Indo Blog Net

Kuliner

Betawi Punya Es Selendang Mayang Yang Legendaris, Cobain Yuk!

es selendang mayang khas betawi

Kalau menikmati es selalu akan merasakan segarnya. Apalagi kalau di cuaca yang panas. Dan ternyata setiap daerah punya beragam minuman es yang segar. Salah satunya orang Betawi. Es legendaris dari Betawi adalah es selendang mayang. Wih, namanya bagus sekali.

Sayangnya es ini semakin sulit ditemui hanya kalau ada peristiwa penting atau ada acara-acara tertentu saja. Sayang ya ketilep dengan minuman yang kekinian. Padahal rasanya lezat dan segar.

Tentang Es Selendang Mayang khas Betawi

Dari namanya selendang karena es ini dihiasi warna-warni dari kue yang merupakan isian dari es ini. Karena warnanya yang meriah diibaratkan seperti selendang yang juga warna-warni. Nah kalau mayang artinya manis dan kenyal. Karena kue yang jadi isiannya rasanya manis dan kenyal.

Kuenya ini dibuat dari tepung kanji, gula aren dan air dan ditambah pewrana warna warni sehingga warnanya jadi menarik . Kue ini akan dipotong tipis secara memanjang.

Uniknya untuk memotong kue ini menggunakan bambu tipis. Potongan kue ini diracik bersama kucuran sirup gula merah dan es batu. Dan terakhir diguyur dengan kuah santan. Lezat .Rasa manis dari kue dan gurih dari santan berpadu lembut di lidah. Dan seger dinikmati siang hari.

Cara Membuat Es Selendang Mayang

Walau sudah sulit ditemui tapi pada upacara pernikahan Betawi selalu disediakan es selendang mayang ini. Kalau ada yang menjual biasanya dipikul dan banyak dijual di kota tua Jakarta. Nah, kalau mau coba bisa kok membuat sendiri daripada mencari yang sulit ditemui

Bahan-bahannya

  1. 500 ml air /santam
  2. 1 lembar daun pandan
  3. 50 gr tepung hun kwe
  4. 25 gr tepung beras
  5. 1/4 s endok teh vanili
  6. 1/4 sendok teh garam
  7. 2 sendok makan  gula pasir
  8. Secukupnya pasta pandan
  9. Secukupnya pewarna merah

Saus:

  1. 150 gr gula merah
  2. 50 gr gula pasir
  3. 100 ml air putih
  4. 1 lbr daun pandan

Kuah:

  1. 250 ml santan
  2. Secukupnya garam
  3. 1 lembar daun pandan

Cara Membuatnya

  1. Dalam wadah masukkan santan, gula pasir, tepung hun kwe, tepung beras, vanili dan garam aduk rata, lalu masak sampai mendidih dan meletup letup, angkat
  2. Bagi 5 bagian sama banyak
    1 bagian tambahkan pasta pandan aduk rata, lalu sisihkan
    1 bagian beri pewarna merah aduk rata lalu sisihkan
    3 bagian biarkan putih
  3. Tuang adonan hijau kedalam loyang yang sudah dialasi plastik laluadonan putih terakhir adonan merah, biarkan dingin.
  4. Saus
    Dalam wadah masukkan semua bahan masak sampai mendidih dan gula larut, masukkan angkat
  5. Kuah
    Campur semua bahan kemudian masak sampai mendidih sambil terus diaduk supaya santan tidak pecah.
  6. Sajikan potongan selendang mayang bersama saus, Kuah santan dan es batu.

Mungkin karena dianggap minuman kuno sehingga jarang orang yang mau membeli. Sebetulnya sih bisa saja dimodifikasi tanpa menghilangkan kue kenyalnya. Misal ditambah toping yang kekinian atau ditambah boba.

Agar banyak yang berminat walau tidak asli lagi. daripada hilang dari peredaran khasanah kuliner di Indonesia. Mending dipadukan dengan kekinian. Ada yang mau usaha bikin es selendang mayang kekinian?

Sumber gambar : https://cookpad.com/id

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top