Indo Blog Net

Tanaman

Eforbia: Tanaman Hias yang Terlupakan, Kok Bisa?

Kalau ngomong-ngomong soal tanaman hias, kita akan selalu berhubungan dengan tren saat itu. Kenapa? Karena saat booming tanaman hias jenis tertentu, maka akan banyak yang mencari dan kadang membuat harganya jadi tak wajar. Padahal waktu belum ngetren, tanaman itu biasa saja dan harganya juga harga yang wajar.

Tapi karena booming harga juga akan meningkat drastis. Dan kalau sudah gak booming lagi, harga akan turun kembali. Seperti Eforbia ini. Tanaman hias ini sempat menjadi favorit untuk ditanam di halama rumah. Tapi sekarang sudah kalah pamor dengan tanaman hias lainnya.

Tentang Tanaman Hias Eforbia

Tanaman hias ini berasal dari Madagaskar. Tanaman ini memang menarik dengan bunga yang kecil. Batangnya diselimuti oleh duri-duri dengan tiga macam duri. Duri tunggal, duri ganda dan duri kelompok. Durinya tajam dan tebal.

Bentuk daunnya bervariasi ada yang simetris, ujung lancip, ada yang lurus ujung lancip dan ada yang oval, ujung lancip. Semuanya berwarna hijau.

Tanaman ini tumbuh di tanah yang kering jadi tak usah disiram terus setiap hari. Dan sangat membutuhkan sinar matahari yang banyak. Tanaman Eforbia yang bagus ditandai dengan batang yang kuat dengan bunga yang lebat.

Cara Merawat Eforbia

Untuk bisa demikian perlu perawatan tertentu untuk menanamnya. Cara menanamnya harus memperhatikan media tanamnya. Butuh sekam bakar, serbuk sabut kelapa karena Eforbia tak suka tanah yang basah dan lembab.

Baca juga: Mengenal Media Tanam Kaktus dan Cara Membuatnya

Carilah batang  yang kuat yang bakal tumbuh. Perhatikan tunas yang tumbuh. Antara tunas kiri dan kanan tidak seimbang maka harus dipangkas agar jarak antara tunas 2-3 cm saja.

Untuk perawatannya, jangan siram  air yang berlebihan eforbia tak suka. Bukan hanya dilihat dari permukaan tanah saja, coba celupkan tangan ke dalam tanah. Kalau sudah kering bisa disiram.Mempercantik bunga eforbia dengan cara memangkas.Tujuannya untuk mengurangi penguapan.

Manfaat Tanaman Eforbia

Ternyata bunga eforbia ini punya manfaat buat kesehatan seperti

  1. Menyembuhkan penyakit hepatitis A. Caranya potong ujung batang bunga dan iris. Kemudian rebus dengan  3 gelas air sampai hanya tersisa satu gelas saja. Untuk diminum setiap hari selama satu bulan dan rasakan perubahannya
  2. Menyembuhkan bisul. Caranya bakar batang eforbia dan ditumbuk , kemudian tempelkan di bagian bisul yang membesar.Akibatnya bisul akan pecah
  3. Mengobatai sembelit. Batangnya digiling halus dan diperas.Hasil perasannya dicampur dan diaduk dengan tepung tapioka. Lalu dibuat pil sebesar kacang hijau. Lalu mengeringkan dengan dipanggang di atas tatakan genting sampai kering. Dan dikonsumsi satu pil dalam sehari.
  4. Mengobati luka bakar.Caranya dengan merebus daun bunga eforbia. Kemudian kompreskan pada kulit yang alami luka bakar.
  5. Menghilangkan perdarahan pada rahim, caranya masukan 15 kelopka bunga eforbia pada olahan sup dengan daging sapi. Dengan demikian mengobati perdarahan rahim bikin nyaman karena rasa supnya yang enak dan perdarahan akan terhenti.
  6. Mengobati sakit gigi. Caranya dengan getah yang diambil di batang eforbia dengan menggunakan cotton bud dan masukan ke dalam lubang gigi yang sakit. Tapi harus hati-hati mengenai gigi yang sehat.

Nah, jadi jangan pernah tinggalkan Eforbia. Walau sekarang sudah tidak tren lagi, tapi bunga ini selain tahan panas sehingga perawatannya sangat mudah, juga bunga cantik dan kaya manfaat buat kesehatan.

Peliharalah Eforbia ini untuk menghias halaman rumah kita dan bisa diambil manfaatnya. Yang sudah punya jangan pernah dibuang walau sudah gak ngetrend , tetep cantik ada di halaman rumah

Sumber gambar : https://ilmubudidaya.com

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top