Agama

Sebelum Ramadhan Persiapkan Dulu Yuk 4 Hal Berikut Ini

Bulan Ramadhan tinggal hitungan jari. Waktu seperti berlari. Ramadhan adalah bulan mulia, tak hanya karena datangnya setahun sekali, namun juga penuh pahala berlipat ganda seperti dijanjikan Sang Illahi. Ramadhan layaknya bulan ujian sekaligus ganjaran. Sebulan penuh berpuasa tentu membutuhkan kesabaran ekstra agar puasa tak sekadar mendapatkan lapar dan dahaga.

Ramadhan memang istimewa. Agar keluar sebagai juara selepas Ramadhan ~ alias tak sekadar mendapatkan lapar dan dahaga maka perlu tips dan trik khusus. Masa iya maju ke medan tempur tanpa persiapan?

Dari beberapa majelis taklim, kuliah subuh yang saya hadiri, empat hal berikut ini merupakan hal yang harus dipersiapkan menjelang Ramadhan, yaitu:

1. Persiapan ilmu

Manusia tanpa ilmu seperti layang-layang tanpa pegangan, tetapi manusia berilmu tanpa iman layaknya layang-layang terbang tak tentu arah dan menukik melayang semaunya. Dalam agama Islam dikenal dua hal utama yang menjadi syarat sebuah amalan diterima, yaitu niatnya demi Allah semata dan sesuai tuntunan syariat yang dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Memahami dua hal ini dapat diperoleh dengan cara menuntut ilmu. Bekal ilmu mutlak diperlukan agar pelaksanaan ibadah termasuk ibadah puasa sesuai dengan syariat. Sebelum memasuki bulan Ramadhan hendaknya kita mereview kembali pengetahuan mengenai syarat berpuasa, misalnya kapan waktu mulai berpuasa dan berbuka, hal-hal yang membatalkan puasa, hal-hal yang berpotensi mengurangi pahala berpuasa. Fungsinya ilmu yang disiapkan sebelum Ramadhan adalah agar tidak kebingungan saat tiba-tiba muntah karena sakit atau terpaksa disuntik sebelum waktu berbuka, kira-kira membatalkan puasa tidak? Hayooo, dibaca-baca lagi buku tuntunan dan fiqih berpuasanya.

2. Persiapan fisik

Tak hanya atlit yang perlu mempersiapkan fisiknya. Berpuasa Ramadhan adalah “medan pertempuran” yang juga memerlukan stamina dan kondisi tubuh yang fit. Pernah berpuasa dalam kondisi flu berat? Rasanya enggak banget, kan? Badan terasa ngilu, kepala berdenyut apalagi pas sholat tarawih, bersin-bersinnya terasa mengganggu sekali. Itulah sebabnya penting menjaga stamina menjelang Ramadhan. Sebagian umat Islam terbiasa berpuasa sunnah di luar bulan Ramadhan agar tubuh terkondisikan untuk merasakan perbedaan antara berpuasa dan tidak. Hindari begadang tanpa alasan jelas dan perbanyak makan dan minum produk bergizi tinggi. Rutin berolahraga membantu tubuh terasa lebih segar dan peredaran darah pun lancar.

3. Persiapan rohani

Berpuasa adalah salah satu amalan istimewa bagi umat Islam. Begitu istimewanya puasa hingga Allah menjanjikan pintu khusus bernama Ar Rayyan di surga bagi mereka yang ikhlas berpuasa karena Allah. Berpuasa disebut sebagai amalan khusus karena Allah yang langsung bertindak sebagai penilai ganjarannya. Keistimewaan berpuasa ini perlu disiapkan secara rohani. Mempersiapkan rohani dan menjaga semangat spiritual agar ikhlas berpuasa akan membantu menjalani ibadah selama Ramadhan. Rajin bertilawah, menghadiri majelis taklim, mengikuti kajian akan menciptakan rohani yang lebih siap dan merindukan Ramadhan. Rohani yang siap menghadapi Ramadhan secara otomatis juga membentuk pribadi yang lebih tenang sehingga bisa menahan diri dari hal-hal yang dapat mengurangi pahala berpuasa.

Masjid

Program takmir masjid Al Ukhuwwah Sukodono, Sidoarjo menjelang Ramadhan

 

4. Persiapan harta
Hayo ngaku siapa yang selama Ramadhan pengeluaran malah berlipat ganda karena belanja makanan akibat lapar mata? Padahal jika dinalar, saat berpuasa mestinya lebih hemat kan, bukankah jadwal makan dan minum jadi berkurang. Jadi sebelum Ramadhan harus siap-siap tabungan lebih besar, ya? Sebenarnya maksud dari persiapan harta sebelum Ramadhan adalah persiapan untuk memperbesar infaq, sedekah sekaligus menyiapkan zakat fitrah selama Ramadhan. Ramadhan adalah bulan istimewa, setiap amalan diganjar dengan pahala berlipat ganda melebihi ganjaran di bulan selain Ramadhan (ssst, tapi bukan berarti beramal sholeh semata-mata menunggu Ramadhan tiba loh, ya). Semakin besar amal jariyah yang kita lakukan di bulan Ramadhan, semakin besar pula kebahagiaan yang kita bagikan serta kebahagiaan yang kita peroleh dengan berbagi.

Selain empat hal penting tersebut sudah selayaknya jika kita juga fokus pada satu hal yang tak kalah penting yaitu target harian sebagai bagian dari upaya agar mampu menjalani Ramadhan kali ini lebih baik daripada Ramadhan tahun lalu agar kita tak menjadi orang yang merugi. Target pencapaian tersebut bisa berupa ibadah harian seperti target mengkhatamkan membaca Al Quran berapa kali dalam sebulan, target menambah hafalan ayat Al Quran, target nominal infaq dan sedekah bahkan target menulis dan berbagi kebaikan. Target saya pribadi nggak muluk-muluk: nggak pengen mengeluh atau ngomel sedikitpun. Hiks, tanpa disadari selama ini saya masih sering melakukan hal-hal yang mengurangi kemuliaan puasa itu sendiri.

Kita tak pernah tahu amalan mana yang nilainya begitu mulia di mata Allah namun hendaknya setiap target amalan disertai niatan Lillahi ta’ala. Marhaban ya Ramadhan. Pentingnya Ramadhan bahkan disinggung oleh Allah dalam surat Al Baqarah di dalam Al Quran. Esensi Ramadhan tidak hanya pada lebaran yang dijanjikan sebagai ganjaran bagi mereka yang berpuasa tetapi pada keikhlasan menjalankan perintah Allah, meraih keberkahan sekaligus berbagi kebahagiaan. Semoga kita termasuk golongan yang kelak mendapat ganjaran memasuki surga dari pintu Ar Rayyan. Aamiin ya Rabbal alamiin.

 

 

Editor: Indoblognet

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ini Video Versi Layanan Masyarakat untuk Anti Drugs Campaign. Supported BNN dan MB Communication

Kalau temen-temen punya cerita, ide seru dan bikin video masih bisa ikutan lombanya yah. Cek hastag
 #IniCaraGueCegahNarkoba
Teman-teman bisa Minta Tolong Subscribe, Share dan komen yah.

Share boleh di Instagram, twitter dan FB
Linknya :

https://youtu.be/zOCgnf66Hik

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top