Indo Blog Net

kesehatan

Face Shield vs Masker Kain: Mana yang Lebih Efektif untuk Mencegah Corona?

tips membeli face shield

Adanya kebijakan penerapan strategi New Normal di Indonesia belakangan ini mengharuskan masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Sayangnya, penggunaan masker memang membuat kita merasa kurang nyaman dan sulit bernafas dengan bebas.

Namun, ada alternatif lain bagi Anda yang merasa tidak nyaman menggunakan masker, yaitu Face Shield (pelindung wajah). 

Face Shield terbuat dari bahan plastik bening berbentuk melengkung yang menutupi seluruh wajah. Bagi sebagian orang penggunaan face shield jauh lebih nyaman dibanding masker kain. Bukan hanya lebih nyaman, ternyata face shield juga lebih efektif untuk mencegah virus Corona dibanding masker kain.

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Face Shield Lebih Efektif untuk Mencegah Corona Dibanding Masker Kain?

Meski kenyamanan jadi faktor penting dalam menentukan pilihan, namun tentu saja faktor efektivitas untuk mencegah virus Corona adalah yang terpenting, bukan?

Untuk itulah kita perlu mengetahui manakah yang lebih efektif untuk mencegah Corona, face shield atau masker kain? 

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari National Institute for Occupational Safety and Health, dan dipublikasikan pada Journal of Occupational and Environmental Hygiene di Tahun 2014. 

Saat itu face shield dipakaikan pada robot yang bernafas. Kemudian, peneliti menempatkan robot lain yang mengeluarkan batuk di depan robot pengguna face shield tersebut.

Robot yang batuk dan di dalamnya terdapat virus flu ini berjarak sekitar 50 cm dari robot pengguna face shield. Hasilnya, ternyata face shield dapat mencegah robot yang memakainya menghirup 96 persen virus flu selama 5 menit. 

Intinya adalah face shield mampu melindungi pemakainya dari kuman serta virus yang disebarkan orang lain di dekat kita. Tak hanya itu, sebagian ahli berpendapat jika face shield juga dapat memberikan perlindungan bagi orang-orang di sekitar saat Anda sakit.

Hal ini ditinjau berdasarkan hukum fisika dimana segala sesuatu yang keluar dari mulut kita akan bergerak maju ke depan dan tentunya akan mengenai material plastik yang ada di depan kita (face shield). 

Penelitian menunjukkan bahwa virus Corona umumnya menyebar melalui droplet (tetesan yang keluar dari mulut atau hidung seseorang). Face shield dipercaya dapat mencegah droplet mengenai wajah orang lain sebab terlebih dahulu akan mengenai material plastik di depan wajah pemakainya. 

Sedangkan masker kain biasa, dinilai kurang efektif untuk mencegah penularan virus Corona. Apalagi jika masker kain terbuat dari bahan yang tidak rapat dan tipis, hal ini semakin menurunkan tingkat efektivitasnya. 

Sebagaimana dikatakan oleh Dr. Bambang Udji Djoko Rianto, Sp.THT (K)., M.Kes., yang juga merupakan Kepala Departemen Ilmu Kesehatan THT Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM (Universitas Gajah Mada).

Beliau menyatakan jika penggunaan masker kain sebenarnya kurang efektif. 

Sebab masker kain tidak dapat memproteksi masuknya partikel droplet. Penetrasi masuknya partikel jika menggunakan masker kain sebesar 97 persen bisa menembus masker, jadi perlindungannya hanya 3 persen saja.

Lain halnya dengan masker bedah maupun masker N95 yang memang dirancang khusus dengan lapisan pelindung sehingga droplet dan virus tidak mampu menembusnya. 

Kelebihan Face Shield

Setelah kita mengetahui mengenai efektivitas face shield untuk mencegah penularan virus Corona, tentu Anda juga ingin tahu apa saja manfaat dari penggunaan face shield ini. 

  1. Memberikan perlindungan yang menyeluruh pada wajah, sebab face shield menutupi area mata, hidung, juga mulut pemakainya
  2. Face shield yang terbuat dari material plastik ini akan sulit ditembus oleh droplet maupun virus, berbeda dengan masker kain biasa
  3. Jika saat menggunakan masker kain pemakainya kemungkinan besar jadi lebih sering menyentuh wajah untuk membetulkan letak masker, saat menggunakan face shield hal ini tidak perlu terjadi
  4. Tidak menghalangi pernapasan, Anda bisa tetap menghirup udara dengan bebas tanpa terhalang kain. Sebab sebagian orang khususnya bagi mereka yang mempunyai gangguan pernapasan seperti penderita asma tidak nyaman saat menggunakan masker kain.
  5. Mudah dibersihkan. Anda hanya perlu membersihkan material plastik pada face shield dengan menggunakan air dan sabun, kemudian keringkan dengan lap bersih. 
  6. Tidak menghalangi suara. Suara Anda tetap terdengar jelas meski menggunakan face shield.
  7. Tidak menghalangi komunikasi bagi mereka yang tuna rungu maupun tuna wicara sebab bagian mulut tetap terlihat dengan jelas.

Dari sekian banyak kelebihannya, tentu saja face shield pun tak luput dari kekurangan. Apalagi jika face shield tidak digunakan dengan cara yang benar. Sebab face shield mempunyai celah pada bagian samping dan bawah.

Celah inilah yang memungkinkan partikel droplet maupun virus dapat masuk, terutama jika tidak digunakan dengan benar. 

Sebagian ahli kesehatan menyarankan agar menggunakan masker dan face shield secara bersamaan untuk mendapatkan perlindungan ganda. Jadi, bagi Anda yang ingin mendapat perlindungan tambahan baik dari masker maupun face shield, Anda juga bisa menggunakan keduanya secara bersamaan. 

Tips Membeli Face Shield

Saat ini ada banyak penjual face shield. Anda juga bisa membelinya secara online melalui sosial media, e-commerce maupun website. Harganya pun bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Lalu apa saja tips-tips membeli face shield yang bagus agar manfaatnya optimal? 

  • Untuk memberikan perlindungan optimal pilih face shield dengan panjang berada hingga di bawah dagu, panjang samping tidak menutupi cuping telinga, serta tidak ada celah terbuka antara dahi dan penutup kepala.
  • Pilih face shield yang nyaman dikenakan. Terutama bagi Anda yang menggunakannya dalam waktu yang cukup lama (berjam-jam).
  • Pilih face shield yang terbuat dari material plastik berkualitas untuk memastikan partikel droplet tidak dapat menembusnya, sehingga efektivitasnya optimal.
  • Pilih yang bahan plastiknya bening dan jernih sehingga tidak menghalangi pandangan Anda.
  • Pilih yang desainnya kokoh sehingga lebih awet digunakan, tidak mudah rusak.
  • Pilih yang busa dan bantalan dahinya lembut dan tebal sehingga nyaman digunakan.
  • Pilih yang karetnya elastis dengan ukuran yang pas di kepala. Tidak longgar dan tidak terlalu kecil.

Saat membeli sebaiknya utamakan kualitas dibandingkan harga yang murah namun kualitas kurang bagus. Selain itu Anda juga bisa membeli sesuai kebutuhan, jika Anda membeli face shield sebagai tambahan pelindung saat memakai masker, Anda bisa membeli jenis face shield dengan kualitas sedang.

Lain halnya jika Anda menggunakan face shield tanpa bersamaan dengan masker, sebaiknya pilih face shield yang berkualitas tinggi untuk manfaat yang optimal. 

Namun, efektivitas face shield juga harus didukung dengan penggunaan yang tepat dan perawatan (pembersihan) yang benar. Gunakan face shield hingga bagian ujung bawah dagu tertutupi. Hal ini untuk mencegah tembusnya partikel droplet

Sedangkan untuk perawatannya, Anda perlu membersihkan face shield secara rutin setiap kali sudah digunakan. Bersihkan menggunakan air dan sabun, kemudian lap bersih hingga kering. 

Perlu diingat bahwa penggunaan masker maupun face shield ini hanya salah satu bagian dari protokol kesehatan dalam menjalani normal baru. Di samping itu masih ada aturan social distancing, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan yang terpenting adalah menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh sehingga Anda bisa optimal terhindar dari virus Corona.

 

Credit photo: liputan6.com

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top