal melihat ragam pajangan foto, serta potongan kliping koran yang menunjukkan eksistensi rujak cingur ini di berbagai event kuliner. Salah satunya, acara tahunan Festival Jajanan Bango.

highlight

Berbeda dengan rujak cingur pada umumnya, “Rujak Cingur Bu Nur” tampil menggoda dalam nuansa depot yang tertata dan bersih. Anda akan disambut dengan sangat ramah oleh sang owner, Bu Nuraini yang akrab dipangil Bu Nur.

Berdiri pada 14 Juni 1997, awalnya Bu Nur hanya berjualan rujak di emperan toko jalan Sedati Juanda. Seiring dengan percepatan usaha yang ia lakukan, Bu Nur telah memiliki depot nan elegan dengan 9 pegawai.

Ia kerap menjuarai berbagai festival kuliner tingkat nasional.

Bu Nur berkisah, “Awalnya saya ibu rumah tangga, yang kerja sampingan jualan baju keliling motoran sama suami, jadi tidak ada pengalaman sama sekali buat rujak.”

nh__1482

Rujak Bu Nur amat istimewa dan beda dengan rujak kebanyakan. Apa rahasianya? Rupanya, Bu Nur menggunakan resep yang ia kreasikan selama 3 tahun lebih.

Ada tujuh macam petis yang digunakan.

“Awalnya saya hanya menggunakan 1 macam petis. Coba-coba menggunakan 2, kok rasanya lain. Hingga tahun 2000, saya kreasikan terus sampai jadi seperti yang sekarang dari 7 macam petis,” ucapnya.

Jadilah bumbu rujak yang beda, tidak enek, tidak amis dan pastinya super enak. Lebih lanjut, Bu Nur menyampaikan filosofi tujuh petis, yang dalam bahasa Jawa disebut “pitu”. Artinya “pitulungan” dari Allah. Ia berharap, resep yang terkreasikan ini berasal dari petunjuk dan pitulungan dari Allah SWT.

Masih banyak rencana pengembangan bisnis yang bakal Bu Nur lakukan. Di antaranya, inovasi baru pada menu rujak. Segera hadir, menu Rujak Cingur Bakar, Rujak Cingur Tabur Mente, Rucak Cingur Bacem dan sebagainya. Selain itu, Bu Nur juga akan membuka cabang baru di pusat kota Surabaya, serta mendekor ulang tampilan serta tata ruang depot.

Inilah hasil dari semangat berwirausaha yang dilakukan Bu Nur. Harus melalui proses ulekan yang panjang, sedikit demi sedikit, proses demi proses ia lalui dan nikmati. Dengan dukungan kuat dari sang suami yang selalu mendampingi, Bu Nur telah meraih sederet prestasi. Di antaranya Juara 1 terfavorit Festival Jajanan Bango tahun 2015, Peserta tetap Festifal jajasan Bango 2007 – 2015, dan Juara Festival Rujak Cingur Surabaya 2007.

Usaha ini kian mengalami percepatan, lantaran hobi Bu Nur dalam bersedekah. Puluhan anak yatim di panti asuhan sekitar Sedati, menjadi ladang berbagi kebahagiaan atas nikmat Allah yang Bu Nur raih. Tidak hanya itu. Setiap bulan Ramadhan, Bu Nur rutin berbagi ta’jil gratis untuk pengendara yang melintas di sekitar depotnya.

“Hidup ini untuk mencari ridho Allah. Apapun usaha ataupun pekerjaan yang kita lakukan, senantiasa berharap ada keberkahan di dalamnya. Karena itu, saya berusaha istiqomah untuk bersedekah, dengan cara apapun. Semoga Allah ridho dengan apa yang saya lakukan,” ucap ibu yang ramah dan murah senyum ini.

Yang mau menjajal kuliner khas Jawa Timur, sekaligus menyesap energi positif dari sang owner, silakan agendakan untuk berkunjung ke sini ya.

(*)

Owner Rujak Cingur “Bu Nur” Sedati : dra. Hj. Nuraini Yakin (Bu Nur)

Alamat depot: Jalan Raya sedati Gede No, 66 Sedati – Juanda Sidoarjo.

 

nurulrahma

Blogger bukanbocahbiasa.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillah aktivasi promosi seminar "Tolak Kanker Payudara dan Kanker Serviks" yang diselenggarakan oleh K-Link Indonesia @klink_indonesia_official berjalan dengan lancar dan sukses (Sabtu, 18/11). Lebih dari 4 jam berkat kekompakan seluruh netizen dan blogger Yogyakarta dan member blogger K-Link dari berbagai kota, seminar ini bisa menjadi trending topik nasional di twitter no.1-3.  Materi yang dihadirkan memang menyentuh sekali dengan kewanitaan, bahwasanya kanker  sudah sangat mengkhawatirkan menyerang sebagian besar kaum wanita. Jika tidak diketahui untuk bisa dicegah sejak dini, akan semakin banyak korban.

Kanker Payudara menyumbang jumlah penderita terbesar, baru kemudian kanker serviks. Sebagian besar kasus terjadi, kanker baru dilaporkan setelah penderita berstadium lanjut. 
Untuk itu, K-Klink Indonesia semakin gigih menjadi bagian dari solusi pencegahan kanker lewat berbagai inovasi produknya yang berkualitas. Gaya hidup sehat, menjauhi stres, mengurangi konsumsi daging mentah/setengah matang, merokok, diantaranya yang dapat dilakukan untuk pencegahan.

Senang sekali bekerja sama dengan blogger2 Yogyakarta yang penuh antusias dan bersemangat ini, datang tepat waktu hingga menuntaskan acara. Semoga  bisa sering2 mengadakan event di sana ya.

#Klinksolusihidupmu #Klinkpedulikanker #klinkmember15olusi #Klinkpedulikankerserviks #klinkpedulikankerpayudara #Indoblognet #bloggeryogya

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top