Kuliner

Enaknya Nasi Goreng “Sensasi” Pete Sambal Jambrong Unia

Menu sarapan seperti apa sih yang harus disajikan untuk keluarga setiap hari? Pertanyaan tersebut sering mengusik ibu-ibu setiap hari. Apalagi saya, tiap pagi berpacu dengan waktu karena selain menyiapkan sarapan, juga menu untuk bekal suami makan siang di kantor. Anak-anak saya mirip kebiasaannya dengan suami, suka malas makan pagi, tapi menjelang sore hingga malam makannya bisa beberapa kali, belum lagi camilannya. Padahal aktivitas pagi hingga tengah hari membutuhkan energi.

Sebagai ibu, saya perlu jaim alias jaga image sebagai koki andalan keluarga. Putar otak, cari-cari referensi tentang menu sarapan bagaimana yang sebaiknya disajikan agar mendapat perhatian keluarga, kesal kan kalau capek-capek masak tapi makanan nggak dilirik apalagi disentuh:

1. Cepat Saji

Masak sambil intip jam, hiaaa..berasa ikut lomba lari. Maka saya pun harus punya daftar menu sarapan yang cepat saji dan menimbulkan selera makan. Menu favorit? Nasi goreng. OK lah sip, tapi nasi goreng yang bagaimana?

2. Menimbulkan selera makan

Nasi gorengnya harus cantik ketika disajikan, aromanya menggugah selera dan penampilannya tak mengecewakan. Bayangkan nasi goreng di depot atau restoran yang seporsinya dihargai dua puluh ribu. Bisa nggak saya siapin nasi goreng lezat begitu dalam waktu maksimal 15 menit? Berdoa dimulai…

3. Bergizi

Ya..ya…ya gizi adalah nomor satu dalam catatan para ahli nutrisi. Menyiapkan makanan enak tapi rendah gizi, aduuh harus ditaruh mana mukaku ini. Jadi nasi gorengnya harus bergizi, nggak asal enak dan menimbulkan selera makan.

4. Berprotein tinggi

Baca-baca referensi mata saya tertuju pada kalimat “Protein di pagi hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan” Wah ini perlu digaris bawah, kalau perlu dicetak tebal dan ditempel di dinding dapur. Memiliki Berat badan ideal adalah impian paling indah buat saya. Kadang bingung pilih baju kalau mau keluar rumah, kok baju-baju saya banyak yang sudah nggak muat lagi, hihihi. Jadi sarapan apa yang sekiranya mengandung protein tinggi? Buka referensi lagi, saya dapatkan cluenya: telur (terutama putih telur), seafood, dan kacang-kacangan seperti pete. What, pete? Nasi goreng pete, kira-kira enak nggak sih?

Lalu doa saya terjawab ketika mendapat kiriman Sambal Jambrong Unia dengan varian rasa pete sebagai hadiah lomba menulis “Berbagi Kasih Sayang” di indoblognet bulan Februari lalu. Bolehlah disebut ini menu hasil eksperimen, sambal kok dialih fungsi sebagai bumbu nasi goreng. Kenapa tidak, kan bumbunya mirip-mirip bumbu nasi goreng, ada garam, cabe merah, bawang merah dan bawang putih.

Bahan

Cara memasak nasi goreng pete cukup mudah.
Bahan :
Nasi putih secukupnya : 1-2 piring (akan lebih baik hasilnya jika menggunakan nasi putih sisa semalam)
Sambal Jambrong Unia Pete : 1-2 sendok makan
Telur ayam 1 butir
Margarine dan sedikit minyak goreng untuk menumis secukupnya
Kecap manis
Minyak wijen
Topping : bakso iris tipis atau sosis sapi yang digoreng mekar. Bisa tambahkan sawi atau irisan wortel

Cara Membuat:
1. Panaskan margarin dengan sedikit minyak goreng
2. Masukkan telur, orak-arik hingga setengah matang
3. Masukkan Sambal Jambrong Unia Pete, tumis sebentar
4. Masukkan nasi. Goreng nasi bersama Sambal Jambrong Pete hingga merata
5. Masukkan topping.
6. Tambahkan kecap manis, aduk sebentar lalu tambahkan minyak wijen
7. Angkat dan sajikan.

Hmmm, nasi goreng pete ala Sambal Jambrong Unia ini benar-benar juara enaknya. Sepertinya juga mencakup standarisasi sarapan sehat ala saya: lezat, cepat saji, menimbulkan selera, dan berprotein tinggi. Protein dalam menu nasi goreng kali ini bisa diperoleh dari telur ayam, ikan jambrong sebagai wakil seafood, dan pete dalam Sambal Jambrong Unia, serta dari bakso dan sosis sebagai toppingnya.

Iwan_PLN (3)

Pete sangat bermanfaat bagi tubuh kita, salah satunya -menurut referensi yang saya baca- pete mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Zat ini yang mampu membuat pikiran menjadi rileks, memperbaiki mood sehingga menimbulkan rasa bahagia. Ternyata bahagia itu mudah saja, yah.

Penasaran dengan cita rasanya? Yuk, bikin Β dan sajikan sensasi nasi goreng pete yang nggak kalah dengan sajian resto ternama hadir di rumah anda.

 

*Editor: Indoblognet

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat πŸ’ͺπŸƒ
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho πŸ˜„
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya πŸ˜‚ Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget πŸ˜…
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts πŸ˜‰
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top