Blogger ngeHitz

Dwi Aprilytanti : “Buat Saya Menulis Itu Vitamin”

Untuk kali kedua, Indoblognet  memilih salah satu penulis ter-Ngehits setiap bulannya. Kalau Maret 2016, Pakde Cholik terpilih  sebagai Blogger TerngeHitz,  maka di bulan April ini, pilihan kami jatuh pada Mbak Dwi Aprilytanti Handayani, ibu rumah tangga asal Surabaya yang aktif menulis sebagai netizen dan blogger.

Dipilihnya Mbak Dwi tentu bukan tanpa alasan. Sesuai dengan kriteria yang sudah kami tetapkan pada program blogger ngehits Indoblognet, blogger selain aktif menulis dan berbagi, juga menghasilkan tulisan yang berkualitas, dari segi isi (inspiratif dan informatif), tidak copas meski dari blog sendiri dan bahasa (tidak terlalu banyak yang diedit apalagi sampai direwrite oleh editor).

Sosok Mbak Dwi Aprilytanti, sejak Indoblognet lahir awal Februari 2016, memang sudah menduduki peringkat teratas dari segi jumlah postingan di Indoblognet (bisa lihat di sidebar sebelah kiri web Indoblognet). Ya, beliaulah yang dengan sabar memposting tulisannnya sekaligus sebagai trial and error sistem posting di Indoblognet. Alhamdulillaah, dalam perjalanannya di bulan ketiga ini, Indoblognet bisa eksis menjadi salah satu kanal netizen mengekspresikan ide dan opininya. Dan, semangat ibu beranak dua ini tak pernah meluntur. Kendati, tak dipungkiri, sistem Indoblognet masih kerap berkendala. Ia tetap dengan sabar menulis dan bergairah berpartipasi dalam sejumlah give away yang kami selenggarakan secara kecil-kecilan.

foto mba dwi

bersama suami tercinta

Total postingan Mbak Dwi yang terkumpul di Indoblognet tercatat ada 23.  Perempuan kelahiran Surabaya tanggal 9 April 1976 ini, banyak menulis artikel yang bersifat informatif, seperti tips-tips dan sharing pengalaman secara apa adanya.  Bahkan, salah satu tulisan Mbak Dwi yang diikutsertakan dalam Give Away -Indoblognet bertema ‘berbagi kebahagiaan” yang berjudul ‘Ketika Sedang Sengsara, Kita Hanya Perlu Membuka Jendela berhasil mencuri perhatian juri sehingga memilihnya sebagai salah satu pemenang.

Kepada Indoblognet, ia bercerita memulai aktivitas  bloggingnya sejak pertengahan tahun 2011, di Kompasiana. Baru di tahun 2012  Mbak Dwi meneguhkan eksistensinya sebagai blogger dengan membuat blog pribadi, braveandbehave.blogspot.co.id.  Di blognya ini Mbak Dwi  banyak menulis tentang pengalaman sehari-hari, perasaannya, ide dan pemikirannya.

Ia tak ingin jaim apalagi munafik,  awalnya,  motivasi terbesar dalam menulis adalah demi mengikuti kontes menulis yang mulai banyak berseliweran. Sebagai freelance writer, ia merasa tertantang untuk menaklukkan waktu deadline. Adrenalinnya terpompa kencang ketika kesibukannya mengurus anak dan rumah tangga berkejaran dengan tenggat waktu DL yang tak bisa dikompromi. Terlebih jika hadiahnya menggiurkan, makin menggebu semangatnya, hehe.. Disinilah kepiawaiannya dalam  mengatur waktu mengurus rumah dan duduk anteng  berfikir bagaimana membuat ide tulisan yang menarik, yang memberikan kebermanfaatan besar bagi pembaca, diuji.

foto anak mba dwi

bersama dua putranya yang ganteng yang selalu menjadi sumber inspirasinya..

Tulisan yang diikutsertakan dalam lomba pertama kali bertema tentang zakat. Tema yang sangat menarik. Bukan kebetulan, penyuka roman Islami ini memang punya uneg-uneg tentang fenomena berzakat.  Hatinya protes dan kerap mempertanyakan “keanehan” yang terjadi di negeri ini:   mengapa pembayaran pajak ditegaskan sebagai suatu kewajiban, sementara pembayaran zakat yang telah jelas ketetapan wajibnya dalam agama Islam, belum ada ketetapan wajibnya dari pemerintah. Rangkaian unek-uneknya dituturkan dengan ciamik bertujuan menginspirasi pemerintah agar bisa menyeimbangkan antara aturan yang hanya bersifat duniawi dengan aturan yang juga bersifat ukhrawi (akhirat). Dan, alhasil, buah pemikiran penyuka bakso, rawon, dan camilan gurih ini terpilih sebagai pemenang. Alhamdulillaah.

Seiring dengan waktu, kini menulis baginya sudah merupakan candu sekaligus vitamin yang membuat hidupnya bergairah dan langkahnya bertenaga.  Sehari tak menulis rasanya berkurang kebaikan yang seharusnya dia kerjakan. Ada kebahagiaan dan kepuasan yang sulit terukur dari sisi materi yang ia peroleh saat berbagi tulisan yang bermanfaat. Seperti saat Mbak Dwi menuliskan pengalamannya yang sempat tertipu ketika diinterview oleh sebuah perusahaan besar. Postingannya itu menuai banyak ucapan terima kasih dari para pembaca blognya, karena merasa terselamatkan dengan adanya informasi tersebut. Ada lagi tulisan sederhana tentang doa mendapatkan keturunan yang juga menuai banyak ucapan terima kasih dari pembaca.

Menulis dipandangnya  sebagai ladang ibadah.   Sebab, katanya, ketika kita berbagi hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi orang lain, insya Allah tercatat menjadi amal kebaikan pula bagi kita. Maka dari itu, wanita yang telah menerbitkan beberapa buku antologi ini berusaha untuk menjaga komitmennya dalam menulis, yaitu hanya menuliskan sesuatu yang baik dan bermanfaat, sehingga bisa mendatangkan pahala dari Allah.

Dibalik semangatnya menulis,  ia memendam asa dan impian untuk membangun kafe baca, sebuah café kecil dengan perpustakaan mini  di dalamnya. “Koleksi buku saya memang belum banyak. Entah kapan bisa terwujud.!’ ujar Mbak Dwi. Aamiin mbak, semoga dipermudah dan bisa terwujud ya, mbak. Sebuah cita-cita mulia dan penuh nutrisi kebaikan.

Di akhir tulisan ini, saya jadi ingin menukil dari penulis legendaris  Pramoedya Ananta Toer yang berkata  “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Semoga semangat Mbak Dwi terus berkobar dan menular kepada penulis-penulis lainnya. Selamat  kepada Mbak Dwi yang terpilih sebagai Blogger TerngeHitz periode April 2016. Semoga barokah selalu, Aamiin ya rabbal’alamin.  Salam hangat dari seluruh Tim Indoblognet 🙂

6c88a51b-5dbb-49c5-a90a-4488a88db764

 

Arifah Abdul Majid
See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillah aktivasi promosi seminar "Tolak Kanker Payudara dan Kanker Serviks" yang diselenggarakan oleh K-Link Indonesia @klink_indonesia_official berjalan dengan lancar dan sukses (Sabtu, 18/11). Lebih dari 4 jam berkat kekompakan seluruh netizen dan blogger Yogyakarta dan member blogger K-Link dari berbagai kota, seminar ini bisa menjadi trending topik nasional di twitter no.1-3.  Materi yang dihadirkan memang menyentuh sekali dengan kewanitaan, bahwasanya kanker  sudah sangat mengkhawatirkan menyerang sebagian besar kaum wanita. Jika tidak diketahui untuk bisa dicegah sejak dini, akan semakin banyak korban.

Kanker Payudara menyumbang jumlah penderita terbesar, baru kemudian kanker serviks. Sebagian besar kasus terjadi, kanker baru dilaporkan setelah penderita berstadium lanjut. 
Untuk itu, K-Klink Indonesia semakin gigih menjadi bagian dari solusi pencegahan kanker lewat berbagai inovasi produknya yang berkualitas. Gaya hidup sehat, menjauhi stres, mengurangi konsumsi daging mentah/setengah matang, merokok, diantaranya yang dapat dilakukan untuk pencegahan.

Senang sekali bekerja sama dengan blogger2 Yogyakarta yang penuh antusias dan bersemangat ini, datang tepat waktu hingga menuntaskan acara. Semoga  bisa sering2 mengadakan event di sana ya.

#Klinksolusihidupmu #Klinkpedulikanker #klinkmember15olusi #Klinkpedulikankerserviks #klinkpedulikankerpayudara #Indoblognet #bloggeryogya

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top