Wisata

D’Kandang Tempat Piknik yang Tersembunyi

Kami sekeluarga paling suka dengan tempat piknik yang berbau alam, model-model out bond, back to nature,makanya tempat piknik macam itu di Jakarta, Jawa Barat dan sekitarnya sudah kami kunjungin. Tapi ternyata ada tempat piknik jenis ini yang tidak kami ketahui, padahal lokasinya tidak jauh. Bahkan saat kami pindah ke Depok sangat dekat dengan lokasi tempat piknik tersebut.

D’Kandang

siapa yang sama seperti saya masih asing dengan tempat piknik ini? Ternyata gak cuma saya loh, tetangga saya yang lama tinggal di Depok belum tahu dan tentu saja belum pernah ke D’kandang. Saya sendiri tahu D’kandang dari teman di facebook. Memberi tahu kalau ada wisata sejenis Kuntum Nusery (yang waktu itu saya share dari blog tentang jalan-jalan ke Kuntum Nusery Bogor).

“Sudah pernah ke D’kandang belum, Mba Eni?”

“Wah, dimana itu?”

“Pasir Putih, Sawangan, gak jauh itu dari tempat mba Eni sekarang. Di sana hewan-hewannya lebih sehat, permainannya banyak.”

Waaah, penasaran dong. Langsung deh cerita ke suami dan browsing, ini alamat lenkapnya:

Jalan Penarikan 07/02, Pasir Putih, Sawangan, Jawa Barat

Maka kami putuskan, habis lebaran kemari dengan para kakak-adik dan keponakan ramai-ramai piknik ke D’kandang. Jaraknya dari rumah saya hanya 20 menit ditempuh dengan motor dan kondisi tidak macet tentunya.

Tahu gak sih, ternyata lokasi D’kandang yang lengkapnya bernama D’kandang Amazing Farm itu menjorok 150m dari jalan besar yang tidak terlalu ramai, jalan menuju ke sana melewati rumah penduduk dengan jalan yang tidak rata-bergelombang. Tidak akan ada yang menyangka kalau diujung jalan tersebut terdapat tempat wisata. Beda benar dengan Kuntum Nusery yang memang dibangun dengan mencolok sebagai tempat piknik.

Meski ada petunjuk jalan, tetap sedikit membingungkan karena papan petunjuk ke arah lokasi tidak cukup besar, kami nyaris tersasar untuk meluncur lurus, ternyata belok kiri dan masuk ke jalan sekitar 150m, baru deh lokasi terlihat jelas.

Bagus! Itu yang dilontarkan anak-anak saat melihat halaman depan D’kandang Amazing Farm karena memang dibangun apik bagian depannya dan tampak masih baru, mungkin baru direnovasi ya. Dalamnya berkonsep perternakan-pertanian dan wisata dengan lahan selua 60.000 meter, terdapat hewan kerbau bule, kambing etawa, domba, ayam, bebek, plus aneka tanaman buah dan tanaman hias.

dkndang2

Kasih susu ke anak domba (Cempek)

pendarkelinci

Pendar (20m) main kelinci

Tiket yang dijual cukup murah @Rp10.000 perorang dari anak-anak sampai dewasa. Tiket sebesar @Rp.10.000 itu hanya untuk masuk plus dapat satu pack yogurt segar isi 5 pcs  ya, lain lagi dengan aneka permaianan yang ada di sana. Tapi tenang saja, kita bisa mengatur sesuai buged kok karena tersedia aneka macam paket dimulai dari @[email protected] sampai hanya bayar sesuai jenis permainan yang kita mau, rata-rata @permainan itu Rp10.000 – Rp30.000. Permainannya lumayan banyak loh, ada naik kuda, ATV, flying fox, berkuda, menanam sayuran (bertani), menangkap ikan, memandikan kerbau, membajak sawah, dll.

dkndang1

Jadi Pak&Bu Tani

Tapi saran saya sih, kalau baru pertama kali sebaiknya jangan ambil paket karena seperti yang dialami anak saya, Lintang. Kebetulan dia mengambil paket terusan @Rp70.000 dapat tiga permainan: Memberi pakan kelinci, memberi susu Cempek (anak domba), naik kuda, ternyata Lintang takut sama domba karena dombanya sangat agresif, jadi deh karcisnya mubajir kan. Untung, ada sepupunya yang mau bertukar tiket.

Lebih baik kalau baru pertama kali piknik ke D’kandang ambil yang sesuai keinginan anak. Sebab,  bisa jadi saat di luar anak tertarik memandikan kerbau atau memberi susu cempek, namun saat di dalam tiba-tiba takut, tiket paket tidak bisa ditukar lagi dengan permainan yang harganya sama sekalipun-jadi bisa mubazir tuh. Dan, anak-anak sudah pasti  jadi berkeinginan mencoba yang lain-lain atau aneka permainan lainnya.

dkndang

Berkuda

Suasana di dalam D’kandang cukup nyaman, banyak terdapat pendopo termasuk aula untuk istirahat, cocok deh buat bawa keluarga besar atau mengadakan aneka acara berkumpul. Tempat sholat dan kamar mandi banyak di setiap lokasinya sehingga memudahkan kita dalam ibadah sewaktu-waktu sambil mendampingin anak-anak bermain. Satu lagi, tempat sampah tersedia dimana-mana sehingga tempat piknik ini bersih. Paling, kalau yang agak mengganggu karena memang piknik peternakan ya, bau-bau kotoran hewannya di lokasi tertentu cukup penyengat heheheh.

Jadi tunggu apalagi nih, buat Moms yang bingung mencari tempat wisata dekat wilayah Jakarta-Depok langsung saja meluncur ke D’kandang. Bagus untuk mengenalkan anak-anak pada lingkungan pertanian dan peternakan, stimulasi naturalis bagi anak-anak.

Eni Martini

Ibu 3 anak, penulis novel fiksi, blogger dan owner bliblibuku.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet 😉 Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen 😄
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top