Indo Blog Net

Kuliner

Menikmati Kesegaran Es Doger Asli Cirebon, Yuk Cobain!

menikmati kesegaran es doger

Es doger sempat jadi favorit minuman aku. Dulu sempat terpikir kalau es doger ini asalnya dari Betawi. Ternyata dari daerah sendiri Cirebon. Es doger ini berbahan dasar susu dan parutan kelapa ditambah dengan tape, ketan hitam dan alpukat.

Kini sih es doger sudah tersebar ke kota-kota di Indonesia. Jadi benar juga aku sempat salah menyangka kalau es doger asli Betawi, karena awal tahu es doger saat ada di Jakarta. Jadi lengkapnya es doger itu minuman dengan isian tape, ketan hitam, alpukat, nangka atau sobekan roti tawar dan kelapa.

Di atasnya diberi lelehan es serut. Duh ini yang bikin segar apalagi saat udara panas. Kalau kata orang Cirebon seger kalau diminum saat udara tolop-tolop.

Sekilas Tentang Es Doger

Dulunya es doger yang ada isinya bermacam-macam ini hanya berupa es serut saja dan dijual dengan pikulan. Tapi akhirnya dijual dengan mendorong gerobak sehingga diberi nama doger. Artinya dorong gerobak.

Nah, sejalan dengan perubahan nama itu, makanya es serut ini juga akhirnya ditambah isiannya. Bahkan ada yang ditambah dengan buah. Misalnya dulu gak pakai alpukat, nangka, karena aslinya hanya pakai ketan hitam dan pacar cina saja.

Cara Membuat Es Doger Sendiri di Rumah

Nah, mau buat es doger sendiri bisa dicoba resep di bawah ini

Bahan-bahan

  • Bahan kuah
  • 700 ml air
  • 65 ml santan kemasan
  • 3 sdm gula
  • 5 sdm krimer kental manis cocopandan (Tambahkan jika Suka manis)
  • 1 lembar daun pandan
  • Pendamping
  • Potongan roti tawar
  • Tape ketan
  • Tape Singkong
  • Biji mutiara
  • Daging kelapa muda
  • Es batu

Cara membuatnya

  1. Rebus air,gula,daun pandan,krimer kental manis dan santan hingga gula larut dan mendidih,sisihkan, biarkan dingin.
  2. Penyajian : dalam mangkok, tuang kuah,beri es batu dan bahan pendamping lainnya. Jika kurang manis Tambahkan krimer kental manis cocopandan

Kalau dilihat es doger ternyata punya kandungan kalori sebesar 137.61 kkal, total padatan 24%, kadar abu 0.0657%, kadar protein 1.18%, kadar lemak 3.23%, karbohidrat 26.16%, serat kasar 1.01%, dan total gula 26.1%.

Selain itu tape juga memiliki banyak khasiat karena ada  karbohidratnya, vitamin A,vitamin B1, vitamin B12, kalsium dan fosfornya. Belum lagi buah alpukat yang kaya vitamin dan mineral, begitu juga buah nangka.

Jadi dari segi gizi es doger ini cukup baik untuk tubuh kita. Tentunya juga tak boleh terlalu banyak karena gula yang ada di es doger bila terlalu banyak bisa berbahaya. Obesitas atau diabetes jadinya.

Untuk kamu yang tidak terlalu suka minum-minuman dingin, kamu juga bisa coba minuman untuk mengahangatkan tubuh seperti Bandrek yang juga punya banyak manfaat untuk tubuh.

Sekarang es doger juga sudah naik kelaas. Banyak varian es doger dengan toping aneka ragam dijual di mal-mal dengan kemasan dan merek yang beragam. Dengan demikian es doger bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Mau diminum di tepi jalan, pasar, di mal-mal atau dibeli online tetaplah es doger yang selalu bikin segar diminum saat udara panas. Kerongkongan menjadi dingin rasa haus terobati dengan segarnya es doger ini

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top